Studi Kinerja Karyawan Food and Beverage Department di Pangeran Beach Hotel Padang

Authors

  • Mutiara Putri Zikmi Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Lise Asnur Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsh.v7i2.72956

Keywords:

Kinerja Karyawan, Food and Beverage Department, Pariwisata

Abstract

Masalah kinerja karyawan tidak diperhatikan dengan baik, akan menimbulkan complain dari para tamu dan kesan buruk pada hotel. Keberadaan sumber daya manusia di dalam suatu perusahaan memegang peranan sangat penting. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kinerja karyawan food and beverage department di Pangeran Beach Hotel Padang. Penelitian ini berjenis deskriptif kuantitatif. Variabel penelitian ini yaitu Kinerja Karyawan yang merupakan variabel mandiri. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik sampling jenuh sebanyak 35 orang karyawan Food and Beverage Department. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menghitung skor KPI pada rapor kinerja karyawan Food and Beverage Department di Hotel Pangeran Beach Padang. Data yang diperoleh akan dikelompokkan sesuai indikator yang digunakan, dan direkap menggunakan bantuan Microsoft Excel yang kemudian dihitung menggunakan rumus KPI. Hasil pengolahan data sekunder menunjukkan bahwa variabel kinerja karyawan Food and Beverage Department di Hotel Pangeran Beach Padang secara keseluruhan memperoleh skor KPI sebesar 87 dari 100 bobot. Ditinjau dari indikator kualitas memperoleh skor sebesar 19 dari 20 bobot, indikator ketepatan waktu sebesar 10 dari 10 bobot, indikator inisiatif sebesar 17 dari 20 bobot, indikator kemampuan sebesar 16 dari 20 bobot dan indikator komunikasi sebesar 26 dari 30 bobot. Perlu adanya pelatihan yang diterima oleh karyawan dapat meningkatkan kinerja sehingga dengan ditingkatnya pelatihan maka kinerja karyawan yang ada pada Hotel dapat meningkat.

References

Abbas, E. W., Rusmaniah, R., Mutiani, M., Putra, M. A. H., & Jumriani, J. (2022). Integration of River Tourism Content in Social Studies Teaching Materials as an Efforts to Strengthen Student Understanding. The Innovation of Social Studies Journal, 4(1), 11. https://doi.org/10.20527/iis.v4i1.6312.

Anggereni, N. W. E. S. (2018). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Lembaga Perkreditan Desa (Lpd) Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 10(2), 606–615. https://doi.org/10.23887/jjpe.v10i2.20139.

Aryani, M. (2021). Analisis Digital Marketing Pada Hotel Kila di Kabupaten Lombok Barat Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Visionary: Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 9(1), 22–32. https://doi.org/10.33394/vis.v6i1.4085.

Bintang, N. K. A. S., & Sanjiwani, I. G. A. M. (2023). Penerapan Pelatihan dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Food and Beverage di Mahagiri Panoramic Resort and Restaurant. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 2(3), 770–777. https://doi.org/10.22334/paris.v2i3.364.

Cahyadi, B. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dalam Perspektif Islam. Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 3(1), 29–40. https://doi.org/10.29313/amwaluna.v3i1.4141.

Catio, M., & Sunarsi, D. (2020). Analisa Pengaruh Kompetensi, Disiplin Kerja dan Motivasi terhadap Kinerja Guru. Equilibrium : Jurnl Pelatihan Pendidikan Dan Ekonomi, 17(02), 16–26. https://doi.org/10.25134/equi.v17i02.ABSTRACT.

Dewi, N. N. (2021). Pengaruh Motivasi Disiplin Kerja Dan Pengawasan Terhadap Kinerja. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 355. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.355-366.2021.

Farida, S., & Hakim, L. (2022). Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Departement Food And Beverage pada Gran Melia Hotel, Jakarta Selatan. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 5(1), 1–18. https://doi.org/10.33753/madani.v5i1.167.

Garaika, G. (2020). Pengaruh Kompensasi, Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Terhadap Kinerja. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 21(1), 28–41. https://doi.org/10.30596/jimb.v21i1.4181.

Hendriyati, L., & Santoso, I. B. (2021). Strategi Pemasaran Food and Beverage untuk Meningkatkan Penjualan pada Masa Pandemi Covid-19 di Cavinton Hotel Yogyakarta Indonesia. Journal of Tourism and Economic, 4(1), 60–72. https://doi.org/https://doi.org/10.36594/jtec.v4i1.111.

Istiqomah, S. N., & Suhartini. (2016). Pengaruh Disiplin Kerja dan Iklim Komunikasi terhadap Kinerja Pegawai Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, dengan Motivasi Kerja sebagai Variabel Intervening. Jurnal Siasat Bisnis, 19(1), 89 – 97. https://doi.org/10.20885/jsb.vol19.iss1.art8.

