Sanitasi Makanan Karyawan di Kantin XYZ Padang

Authors

  • Anisa Apriani Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Lise Asnur Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsh.v7i2.54288

Keywords:

Analisis, Sanitasi, Makanan, Hotel

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masalah yaitu adanya peralatan makanan atau minuan yang terlihat kotor,tempat penyimpanan bahan makanan yang tidak tertata rapi, sehingga memakan waktu lama untuk mengambil bahan untuk makanan yang akan dipakai, dan tempat sampah makanan yang dibiarkan terbuka ketika mengelola makanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sanitasi makanan dalam bentuk kebersihan perlengkapan makanan dan minuman, kebersihan dalam menyimpan bahan makanan, dan kebersihan pada pelaksanaan olahan makanan di kantin XYZ Padang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilaksanakan melalui penggunaan metode observasi, wawancara, dan dokumentsi untuk mendapatkan informasi dari informan yang dipilih melalui penggunaan teknik Purposive Sampling. Data dianalisis secara reduksi yakni membuat rangkuman, memilih dan memusatkan pada hal-hal penting, dan juga melakukan analisis data, yang didapatkan akan permasalahan yang dilakukan penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peralatan yang tidak bersih dan tidak dicuci sebelum digunakan terlebih dahulu, terdapat kecoa dan serangga pada tempat untuk menyimpan bahan untuk makanan dan tempat untuk menyimpan bahan makanan yang tidak ditata secara rapi, bahan makanan atau makanan yang selesai diolah tidak ditutup, dan tempat sampah makanan yang dibiarkan selalu terbuka dan meja penyajian tidak bersih.

References

Ananda, A., & Pradini, G. (2022). Peran Food & Beverage Service Dalam Memberikan Pelayanan Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Di McDonald’s Jatipadang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(3), 263–277. https://doi.org/10.34308/eqien.v11i03.1131.

Atmoko-AKPARYO, T. P. H. (2017). Peningkatan higiene sanitasi sebagai upaya menjaga kualitas makanan dan kepuasan pelanggan di Rumah Makan Dhamar Palembang. Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 8(1). https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khatulistiwa/issue/archive/index.php.

Augusty Tae, F. (2006). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. In Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Auliya, A., & Aprilia, D. N. (2017). Pengaruh hygiene pengolahan makanan terhadap Kualitas makanan di Hotel Aston Rasuna Jakarta. Jurnal Hospitality Dan Pariwisata, 2(2). https://journal.ubm.ac.id/index.php/hospitality-pariwisata/article/download/906/802.

Bujung, F. E., Rotinsulu, D. C., Niode, A. O., Pembangunan, J. E., Ekonomi, F., & Ratulangi, U. S. (2019). Pengaruh Jumlah Kunjungan Wisatawan Dan Tingkat Hunian Hotel Terhadap Penerimaan Sektor Pariwisata Sulawesi Utara. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 19(03), 140–148. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/25292.

Cahyaningsih, C. T., Kushadiwijaya, H., & Tholib, A. (2009). Hubungan higiene sanitasi dan perilaku penjamah makanan dengan kualitas bakteriologis peralatan makan di warung makan. Berita Kedokteran Masyarakat, 25(4), 180. https://doi.org/10.22146/bkm.3552.

Cengiz, E., Cengiz, F., Demirciftci, T., & Cobanoglu, C. (2018). Do food and beverage cost-control measures increase hotel performance? A case study in Istanbul, Turkey. Journal of Foodservice Business Research, 21(6), 610–627. https://doi.org/10.1080/15378020.2018.1493893.

Gultom, J., Ariani, N., & Sri Aryanti, N. (2019). Pengaruh Penyimpanan Bahan Makanan Terhadap Kualitas Bahan Makanan Di Kitchen Hotel The Patra Resort And VillasBali. Jurnal Kepariwisataan Dan Hospitalitas, 3(1), 158–176. https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/download/46268/30798.

Hariyanto. (2010). Hubungan Status Gizi dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri 01 Guguk Malintang Kota Padangpanjang. Jurnal Kesehatan Andalas, 3(3). http://jurnal.fk.unand.ac.id/index.php/jka/article/view/176.

Hasnah, V. A., & Nugroho, S. P. (2021). Gastronomi Makanan Yogyakarta Sebagai Atraksi Wisata Kuliner. Undergraduate Conference on Language, Literature, and Culture (UNCLLE) Vol. 1 No. 1, April 2021. http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/unclle/article/view/4674.

Herlina, H., & Muliani, L. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Food and Beverage Department Terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Daily Inn Jakarta. Destinesia: Jurnal Hospitaliti Dan Pariwisata, 1(2), 74–80. https://doi.org/10.31334/jd.v1i2.842.g480.

Ji, Y., Lee, W. S., & Moon, J. (2023). Café Food Safety and its impacts on intention to reuse and switch cafés during the COVID-19 pandemic: The case of starbucks. International Journal of Environmental Research and Public Health, 20(3), 2625. https://doi.org/10.3390/ijerph20032625.

junaid, I. (2018). Analisis Data Kualitatif Dalam Penelitian Pariwisata. Jurnal Manajemen Bisnis, 16(1), 28–43. https://doi.org/10.31219/osf.io/npvqu.

