PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TUTOR SEBAYA UNTUK PEMAHAMAN KONSEP SISWA MATERI HUKUM KIRCHHOFF

Authors

  • K.A. Astiti Universitas Nusa Cendana
  • P. Maunino Universitas Nusa Cendana
  • V. Lantik Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppii.v13i2.67807

Keywords:

Hukum Kirchhoff; Model Pembelajaran Problem Solving; Pemahaman Konsep; Teknik Tutor Sebaya

Abstract

Penerapan model pembelajaran yang kurang bervariasi menyebabkan pemahaman konsep siswa menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah model pembelajaran Problem Solving teknik tutor sebaya dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep fisika siswa dalam materi Hukum Kirchhoff. Jenis penelitian yang di gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sampel penelitian adalah siswa kelas XI Mia 3 SMA Negeri 9 Kota Kupang sebanyak 25 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes berupa uraian. Data hasil ketuntasan pemahaman konsep dianalisis dengan menghitung data presentase tes pemahaman konsep fisika dan rata-rata ketuntasan klasikal. Data siklus I menunjukan presentase pemahaman konsep siswa adalah 76% dan ketuntasan klasikal yaitu 74% dengan kriteria belum tuntas. Siklus II menunjukan presentase pemahaman konsep mencapai 93% dan ketuntasan klasikal 100%  dengan kriteria tuntas. Maka, penerapan model pembelajaran Problem Solving teknik tutor sebaya dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa kelas XI Mia 3 SMA Negeri 9 Kota Kupang.

References

Aras, S. (2021). C . Data dan Sumber Data D . Teknik Pengumpulan Data E . Validitas Data F . Teknik Analisis Data G . Indikator Kinerja.

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2014). Evaluasi Program Pendidikan: pedoman teoritis praktisi pendidikan.

Astiti, K. A., & Bani, M. D. S. (2016). Pelatihan Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Di Kota Kupang. Prosiding Semnas Hasil Pengabdian Masyarakat. 437-442. https://docplayer.info/37011304-Pelatihan-penerapan-model-pembelajaran-inovatif-untuk-meningkatkan-kompetensi-guru-di-kota-kupang.html

Astiti, K. A., Yusuf, Y. H. M., & others. (2018). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Materi Suhu Dan Kalor. Jurnal Fisika: Fisika Sains Dan Aplikasinya, 3(2), 185–192. https://doi.org/10.35508/fisa.v3i2.625

Gasong, D. (2018). Belajar dan pembelajaran. Deepublish.

Harefa, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Luahagundre Maniamolo Tahun Pembelajaran (Pada Materi Energi Dan Daya Listrik). Jurnal Education And Development, 8(1), 231. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1540

Komariah, K. (2011). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Model Polya Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Bagi Siswa Kelas IX J Di SMPN 3 Cimahi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 1. https://eprints.uny.ac.id/7195/1/PM-25%20-%20Kokom%20Komariah.pdf

Novitasari, A., Hijriyah, U., & Jannah, M. (2021). Pengaruh Tutor Sebaya Berbasis Konstruktivisme Terhadap Pemahaman Konsep Dan Sikap Peserta Didik. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 5(1), 7–16. https://doi.org/10.32502/dikbio.v5i1.2727

Nuraini, F. (2017). Penggunaan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 5 SD. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 1(4), 369–379. https://www.e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/82

Partiwi, W. (2016). Pengaruh Pendekatan Attention,Relevance,Confidence and Satisfaction(ARCS) Dengan Menggunakan Tutor Sebaya dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta didik Kelas XI SMAN 1 Bontonompo. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. https://repositori.uin-alauddin.ac.id/6237/1/Wiwik%20Pratiwi.pdf

Ristiasari, T., Priyono, B., & Sukaesih, S. (2012). Model pembelajaran problem solving dengan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Journal of Biology Education, 1(3). https://doi.org/10.15294/jbe.v1i3.1498

Solihat, A. N. (2014). Studi Komparatif Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dan Metode Pembelajaran Pemecahan Masalah (Problem Solving) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa: Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA PGII 1 BandungTahun Pelajaran 2013-2014. Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/id/eprint/13458

Sujarwanto, E. (2019). Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penyelesaian Masalah dalam Pembelajaran Fisika. 1(1), 22–33. https://doi.org/10.37058/diffraction.v1i1.806

Utomo, T., Wahyuni, D., & Hariyadi, S. (2014). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa (siswa kelas VIII Semester Gasal SMPN 1 Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013). Jurnal Edukasi, 1(1), 5–9. https://doi.org/10.19184/jukasi.v1i1.1025

Wahyuni, N. T., Utomo, S. B., & Masykuri, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas Xi IPA 5 SMA Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2015 / 2016. Jurnal Pendidikan Kimia, 6(2), 154-160. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/9715

Wijoyo, H., & others. (2021). Strategi pembelajaran. Insan Cendekia Mandiri.

Downloads

Published

2023-10-13