PENGARUH MODEL CHILDREN’S LEARNING IN SCIENCE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA

Authors

  • Luh Putri Diawati undiksha
  • I Kt. Ardana undiksha
  • Gst. Ngr. Sastra Agustika undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16417

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan efektivitas model pembelajaran children’s learning in science berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Dr. Soetomo Kecamatan Denpasar Selatan tahun pelajaran 2017/2018. Desain penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan bentuk Non-Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah 6 kelas/kelompok siswa kelas V SD Negeri Gugus Dr.Soetomo Kecamatan Denpasar Selatan tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah  siswa 243 orang. Penelitian ini menggunakan 2 kelompok yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kedua kelompok dipilih dengan teknik sampel kelompok (cluster). Metode pengumpulan data menggunakan metode tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus polled varians. Rata-rata skor post test kompetensi pengetahuan IPA kelompok eksperimen yaitu 76,20 dan kelompok kontrol yaitu 70. Berdasarkan hasil analisis dengan uji t, diperoleh harga thitung = 2,214 > ttabel 1,988 dengan taraf signifikan 5% dan dk = 85, maka terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran children’s learning in science berbantuan media audio visual memiliki pengaruh  yang signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Dr. Soetomo Kecamatan Denpasar Selatan tahun pelajaran 2017/2018. Hasil perhitungan efektivitas perlakuan diperoleh nilai  =0,01  ≤ 0,055< 0,09 yaitu variansi skor kompetensi pengetahuan IPA yang disebabkan oleh model sebesar 5,5% dengan kriteria efek kecil.

 

Kata – kata kuncichildren’s learning in science, audio visual, kompetensi pengetahuan IPA

References

Agung, A. A. Gede. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publising.

Arikunto, Suharsimi. 2017. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Dantes, Nyoman. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.

Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D.Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Wati, Ega Risma. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Jakarta:Kata Pena.

Wisudawati, Asih Widi dan Eka Sulistyowati. 2015. Metodelogi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yusuf, Muri. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Downloads

Published

2018-12-21

How to Cite

Diawati, L. P., Ardana, I. K., & Sastra Agustika, G. N. (2018). PENGARUH MODEL CHILDREN’S LEARNING IN SCIENCE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA. Mimbar Ilmu, 23(2), 113–121. https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16417

Issue

Section

Articles