Pemanfaatan Blogger Berbasis Pendekatan Proses dalam Asessmen Portofolio Elek-tronik untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v47i1.4625Abstrak
Penelitian ini merupakan peneli-tian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis para-graf dengan pengaplikasian media Blogger berbasis portopolio elektronik. Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil pre-test yang menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa semester IIIB yang ver-jumlah 29 orang di tahun akademik 2013/2014 di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dalam menulis paragraf tersebut tergolong cukup dengan rata-rata 56,89. Setelah tindakan, skor rata-rata mahasiswa pada post-test siklus I adalah 68.18 (cukup) dan pada post-tes II meningkat menjadi 82,81 (baik). Di samping peningkatan kemampuan menulis, kedisiplinan, kejujuran, keterbukaan dan kepercayaan di-ri mahasiswa dalam melakukan penilaian diri dan penilaian sejawat juga dapat ditingkankan. Maha-siswa juga mampu mengimplementasikan media blog sebagai salah satu penerapan teknologi infor-masi dan komunikasi (TIK) di dalam pembelajaran dengan baik.
Kata-kata Kunci: menulis, portofolio elektronik, bloggerUnduhan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)