KEEFEKTIFAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PENGUKURAN KELAS

Authors

  • Yogi Widya Kusuma Jurusan PGSD FIP Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Joko Sulianto Jurusan PGSD FIP Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Veryliana Purnamasari Jurusan PGSD FIP Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16423

Abstract

Model pembelajaran adalah kerangka konseptual/operasional yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu dan berfungsi sebagai pedoman bagi para pengajar dalam merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji Keefektifan Model Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pengukuran. Dalam menggunakan model tersebut terdapat perubahan yang signifikan. Rumusan masalah pada permasalahan di atas adalah: “Apakah Model Examples Non Examples Efektif  Terhadap Hasil Belajar Materi Pengukuran Siswa  Kelas III SDN Sidokerto 03 Pati?”. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Dalam Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y), dengan variabel bebas (X) model pembelajaran Examples Non Examples. Sedangkan variabel terikatnya (Y)  yaitu hasil belajar siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri Sidokerto Pati dengan jumlah 30 siswa. Sampel yang diambil adalah 30 siswa kelas III dengan menggunakan Pre Eksperimental Designs bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Berdasarkan hasil analisis hipotesis nilai rata-rata hasil pretest siswa yang sebesar 57,17 dan rata-rata nilai hasil posttetst dengan menggunakan Model Examples Non Examples sebesar 79,83. Dari tabel uji t diperoleh  , untuk  , maka diperoleh  dan  . Karena   yaitu  maka  ditolak. Dengan demikian terdapat keefektifan model Examples Non Examples terhadap hasil belajar materi pengukuran siswa  Kelas III SDN Sidokerto 03 Pati dan Dari hasil nilai posttest kelas III  menunjukan bahwa hasil belajar  setelah mendapatkan perlakuan dengan menggunakan Model Examples Non Examples meningkat dibandingkan dengan sebelum mendapatkan perlakuan menggunakan Model Examples Non Examples.

 

Kata-kata kunci : Examples non Examples, hasil belajar

 

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

Damiati (2013) “Pengaruh Model Pembelajaran Example non Example terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Datar Kelas VII MTSN KarangRejo Tulungagung” Skripsi: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Tulungagung Program Studi Tadri Matematika.

Fatturosidah, Ani. 2012. Pengaruh Metode Example Non Example Berbantu Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Sub Tema Kepahlawanan Kelas IV SDN Batursari 6”. Skripsi

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hanafiah & Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama

Huda, M. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaaran. Pustaka Pelajar Offset. Yogyakarta.

Nurul, Astuti Yensi. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Dengan Menggunakan Alat Peraga Untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Argamakmur. Jurnal Exacta (Vol. X No. 1).

Rhani Novyani. 2011. “Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi dengan Model Example non Example melalui Media Video Compact Disc (VCD) Flora dan Fauna.

Sadiman, dkk. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.

Susanto, Andriawan. 2017. KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON-EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR SISTEM INJECTOR NOZZLE DAN GLOW PLUG. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol. 17, No. 1, Juni 2017 (7-10).

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Prestasi Pustaka Publisher.Jakarta.

Utami, S., Asrul, dan Yurnetti. 2015. Pengaruh Bahan Ajar Berorientasi Model Pembelajaran Model Kooperatif Examples Non-Examples Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP N 16 Kerinci. Jurnal Pillar of Physics Education Universitas Negeri Padang, Volume 6 Tahun 2015.

Wahyudi, dan Kriswandani. 2013. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Salatiga: Widya Sari Press

Yensy. B,Nurul Astuty. 2012. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SMP N 1 ARGAMAKMUR. Jurnal Exacta, Vol. X No. 1.

Downloads

Published

2018-12-21

How to Cite

Kusuma, Y. W., Sulianto, J., & Purnamasari, V. (2018). KEEFEKTIFAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PENGUKURAN KELAS. Mimbar Ilmu, 23(2), 167–172. https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16423

Issue

Section

Articles