MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI KARANGROTO 04 SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16494Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan minat belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika SD Negeri Karangroto 04 Semarang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 46 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian mengenai minat belajar matematika pada proses pembelajaran dengan cara pengumpulan data melalui koesioner (angket), wawancara dari guru dan siswa, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini terbukti bahwa minat belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika di SD Negeri Karangroto 04 Semarang menunjukan hasil sebesar 79,3% tergolong kriteria minat belajar Sangat Tinggi.
Kata kunci : Minat Belajar, MatematikaReferences
Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitan Belajar Teori Diagnosis dan Remediasinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ahmadi, Abu. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Anam, Khoirul. 2015. “Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Bani Muqiman Bangkalan”.
Arnie, Fajar. 2009. Portofolio Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalyono, M. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Danarjati, Dwi Prasetia, dkk. 2014. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Djaali. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Djiwandono, Sri Esti Wuryani. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo.
Gunawan, Imam. 2015. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Islamuddin, Haryu. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nurhabib, Hilal. 2015. Analisis Minat Belajar Siswa Kelas IV dalam Proses Pembelajaran Tematik di SD Negeri 3 Brebes.
Prahara, Haris. 2017. “Pada 2020, Tak ada Lagi Pelajaran Matematika di Negeri Ini”. (Online). Tersedia: https://edukasi.kompas.com/read/2017/09/19/13445611/pada-2020-tak-ada-lagi-pelajaran-matematika-di-negara-ini. Diakses pada tanggal 2 Juni 2018 Pukul 08:53.
Jahja, Yudrik. 2013. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
K, Sukada, dkk. 2013. “Kontribusi Minat Belajar, Motivasi Berprestasi Dan Kecerdasan Logis Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa”.
Mahmud. 2012. Psikologi Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Moleong, Lexi J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexi J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rusman. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabbeta.
Sembiring, Rosali dan Mukhtar. 2013. Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan.
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif Dan R&D. Bandung. CV. Alfabeta.
Sujarwo. 2001. Metodologi Penelitian Sosial. Bandar Lampung: CV.Mandar Maju.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syah, Muhibbin. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Widoyoko, Eko Putro. 2015. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zusnani, Ida. 2013. Pendidikan Kepribadian Siswa SD-SMA. Jakarta Selatan: Tugu Publisher
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.