Analisis Hermeneutik Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Naskah Drama Pewayangan “Sumpah Ramaparasu”

Penulis

  • Ketut Yarsama IKIP PGRI Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v47i1.4628

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan utama menemukan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam naskah drama pewayangan “Sumpah Ramaparasu.” Data dikumpulkan dengan metode pencatatan dokumen dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara hermeneutik dan diberi makna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam naskah drama “Sumpah Ramaparasu”adalah demokratis, kejujuran, kehati-hatian, disiplin diri, membantu dengan tulus, bekerjasama, keteguhan hati, rasa haru, dan toleransi. Nilai-nilai tersebut masih bersifat aktual dan kontekstual.

Kata-kata Kunci: nilai pendidikan karakter, drama pewayangan, hermeneutik

Cara Mengutip

Yarsama, K. (2015). Analisis Hermeneutik Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Naskah Drama Pewayangan “Sumpah Ramaparasu”. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 47(1). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v47i1.4628

Terbitan

Bagian

Articles