Model Educative Production Function untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Perbankan
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v47i1.4627Abstrak
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran Akuntansi Perbankan melalui penerapan model pembelajaran Educatif Production Function (EPF). Subjek penelitian adalah mahasiswa semester III Jurusan D3 Akuntansi UNDIKSHA pada Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 31 orang. Obyek penelitian adalah (1) aktivitas belajar mahasiswa dalam pembelajaran, dan (2) hasil belajar mahasiswa. Pene-litian dilakukan sebanyak dua siklus tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) EPF dapat menghadirkan suasana pembelajaran yang lebih kondusif dan menciptakan iklim kelas yang trans-paran, (2) EPF dapat meningkatkan hasil belajar dengan peningkatan rata-rata hasil belajar pada si-klus I ke siklus II sebesar 12,3 (65,1 pada siklus I dan 77,4 pada siklus II).
Kata-kata Kunci: akuntansi perbankan, educative production function, hasil belajarUnduhan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)