PENGARUH MODEL SFAE BERBASIS PENILAIAN KINERJA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V

Authors

  • Kt Novi Floryantini Jurusan PGSD, FIP, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • Dw. Nyoman Sudana Jurusan PGSD, FIP, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • Md. Sumantri Jurusan PGSD, FIP, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17468

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan keterampilan berbicara antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran SFAE berbasis penilaian kinerja dan siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran SFAE berbasis penilaian kinerja pada siswa kelas V di SDN Gugus XV Kecamatan Buleleng. Jenis peneltian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SDN Gugus XV Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 231 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas V SDN 3 Anturan yang berjumlah 29 siswa dan siswa kelas V SD N 1 Anturan  yang berjumlah 23 siswa. Data hasil keterampilan berbicara dikumpulkan dengan metode tes yaitu tes keterampilan berbicara yang dinilai dengan rubrik penilaian kinerja. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berbicara antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran SFAE   berbasis penilaian kinerja dan siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran SFAE   berbasis penilaian kinerja dengan thit= 6,022 > ttab= 2,021. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan nilai rata-rata kedua kelas, yaitu kelas eksperimen = 19,31 > kelas kontrol = 14,78. Berdasarkan hasil uji-t dan didukung oleh perbedaan nilai rata-rata kedua kelas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh  model pembelajaran  SFAE berbasis penilaian kinerja terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD Gugus XV Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2017/2018.

 

Kata kunci: SFAE, penilaian kinerja, keterampilan berbicara

References

Agustina. Wuri. 20011. Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) Pada Mata Pelajaran IPS Sub Mata Pelajaran Ekonomi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Malang. Malang: Jurnal UM (http://library.um.ac.id/ptk/index.php?mod=detail&id=49717).

Anni, Catharina Tri,dkk. 2006. Psikolog iBelajar. Semarang: UPT MKK UNNES.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

. 2007. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT . Bumi Aksara.

Daryanto. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta:PT Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Ibrahim & Nana Syaodih. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Karim, Saeful, dkk. 2008. Belajar IPA: membuka cakrawala alam sekitar 2 untuk kelas VIII/ SMP/MTs. Jakarta: Pusat Perbukuan.63 Kurniawan, Ifan. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Metode Student Facilitator And Explaining Pada Standar Kompetensi Menjelaskan Dasar-Dasar Sinyal Video di SMK Negeri 5 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro » Vol 1 Nomer 2 (2012).

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran : Kata Pena.

Lara, Sonia & Repáraz, Chario. 2005. Effectiveness of cooperative learning fostered by working with WebQuest. Spanyol: University of Navarra.

Mulyasa. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Prafitalia, Anisah. 2011. Penerapan Strategi Student Facilitator and Explaining dalam Meningkatkan Keaktifan dan Pemahaman Siswa Kelas VIII-D pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Pasisiran. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.

Purwanto, M. Ngalim. 2004. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rahman, Abdur. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standart Kompetensi Menafsirkan Gambar Teknik Listrik SMKN 2 Pamekasan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro » Vol 1 Nomer 2 (2012)

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Saraswati. Yeni. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Student Facilitator and Explaining (SFAE) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Fisika dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Singosari.64 Malang: Jurnal UM (http://fisika.um.ac.id/index.php/abstrak-skripsi-mahasiswa/122-yeni-saraswati.html)

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode PenelitianPendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suprijono. 2009. Cooperative Learning (Teori & Aplikasi PAIKEM). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suryabrata, Sumadi. 2006. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suwandi, Sarwiji. 2011. Model-model Asesmen dalam Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Tim MGMP IPA Fisika. 2012. LKS IPA Fisika. Semarang: Perusda.

Tirtarahardja, Umar & La Sulo, S. L. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Trianto.(2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstuktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wiradnyana, Ananta dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematikan Siswa kelas V. Volume 2.

Wiyanto. 2008. Menyiapkan Guru Sains. Semarang: Unnes Press.

Downloads

How to Cite

Floryantini, K. N., Sudana, D. N., & Sumantri, M. (2019). PENGARUH MODEL SFAE BERBASIS PENILAIAN KINERJA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V. Mimbar Ilmu, 24(1), 114–123. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17468

Issue

Section

Articles