Aplikasi pedagogiadic berbasis web sebagai sumber belajar masa pandemik covid-19
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpp.v55i2.37624Kata Kunci:
aplikasi, pedagogiadic, web, sumber belajar, theory acceptance modelAbstrak
Media teknologi informasi yang dapat dengan cepat memberikan informasi tentang istilah-istilah pendidikan membuat masyarakat semakin sulit dalam mempelajari tersebut. Tidak adanya media yang mendukung inilah semakin membuat masyarakat kesulitan untuk mempelajari istilah-istilah dan memperoleh informasi tentang bahasa ilmiah dari istilah secara cepat dan akurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: kegunaan dan kemudahan aplikasi pedagogiadic berbasis web sebagai sumber belajar. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode survey eksplanatory. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa prodi perpustakaan dan sains informasi pengguna yang menggunakan aplikasi pedagogiadic berbasis web dengan jumlah 90 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, serta teknik analisis data dengan menggunakan path analysis. Hasil penelitian yang telah dilakukan ada dua hal yang mempengaruhi penggunaan aplikasi pedagogiadic berbasis web sebagai sumber belajar. Kegunaan (perceived usefulness) aplikasi pedagogiadic berbasis web memberikan manfaat bagi dirinya atau individu untuk menggunakan aplikasi tersebut sebagai sumber belajar. Kemudahan penggunaan (perceived ease of use), aplikasi pedagogiadic berbasis web yang mudah dalam penggunaan memberikan pengaruh kepada individu untuk menggunakan aplikasi tersebut dalam mendukung kegitan belajar mengajar.Referensi
Andri, R. M. (2017). Peran dan Fungsi Teknologi dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Research Sains, 3(1), 122–129. http://www.jurnalmudiraindure.com/wp-content/uploads/2017/04/Peran-Dan-Fungsi-Teknologi-Dalam-Peningkatan-Kualitas-Pembelajaran.pdf.
Anggreni, N. M. H. D., & Suardikha, I. M. S. (2020). Effect of Utilization of Information Technology and Personal Engineering Capabilities on the Effectiveness of SIA. E- Journal Akuntansi, 30(6), 1356–1368.
Arsyika, A. Z., Safrianti, E., & Sari, L. O. (2019). Analisis Tingkat Penerimaan Pengguna Layanan Cloud Storage menggunakan Metode Technology Acceptance Model 3 (TAM3) pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru. Jom FTEKNIK, 6(2), 1–11.
Awaludin, M., & Nugraha, M. R. (2021). Penerapan Technology Acceptance Model Pada Marker Based Tracking Untuk Pembelajaran Sistem Tata Surya Terhadap Anak - Anak. JSI (Jurnal Sistem Informasi), 8(1), 147–172. https://doi.org/10.35968/jsi.v8i1.613. DOI: https://doi.org/10.35968/jsi.v8i1.613
Azzikri, M. H. (2019). Pengembangan M-Kamus Istilah Penelitian dalam Bahasa Arab bagi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Semarang. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 3(2), 128–142. https://doi.org/10.18326/lisania.v3i2.128-142. DOI: https://doi.org/10.18326/lisania.v3i2.128-142
Cengiz, E., & Bakırtaş, H. (2020). Technology Acceptance Model 3 in Understanding Employee’s Cloud Computing Technology. Global Business Review. https://doi.org/10.1177/0972150920957173. DOI: https://doi.org/10.1177/0972150920957173
Darmaningtyas, I. G. B., & Suardana, K. A. (2017). Pengaruh Technology Acceptance Model (TAM) dalam Penggunaan Software oleh Auditor yang Berimplikasi pada Kinerja Auditor. E-Jurnal Akuntansi, 21(3), 2448–2478. https://doi.org/10.24843/EJA.2017.v21.i03.p27.
