ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL FISIKA MENGGUNAKAN TEORI POLYA PADA MATERI FLUIDA DINAMIK

Authors

  • Y.H.M. Yusuf Universitas Nusa Cendana
  • K.A. Astiti Universitas Nusa Cendana
  • H.F. Lalus Universitas Nusa Cendana
  • T. Haba Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppii.v12i3.54706

Keywords:

Fluida Dinamik; Kesulitan Siswa; Teori Polya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal fisika menggunakan teori Polya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA2 SMA Negeri 1 Hawu Mehara. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes soal dan kuesioner. Hasil yang ditunjukkan dalam penelitian ini yaitu kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal fisika sesuai teori polya menunjukkan bahwa terdapat 48% siswa kesulitan dalam memahami masalah, 52% siswa mengalami kesulitan dalam membuat perencanaan, 80% siswa mengalami kendala dalam melaksanakan perencanaan solusi permasalahan yang telah dibuat, dan 100% ssiwa mengalami kendala dalam tahap melakukan pengecekan kembali.

References

Anggranti, W. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Baca Baca-Tulis Al-Qur'an . Intelegensia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 106-116.

Asman, Asman, N. E., & Ariani, Y. (2020). Model Polya Terhadap Hasil Belajar Soal Cerita Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Kleas V SD. Journal of Basic Education Studies , 279-290.

Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. SPEJ (Science and Physics Education Journal), 52-60.

Fatah, M., Suud, F. M., & Chaer, M. T. (2021). Jenis-Jenis Kesulitan Belajar dan Faktor Penyebabnya Sebuah Kajian Komprehensif pada Siswa SMK Muhammadiyah Tegal. Psyco Idea , 89-102.

Mardila , Y. (2014). Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Peserta Didik di Kelas X SMA N 13 Padang . Padang : STKIP PGRI Sumatra Barat.

Paramita, W., Didik, S. P., & Arika, I. K. (2014). Penerapan Pendekatan Pemecahan Masalah menurut Polya Materi Persegi dan Persegi Panjang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIB SMP N 10 Jember Tahun Ajaran 2012/2013. Kadikma , 1-9.

Raziqin , K. (2020). Identifikasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika di Mas Lamno. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Sulastri, Imran, & Firmansyah, A. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Startegi Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya . Jurnal Kreatif Tadulako , 90-103.

Yetti, A., & Kenedi, A. K. (2018). Model Polya dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Pembelajaran Soal Cerita Volume di Sekolah Dasar. JIP, 25-36.

Downloads

Published

2022-12-31