ANALISIS KEBUTUHAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • K.A. Astiti Universitas Pendidikan Ganesha
  • N.L.P.M. Marlinda Universitas Pendidikan Ganesha
  • A.Y. Prakosa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppii.v14i3.85548

Keywords:

Kebutuhan Guru; Kurikulum Merdeka; Merdeka Belajar

Abstract

Pergantian kurikulum 2013 menuju kurikulum merdeka memiliki tantangan tersendiri, pada kenyataannya masih banyak kendala yang ditemukan dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. Dari pemaparan tersebut perlu dilakukan penelitian terkait analisis kebutuhan guru dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kebutuhan guru dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka Tingkat SMP di SMP N Satap 2 Sukasada. Data berupa deskriptif kualitatif dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan kuisioner. Hasil penelitian yang diperoleh adalah implementasi kurikulum merdeka belum maksimal dilakukan di SMP N Satap 2 Sukasada. 4 Aspek yang dinilai menunjukkan hasil penilaian pada kategori cukup. Adapun kebutuhan guru-guru di SMP N Satap 2 Sukasada dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka diantaranya 1) perlunya sosialisasi lebih lanjut terkait esensi kurikulum merdeka, 2) perlunya sumber daya pendukung seperti pedoman, buku, media dan lainnya untuk mendukung implementasi kurikulum merdeka, 3) perlunya kegiatan workshop dalam melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi untuk mewujudkan merdeka belajar, 4) perunya pelatihan dalam mengembangkan ide kegiatan P5.

References

Dewi, L. M., & Astuti, N. E. (2022). Hambatan Kurikulum Merdeka di Kelas IV SDN 3 Apuan. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 31-39. https://doi.org/10.59789/rarepustaka.v4i2.128

Fadhli, R. (2022). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 5(2), 147–156. https://doi.org/10.31949/jee.v4i1.4230

Firdaus, H., Laesandi, A. M., Matvayodha, G., Siagian, F. N., & Hasanah, I. A. (2022). Analisis Evaluasi Program Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2), 686–693. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5302

Fitriah, I., & Widiyono, A. (2023). Analisis Kesulitan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Bagian Tubuh Tumbuhan di Sekolag Dasar. Indo Math Edu Intellectual Journal, 961-974. https://ejournal.indo-intellectual.id/index.php/imeij/article/view/302

Hartati, S. (2021). Menyikapi Kebijakan Survey Karakter dan Implikasinya. LPMP Jawa Tengah.

Hartawati, F., & Karim, M. (2024). Tantangan Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 14(1), 185-190. https://doi.org/10.23969/literasi.v14i1.10351

Herlina, H., Wardany, O. F., Sani, Y., & Maharani, R. Z. (2023). Kendala Dan Kebutuhan Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di Lampung. Jurnal Basicedu, 7(5), 2928–2941. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6086

Heryahya, A., Herawati, E. S. B., Susandi, A. D., & Zulaiha, F. (2022). Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(2), 548–562. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i2.4826

Kemdikbud. (2020). Asesmen Nasional: AKM, Survey Karakter dan Lingkungan Belajar.

Kemdikbud. (2021). Asesmen Diagnostik

Mulyasa, H. E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka. Bumi Aksara

Nasution, A. F. (2023). Hambatan dan tantangan implementasi kurikulum merdeka di MTS Raudlatul Uluum Aek Nabara Labuhanbatu. Journal on Education, 5(4), 17308-17313. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/4139

Nandini, S., Montessori, M., Suryanef, & Fatmariza. (2024). Hambatan Guru dalam Pelaksanaan Asesmen Diagnostik pada Pembelajaran PPKN Berdasarkan Kurikulum Merdeka. Journal of Education, Culture and Politics, 333-345. https://doi.org/10.24036/jecco.v4i2.498

Nikmatin Mabsutsah, & Yushardi, Y. (2022). Analisis Kebutuhan Guru terhadap E Module Berbasis STEAM dan Kurikulum Merdeka pada Materi Pemanasan Global. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 205–213. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.588

Nofrianni, E., Prahagia, Y., Juwita Novalia, R., & Tri Susanti, D. (2023). Analisis Kesiapan Guru Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Di SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 5(1), 151–160. https://doi.org/10.52060/jipti.v5i1.1909

Nurul, Y., & Marsila, S. (2023). Kesiapan Guru IPS Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMP Negeri 5 Yogyakarta.

Putu, N., Astuti, E., Gede Margunayasa, I., Suarni, N. K., Putu, I., Wirawan, H., & Sulastra, P. (2024). Permasalahan Asesmen Pada Kurikulum Merdeka. Jayapangus Press Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.37329/cetta.v7i1.2954

Rahmadani, D. P., Asbari, M., Honggo Jati, D., & Ayu Pratama, E. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka: Meningkatkan Sistem Pendidikan Indonesia? Journal Of Information Systems and Management, 03(02). https://doi.org/10.4444/jisma.v3i1.496

Rahmi, L., Fajrina, S., & Rahmi, Y. L. (2024). Literature Review : Analisis Penyusunan Modul Ajar Pada Kurikulum Merdeka. Jitera-Journal In Teaching And Education Area, 1(1).

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak. Jurnal basicedu, 6(4), 6313-6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rismawanda, H., & Mustika, D. (2024). Kemampuan Guru dalam Menyusun Modul Ajar pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Aulad : Journal on Early Childhood, 7(1), 32–42. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i1.575

Sinulingga, S. (2022, December). Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka Menghadapi Perkembangan Tehnologi Di Era Revolusi Industri 4.0. In Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 1, 42-147. https://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingpps/article/view/318

Susanti, H., Fadriati, F., & Asroa, I. (2023). Problematika implementasi kurikulum merdeka di SMP Negeri 5 Padang Panjang. ALSYS, 3(1), 54-65. https://ejournal.yasin-alsys.org/alsys/article/view/766

Sunarni, & Karyono, H. (2023). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 1613–1620. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.796

Sunarti, D., Mutiara, Z. T., Mardianti, L., Rahmadia, S. A., Fatmawati, U., & Bengkulu, S. (2024). Pentingnya Guru Penggerak dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. 5(1), 116–123. https://siducat.org/index.php/jpt/article/view/1134

Suryani, N., Muspawi, M., & Aprillitzavivayarti, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 773. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.3291

Syahbana, A., Asbari, M., Anggitia, V., & Andre, H. (2024). Revolusi Pendidikan: Analisis Kurikulum Merdeka Sebagai Inovasi Pendidikan. Journal Of Information Systems And Management, 3(2). https://doi.org/10.4444/jisma.v3i2.935

Teguh Harianto, B., & Wibowo, A. (2023). Problematika Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Internal Teacher Problems Implementation of the Independent Curriculum. 7. https://doi.org/10.37250/newkiki.v41.184

Zakso, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di Indonesia . Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 916-922. https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.65142

Downloads

Published

2024-12-29