Devina, S. (2018). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Kecepatan, Keamanan dan Kerahasiaan Serta Kesiapan Teknologi Informasi Wajib Pajak terhadap Penggunaan e-Filing Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kota Tangerang, Kecamatan Karawaci 75. Ultima Accounting: Jurnal Ilmu Akuntansi, 8(1), 75–91. https://doi.org/10.31937/akuntansi.v8i1.578. DOI: https://doi.org/10.31937/akuntansi.v8i1.578
Fahrizandi. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi di Perpustakaan. Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 4(1), 63. https://doi.org/10.29240/tik.v4i1.1160. DOI: https://doi.org/10.29240/tik.v4i1.1160
Fiddin, F. (2019). Pengaruh Kemudahan dan Keyakinan Penggunaan Sistem Informasi Baru terhadap Minat Pemanfaatan Sistem Informasi Pada Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Riau. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 7(2), 111. https://doi.org/10.35314/inovbiz.v7i2.1114. DOI: https://doi.org/10.35314/inovbiz.v7i2.1114
Fitriani, N., Susilo, D., & Charolina, A. (2019). Desain Sistem Kamus Istilah Komputer Berbasis Android (Studi Kasus Di Sma Muhammadiyah 4 Kartasura). Gaung Informatika, 12(1), 56–67. https://doi.org/10.47942/gi.v12i1.322.
Idrus, A., & Apdelmi. (2017). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK)Dalam Layanan Administrasi Akademik Bagi Guru Dan Staf Administrasi SMPN 21 Batanghari. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 1(1), 28–34. https://doi.org/10.22437/jkam.v1i1.3725. DOI: https://doi.org/10.22437/jkam.v1i1.3725
Karima, N., & Asaari, M. (2019). Efektivitas, Pemanfaatan Teknologi dan Kemudahan Dalam Penerapan Sistem Informasi Akuntansi (Studi Pada Rumah Sakit Islam Jakarta). Majalah Sainstekes, 6(1), 31–35. https://doi.org/10.33476/ms.v6i1.1215. DOI: https://doi.org/10.33476/ms.v6i1.1215
Lule, I., Omwansa, T. K., & Waema, T. M. (2012). Application of technology acceptance model (TAM) in m-banking adoption in Kenya. International Journal of Computing & ICT Research, 6(1).
Maryanto, A. D., Munarko, Y., & Azhar, Y. (2019). Pengelompokan kata berdasarkan kemiripan ucapan pada kamus menggunakan algoritma metaphone pada sistem operasi Android. Jurnal Repositor, 1(1), 9. https://doi.org/10.22219/repositor.v1i1.7. DOI: https://doi.org/10.22219/repositor.v1i1.7
Murillo, G. G., Novoa-Hernández, P., & Rodríguez, R. S. (2020). Technology Acceptance Model and Moodle: A systematic mapping study. Information Development. https://doi.org/10.1177/0266666920959367. DOI: https://doi.org/10.1177/0266666920959367
Musyaffi, A. M., Muna, A., & Fariani, N. (2016). Pengaruh persepsi kemudahan dan Persepsi Kegunaan terhadap Penerimaan Pengguna Sistem Informasi Akademik Terpadu. JRAK: Jurnal Riset Akuntansi Dan Komputerisasi Akuntansi, 7(2), 71–82.
Natalia, J., & Br Ginting, D. (2018). Analisis Pengaruh Kelengkapan Fitur, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, Persepsi Manfaat terhadap Kepuasan Penggunaan serta Dampaknya terhadap Loyalitas Pengguna Aplikasi Viu. Media Informatika, 17(3), 148–164. https://doi.org/10.37595/mediainfo.v17i3.19. DOI: https://doi.org/10.37595/mediainfo.v17i3.19
Noeman, A., & Lubis, H. (2019). Sistem Informasi Penjualan Batu Kapur Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (Tam) Pada Cv. Xyz Berbasis Web. Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma, 6(2), 153–174. https://doi.org/10.35968/jsi.v6i2.323. DOI: https://doi.org/10.35968/jsi.v6i2.323
Novawan, A., Aisyiyah, S., Miqawati, A. H., Wijayanti, F., & Indrastana, N. S. (2020). Malaysian Undergraduates’ Behavioural Intention to Use LMS for Online English Learning: An Extended Self- Directed Learning Technology Acceptance Model (SDLTAM). Journal of ELT Research, 5(1), 80–93. https://doi.org/10.22236/JER. DOI: https://doi.org/10.22236/JER
Pramanda, R. P., & Azizah, D. F. (2016). Pengaruh Kemudahan Dan Kemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan Kantor Pusat Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis, 39(2), 117–126.
