PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KANCING GEMERINCING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V

Authors

  • I Komang Sucipta undiksha
  • I Gusti Ngurah Japa undiksha
  • I Gede Margunayasa undiskha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16437

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dengan kelompok siswa yang dibelajarkan tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing pada siswa kelas V SD Negeri di Gugus IV Kecamatan Sidemen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan Equivalent post test only kontrol group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri di Gugus IV Kecamatan Sidemen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 3  Sangkan Gunung sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SD Negeri 6 Sangkan Gunung sebagai kelompok kontrol. Penentuan kelompok eksperimen dan kontrol menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data hasil belajar IPA dilakukan dengan metode tes dan instrumen yang digunakan adalah berupa tes objektif pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa thitung(3,65) > ttabel(2,01), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan. Rerata hasil belajar IPA pada kelompok eksperimen yaitu 14,12 dan kelompok kontrol yaitu 9,75. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V Gugus IV Kecamatan Sidemen tahun pelajaran 2017/2018.

 

Kata kunci: hasil belajar, IPA, kancing gemerincing

References

Lie, Anita. 2004. Cooperatif Learning. Cetakan Keempat. Jakarta: PT Grasindo.

Miftahul, Huda. 2011. Cooperative Learning.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Saputra. 2013. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe kancing Gemerincing Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN I Duda Utara. Tersedia pada:

http://ejournal.undiksha.ac.id. Diakses pada tanggal 05 Januari 2017.

Sugianto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sumarta, Putu.2012. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IVB Semester Ganjil SD Mutiara Singaraja Tahun Pelajaran 2012/2013. Tersedia pada: http://ejournal.undiksha.ac.id Diakses pada tanggal 03 Mei 2017.

Yunda, Eka. 2012. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Kancing Gemerincing Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus IVI Kecamatan Tejakula. Tersedia pada:http://ejournal.undiksha.ac.id Diakses pada tanggal 05 Januari 2017.

Downloads

Published

2018-12-21

How to Cite

Sucipta, I. K., Ngurah Japa, I. G., & Margunayasa, I. G. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KANCING GEMERINCING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V. Mimbar Ilmu, 23(3), 208–217. https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16437

Issue

Section

Articles