Video Eksperimen dan Animasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kimia

Penulis

  • Gede Putra Adnyana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i3.4229

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep kimia siswa pada aspek makroskopis, mikroskopis, dan simbolis melalui pembelajaran menggunakan video eks-perimen dan animasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPA-1 SMAN 2 Busungbiu semester I tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 27 orang. Objek penelitian adalah pemahaman konsep kimia siswa pada aspek makroskopis, mikroskopis, dan simbolis. Hasil penelitian menemukan bahwa pembelajaran dengan video eksperimen dan animasi dapat meningkatkan pemahaman konsep kimia siswa aspek makroskopis, mikroskopis, dan sim-bol.  Siswa memberikan pendapat positif terhadap pembelajaran kimia menggunakan video ekspe-rimen dan animasi.

Kata-kata Kunci: video eksperimen, animasi, pemahaman konsep

Cara Mengutip

Adnyana, G. P. (2014). Video Eksperimen dan Animasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kimia. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i3.4229

Terbitan

Bagian

Articles