Istiqomah, S. N., & Suhartini, S. (2015). Pengaruh Disiplin kerja dan Iklim Komunikasi Terhadap kinerja pegawai Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, dengan motivasi kerja sebagai variabel intervening. Jurnal Siasat Bisnis, 19(1), 89–97. https://doi.org/10.20885/jsb.vol19.iss1.art8.

Juarman, J., Rahmawati, N. N., & Lestari, D. (2020). Peran Kepala Sekolah Sebagai Leader dalam Meningkatkan Disiplin Kinerja Guru di SDN 02 Josenan Kota Madiun. Publikasi Pendidikan, 10(2). https://doi.org/10.26858/publikan.v10i2.11649.

Kandoli, L. N., & Tulaka, T. (2022). Analisis Kreativitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Tata Hidang II Bidang Studi Tata Boga dan Pariwisata Perhotelan Jurusan PKK Fatek Unima. Jurnal Penelitian Tindakan Dan Pendidikan, 8(1). https://rumahjurnal.net/ptp/article/view/1111.

Nilasari, S., Fitria, H., & Rohana, R. (2020). Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru. Attractive : Innovative Education Journal, 2(3), 15. https://doi.org/10.51278/aj.v2i3.72.

Nugraha, A., & Tjahjawati, S. S. (2018). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 3(3), 24. https://doi.org/10.35697/jrbi.v3i3.942.

Paradiba, L., & Nainggolan, K. (2015). Pengaruh Laba Bersih Operasi Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Food and Beverage Yang Terdaftar Di BEI. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 15(1), 113–124. https://doi.org/10.30596%2Fjrab.v15i1.431.

Prasuri, A. (2018). Pengaruh Pelatihan Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Di Grand Inna Hotel Padang. Jurnal Pendidikan Dan Keluarga, 10(1), 48. https://doi.org/10.24036/jpk/vol10-iss1/506.

Rialmi, Z., & Morsen, M. (2020). Pengaruh Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan PT Utama Metal Abadi. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 3(2), 221–227. https://doi.org/10.32493/JJSDM.v3i2.3940.

Saragih, L. M. sari. (2019). Pengaruh Komunikasi Dan Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Padapt Swalayan Maximart Thamrinplaza Medan. Manajemen Bisnis STIE IBBI, 29(2). https://doi.org/10.31227/osf.io/47ejm.

Sari, K. W. (2021). Strategi Marketing Hotel Grand Tjokro Premiere Bandung Ditengah Krisis COVID-19 (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Marketing Public Relations Hotel Grand Tjokro). Jurnal Purnama Berazam, 2(2), 142–152.

Suhartono, Rahmah, F., Kuspriyono, T., & Hakim, L. (2020). Pengaruh Rasio Profitabilitas terhadap Earnings Per Share pada Perusahaan Food and Beverage di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018. Jurnal Riset Akuntansi Terpadu, 13(2), 173–190. https://doi.org/10.35448/jrat.v13i2.8572.

Sutrisno, S., Yanurianto, Y., & Indrawan, Y. W. (2021). Pengaruh Pelatihan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Pratama Abadi Industri Di Tangerang. Efektif, 3(4), 464 – 474. https://doi.org/10.32493/JEE.v3i4.11282.

Syarifuddin, Ilyas, J. B., & Sani, A. (2021). Pengaruh Persepsi Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Manusia pada Kantor Dinas di Kota Makassar. Bata Ilyas Educational Management Review, 1(2), 51–56. https://doi.org/10.37531/biemr.v1i2.102.

Widyawati, S. R., & Karwini, N. K. (2018). Pengaruh self esteem, self efficacy dan keterlibatan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT.Dwi Fajar Semesta Denpasar. Forum Manajemen STIMI Handayani Denpasar, 16(2), 54–64.

Wulandari, N., Ferdian, F., & Adrian, A. (2021). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Food and Beverage Departement di Holiday Inn Resort Batam. Jurnal Kajian Pariwisata Dan Bisnis Perhotelan, 2(2), 180–186. https://doi.org/10.24036/jkpbp.v2i2.19572.

Yulianti, H. (2021). Pemanfaatan Sistem Pelatihan E-Learning Pada Pengembangan Kinerja Karyawan di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Pengujian ISO 9126. Multinetics, 7(1), 65–81. https://doi.org/10.32722/multinetics.v7i1.3769.

Zillah, F., Husniati, R., & Aziz, A. (2022). Pengaruh Pelatihan, Pengawasan, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Studi Ilmu Manajemen Dan Organisasi, 3(1), 213–232. https://doi.org/10.35912/simo.v3i1.677.

Downloads

Published

2023-12-25

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>