Purnajaya, A. R., Indriani, F., & Faisal, M. R. (2020). Pengenalan Suara Pada Kamus Banjar-Indonesia Dan Indonesia-Banjar Menggunakan Statistik Inferensi. Jurnal Ilmiah Informatika, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.33884/jif.v8i01.1727. DOI: https://doi.org/10.33884/jif.v8i1.1727
Ramadani, S., & Ofianto. (2019). Pengembangan Kamus Mnemonic. Jurnal Halaqah, 1(2), 102–120.
Rohman, J. N., & Husna, J. (2017). Situs Youtube Sebagai Media Pemenuhan Kebutuhan Informasi: Sebuah Survei Terhadap Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro Angkatan 2013-2015. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(1), 171–180.
Sabjan, N. (2018). Pengaruh Kemudahan Dan Kemanfaatan Sistem Informasi Dan Komunikasi Rujukan Maternal Terhadap Kinerja Rujukan Puskesmas. Performance, 25(1), 52–59. http://jos.unsoed.ac.id/index.php/performance/article/view/970.
Salsabila, D. V. (2016). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Dan Kemanfaatan Terhadap Sikap Pengguna Sistem Informasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 36(1), 51.
Santioso, L., Daryatno, A. B., & Aristha, A. J. (2018). Analisis Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Kesiapan Teknologi Informasi, Keamanan dan Kerahasiaan Terhadap Minat Perilaku Penggunaan E-Filing. Jurnal Akuntansi, 18(2), 247–268.
Santos, J. M. (2021). Google Classroom: Beyond the Traditional Setting. Problems of Education in the 21st Century, 79(4), 626–639. https://doi.org/10.33225/pec/21.79.626. DOI: https://doi.org/10.33225/pec/21.79.626
Slamet, T. I., Alfiansyah, A., Al Maki, W. F., Musyafa, F. A., Satyaputra, A., Fathoni, P., Andayani, S. S., Melinda, S., Oktavianus, D., & Yusuf, N. P. (2020). Peningkatan Keterampilan ICT untuk Guru melalui Pelatihan Konten Digital Pembelajaran Berbasis Sumber Terbuka (Open Sources). Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 118. https://doi.org/10.30651/aks.v4i1.2316. DOI: https://doi.org/10.30651/aks.v4i1.2316
Utami, A. D., Hardini, T. I., & Mutiarsih, Y. (2019). Leksikografi Kamus Dwibahasa Prancis-Indonesia Khusus Bidang Bisnis. Linguistik Indonesia, 37(1), 45–60. https://doi.org/10.26499/li.v37i1.86. DOI: https://doi.org/10.26499/li.v37i1.86
Wahyuni, Y. Z., & Jurusan. (2016). Pengaruh Kegunaan, Kemudahan Dan Kenyamanan Teknologi Informasi Terhadap Penerimaan Teknologi Informasi (Studi Pada Biro Umum Sekretariat Provinsi Sulawesi Tenggara). Jurnal Akuntansi, 1(2), 65–77.
Widodo, A. P., Agushybana, F., & Jati, S. P. (2018). Pengukuran Penerimaan Sistem Informasi EWSKIA Berdasarkan Persepsi Pengguna dengan Menggunakan Technology Acceptance Model. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 8(2), 166. https://doi.org/10.21456/vol8iss2pp166-173. DOI: https://doi.org/10.21456/vol8iss2pp166-173
Yaniasih. (2018). Kerangka Pemanfaatan Konten Repositori Bagi Industri: Studi Kasus Analisis Triple Helix Riset Bidang Pangan. Jurnal Pustakawan Indonesia, 17(2).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)