MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI KARANGROTO 04 SEMARANG

Penulis

  • Siti Hidayatus Sholehah Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), FIP, Universitas PGRI Semarang
  • Diana Endah Handayani Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), FIP, Universitas PGRI Semarang
  • Singgih Adhi Prasetyo Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), FIP, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16494

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan minat belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika SD Negeri Karangroto 04 Semarang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 46 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian mengenai minat belajar matematika pada proses pembelajaran dengan cara pengumpulan data melalui koesioner (angket), wawancara dari guru dan siswa, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini terbukti bahwa minat belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika di SD Negeri Karangroto 04 Semarang menunjukan hasil sebesar 79,3% tergolong kriteria minat belajar Sangat Tinggi.

Kata kunci : Minat Belajar, Matematika

Referensi

Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitan Belajar Teori Diagnosis dan Remediasinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ahmadi, Abu. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Anam, Khoirul. 2015. “Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Bani Muqiman Bangkalan”.

Arnie, Fajar. 2009. Portofolio Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalyono, M. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Danarjati, Dwi Prasetia, dkk. 2014. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Djaali. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djiwandono, Sri Esti Wuryani. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo.

Gunawan, Imam. 2015. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Islamuddin, Haryu. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurhabib, Hilal. 2015. Analisis Minat Belajar Siswa Kelas IV dalam Proses Pembelajaran Tematik di SD Negeri 3 Brebes.

Prahara, Haris. 2017. “Pada 2020, Tak ada Lagi Pelajaran Matematika di Negeri Ini”. (Online). Tersedia: https://edukasi.kompas.com/read/2017/09/19/13445611/pada-2020-tak-ada-lagi-pelajaran-matematika-di-negara-ini. Diakses pada tanggal 2 Juni 2018 Pukul 08:53.

Jahja, Yudrik. 2013. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

K, Sukada, dkk. 2013. “Kontribusi Minat Belajar, Motivasi Berprestasi Dan Kecerdasan Logis Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa”.

Mahmud. 2012. Psikologi Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Moleong, Lexi J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexi J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rusman. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabbeta.

Sembiring, Rosali dan Mukhtar. 2013. Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif Dan R&D. Bandung. CV. Alfabeta.

Sujarwo. 2001. Metodologi Penelitian Sosial. Bandar Lampung: CV.Mandar Maju.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syah, Muhibbin. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Widoyoko, Eko Putro. 2015. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zusnani, Ida. 2013. Pendidikan Kepribadian Siswa SD-SMA. Jakarta Selatan: Tugu Publisher

Cara Mengutip

Sholehah, S. H., Handayani, D. E., & Prasetyo, S. A. (2018). MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI KARANGROTO 04 SEMARANG. Mimbar Ilmu, 23(3), 237–244. https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16494

Terbitan

Bagian

Articles