Kurnia, H., Sriyogani, I. A., & Nuryati, N. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Food And Beverage Departemen di Restoran Hotel New Saphir Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(5), 4127–4137. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1473.

Leivas, R., Laso, J., Abejón, R., Margallo, M., & Aldaco, R. (2020). Environmental assessment of food and beverage under a NEXUS Water-Energy-Climate approach: Application to the spirit drinks. Science of The Total Environment, 720, 137576. https://doi.org/10.1016/j.scitotenv.2020.137576.

Ma’rifat, T. N., Suprayitno, E., Sasmita, B. B., Sulistiati, T. D., Hardoko, H., Chamidah, A., & Tambunan, J. E. (2022). Peningkatan Pengetahuan dan Kesadaran Karyawan Terhadap Good Manufacturing Practices (GMP) dan Sanitasi Makanan pada Produsen Bakso XYZ di Kota Malang. Khadimul Ummah, 6(1), 7–16. https://doi.org/10.21111/ku.v6i1.8855.

Manoppo, F. (2013). Kualitas Pelayanan, Dan Servicescape Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Gran Puri Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 1341–1348. https://doi.org/10.35794/emba.v1i4.2913.

Ningsih, A. S., & Nurfarida, I. N. (2022). Efek kualitas layanan pada loyalitas pelanggan: peran mediasi kepuasan pelanggan. MBR (Management and Business Review), 6(1), 81–90. https://doi.org/10.21067/mbr.v6i1.6962.

Nugroho, A. (2017). Komunitas Muda Urban Mengelola Sampah: Kajian Partisipatoris Gerakan Peduli Sampah Nasional di Kota Yogyakarta. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 4(1), 106. https://doi.org/10.22146/jps.v4i1.23633.

Purnomo, R. (2017). Penggunaan Tempat Sampah Bermotif Terhadap Perilaku Buang Sampah pada Tempatnya di Sekolah Dasar Negeri Wilayah Argomulyo, Sedayu, Bantul (The Use of Patterned Trash Bins on the Behavior of Disposing of Garbage in Its Place at State Elementary Schools in. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 18(3), 101. https://doi.org/10.29238/sanitasi.v8i3.863.

Putri, A., & Akmal, A. (2019). Sekolah Ramah Anak: Tantangan dan Implikasinya Terhadap Pemenuhan Hak Anak. Journal of Civic Education, 2(4), 228–235. https://doi.org/10.24036/jce.v2i4.190.

Rakhmawati, N. (2015). Peranan higiene dan sanitasi dalam proses pengolahan makanan di hotel brongto yogyakarta. Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 6(1). https://doi.org/10.31294/khi.v6i1.527.

Saptono, N. K., Supriyadi, E., & Tabroni. (2020). Pengaruh Work Life Balance Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Melalui Employee Engagement Dengan Kesehatan Mental Sebagai Variabel Moderator Pada Karyawan Generasi Milenial (Studi Kasus: Direktorat Keuangan Pt Angkasa Pura I (Persero. Jurnal Ekobisman, 5(2), 88–108. https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/ekobisman/article/view/1837.

Sari, T. R., & Mansyur, H. (2020). Koreografi Tari Piring Hoyak Badarai Di Sanggar Sarai Sarumpun Di Kota Padang. Jurnal Sendratasik, 9(2), 10–16. https://doi.org/10.24036/jsu.v9i1.109503.

Sukriah, E. (2014). Pariwisata Sebagai Sektor Unggulan Kota Bandung. Jurnal Manajemen Resort & Leisure, 11(1), 65–74. https://doi.org/10.17509/jurel.v11i1.2904.

Suseno, B. D. (2019). The strength of justified knowledge sharing on good manufacturing practices: Empirical evidence on food beverage joint venture company of Japan – Indonesia. Quality - Access to Success, 20(170), 130–135. https://doi.org/https://www.researchgate.net/profile/Bambang-Suseno/publication/331428833.

Syaputra, E. M., & Suryani, D. (2017). Faktor Risiko Higiene Sanitasi Makanan Karyawan Warung Makan Burjo di Kelurahan Warungboto Yogyakarta. Afiasi: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 2(2), 68–72. http://afiasi.unwir.ac.id/index.php/afiasi/article/view/52.

Syarifuddin, B., A., A., & Arifin, S. (2017). Kajian Efektivitas Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Berdasarkan Karakteristik Lingkungan Dan Evaluasi Program Di Kabupaten Banjar. Jurnal Berkala Kesehatan, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.20527/jbk.v3i1.4846.

Tria Vilian, M., & Minsih. (2021). Budaya Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Sehat Nasional Di Sd Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(1), 152–161. https://doi.org/10.51494/jpdf.v2i1.419.

Trioktoriana, W. (2019). Perilaku dan Karakteristik Penjamah Makanan Terhadap Higiene Sanitasi Makanan Pada Rumah Makan. Kampurui Jurnal Kesehatan Masyarakat, 1(1), 17–25. https://doi.org/10.55340/kjkm.v1i1.52.

Windusari, Y. (2021). Analisis Kejadian Gastroenteritis Di Masa Pandemi Covid-19 Dan Kualitas Hygiene Sanitasi Makanan Berdasarkan Uji Bakteriologis Pada Karyawan Pusat Perbelanjaan. HEARTY: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9(1), 36–48. https://doi.org/10.32832/hearty.v9i1.5265.

Downloads

Published

2023-10-05

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>