ANALISIS KEBUTUHAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppii.v14i3.85548Keywords:
Kebutuhan Guru; Kurikulum Merdeka; Merdeka BelajarAbstract
Pergantian kurikulum 2013 menuju kurikulum merdeka memiliki tantangan tersendiri, pada kenyataannya masih banyak kendala yang ditemukan dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. Dari pemaparan tersebut perlu dilakukan penelitian terkait analisis kebutuhan guru dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kebutuhan guru dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka Tingkat SMP di SMP N Satap 2 Sukasada. Data berupa deskriptif kualitatif dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan kuisioner. Hasil penelitian yang diperoleh adalah implementasi kurikulum merdeka belum maksimal dilakukan di SMP N Satap 2 Sukasada. 4 Aspek yang dinilai menunjukkan hasil penilaian pada kategori cukup. Adapun kebutuhan guru-guru di SMP N Satap 2 Sukasada dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka diantaranya 1) perlunya sosialisasi lebih lanjut terkait esensi kurikulum merdeka, 2) perlunya sumber daya pendukung seperti pedoman, buku, media dan lainnya untuk mendukung implementasi kurikulum merdeka, 3) perlunya kegiatan workshop dalam melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi untuk mewujudkan merdeka belajar, 4) perunya pelatihan dalam mengembangkan ide kegiatan P5.
References
Dewi, L. M., & Astuti, N. E. (2022). Hambatan Kurikulum Merdeka di Kelas IV SDN 3 Apuan. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 31-39. https://doi.org/10.59789/rarepustaka.v4i2.128
Fadhli, R. (2022). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 5(2), 147–156. https://doi.org/10.31949/jee.v4i1.4230
Firdaus, H., Laesandi, A. M., Matvayodha, G., Siagian, F. N., & Hasanah, I. A. (2022). Analisis Evaluasi Program Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2), 686–693. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5302
Fitriah, I., & Widiyono, A. (2023). Analisis Kesulitan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Bagian Tubuh Tumbuhan di Sekolag Dasar. Indo Math Edu Intellectual Journal, 961-974. https://ejournal.indo-intellectual.id/index.php/imeij/article/view/302
Hartati, S. (2021). Menyikapi Kebijakan Survey Karakter dan Implikasinya. LPMP Jawa Tengah.
Hartawati, F., & Karim, M. (2024). Tantangan Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 14(1), 185-190. https://doi.org/10.23969/literasi.v14i1.10351
Herlina, H., Wardany, O. F., Sani, Y., & Maharani, R. Z. (2023). Kendala Dan Kebutuhan Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di Lampung. Jurnal Basicedu, 7(5), 2928–2941. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6086
Heryahya, A., Herawati, E. S. B., Susandi, A. D., & Zulaiha, F. (2022). Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(2), 548–562. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i2.4826
Kemdikbud. (2020). Asesmen Nasional: AKM, Survey Karakter dan Lingkungan Belajar.
Kemdikbud. (2021). Asesmen Diagnostik
Mulyasa, H. E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka. Bumi Aksara
Nasution, A. F. (2023). Hambatan dan tantangan implementasi kurikulum merdeka di MTS Raudlatul Uluum Aek Nabara Labuhanbatu. Journal on Education, 5(4), 17308-17313. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/4139
Nandini, S., Montessori, M., Suryanef, & Fatmariza. (2024). Hambatan Guru dalam Pelaksanaan Asesmen Diagnostik pada Pembelajaran PPKN Berdasarkan Kurikulum Merdeka. Journal of Education, Culture and Politics, 333-345. https://doi.org/10.24036/jecco.v4i2.498
Nikmatin Mabsutsah, & Yushardi, Y. (2022). Analisis Kebutuhan Guru terhadap E Module Berbasis STEAM dan Kurikulum Merdeka pada Materi Pemanasan Global. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 205–213. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.588
Nofrianni, E., Prahagia, Y., Juwita Novalia, R., & Tri Susanti, D. (2023). Analisis Kesiapan Guru Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Di SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 5(1), 151–160. https://doi.org/10.52060/jipti.v5i1.1909
Nurul, Y., & Marsila, S. (2023). Kesiapan Guru IPS Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMP Negeri 5 Yogyakarta.
Putu, N., Astuti, E., Gede Margunayasa, I., Suarni, N. K., Putu, I., Wirawan, H., & Sulastra, P. (2024). Permasalahan Asesmen Pada Kurikulum Merdeka. Jayapangus Press Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.37329/cetta.v7i1.2954
Rahmadani, D. P., Asbari, M., Honggo Jati, D., & Ayu Pratama, E. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka: Meningkatkan Sistem Pendidikan Indonesia? Journal Of Information Systems and Management, 03(02). https://doi.org/10.4444/jisma.v3i1.496
Rahmi, L., Fajrina, S., & Rahmi, Y. L. (2024). Literature Review : Analisis Penyusunan Modul Ajar Pada Kurikulum Merdeka. Jitera-Journal In Teaching And Education Area, 1(1).
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak. Jurnal basicedu, 6(4), 6313-6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Rismawanda, H., & Mustika, D. (2024). Kemampuan Guru dalam Menyusun Modul Ajar pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Aulad : Journal on Early Childhood, 7(1), 32–42. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i1.575
Sinulingga, S. (2022, December). Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka Menghadapi Perkembangan Tehnologi Di Era Revolusi Industri 4.0. In Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 1, 42-147. https://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingpps/article/view/318
Susanti, H., Fadriati, F., & Asroa, I. (2023). Problematika implementasi kurikulum merdeka di SMP Negeri 5 Padang Panjang. ALSYS, 3(1), 54-65. https://ejournal.yasin-alsys.org/alsys/article/view/766
Sunarni, & Karyono, H. (2023). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 1613–1620. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.796
Sunarti, D., Mutiara, Z. T., Mardianti, L., Rahmadia, S. A., Fatmawati, U., & Bengkulu, S. (2024). Pentingnya Guru Penggerak dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. 5(1), 116–123. https://siducat.org/index.php/jpt/article/view/1134
Suryani, N., Muspawi, M., & Aprillitzavivayarti, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 773. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.3291
Syahbana, A., Asbari, M., Anggitia, V., & Andre, H. (2024). Revolusi Pendidikan: Analisis Kurikulum Merdeka Sebagai Inovasi Pendidikan. Journal Of Information Systems And Management, 3(2). https://doi.org/10.4444/jisma.v3i2.935
Teguh Harianto, B., & Wibowo, A. (2023). Problematika Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Internal Teacher Problems Implementation of the Independent Curriculum. 7. https://doi.org/10.37250/newkiki.v41.184
Zakso, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di Indonesia . Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 916-922. https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.65142