PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERORIENTASI TRI HITA KARANA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Authors

  • Ni Putu Tiarini Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja
  • Nyoman Dantes Jurusan Bimbingan Konseling, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja
  • Kadek Yudiana Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21422

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain Non-equivalen Post-test Only Control Group Desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SDN Gugus IV Kecamatan Banjar Tahun Pelajaran 2018/2019 berjumlah 139 siswa. Sampel pada penelitian ini diambil menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode tes. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial uji-t independent (dengan beberapa asumsi terpenuhi). Berdasarkan ringkasan hasil Uji hipotesis dengan uji t berbantuan SPSS 25.0, diperoleh hasil bahwa signifikasi hasil belajar 0,002 < 0,05, ini berarti bahwa terdapat perbedaan model pembelajaran Problem Based Learning berorientasi Tri Hita Karana terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V semester II Gugus IV Kecamatan Banjar Tahun Pelajaran 2018/2019.

 

Kata-kata kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar IPA, Tri Hita Karana

References

Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung : Refika Aditama.

Agung, A. A G. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Aditya Media Publishing.

Agung, A. A. G. 2015. Statistika Dasar Untuk Pendidikan. Singaraja: Deepublish.

Agung, A. A. G. 2016. Statistika Inferensial. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan.

Aly, Abdullah dan Eni Rahma. 2008. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara.

Bundu, Patta. 2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains SD. Jakarta : Depdiknas.

Candiasa, I Made. 2011. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTESP. Singaraja: Undiksha Press.

Dantes, Nyoman. 2017. Desain Eksperimen Dan Analisis Data. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Darmojo, Hendro dan J.R.F.Kaligis. 1992. Pendidikan IPA II. Jakarta : Depdikbud, Dirjen Dikti Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Dewana, Aditya. 2017. “Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan. Tersedia pada https://media.neliti. com/media/publications/210452-none.pdf. Diakses pada 14 Februari 2019.

Dewi, N.M.J., D.K.N.S.Putra, dan N. Ganing. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Animasi terhadap Hasil Belajar IPA”. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 5, No.2. Tersedia pada https://ejournal.undiksha. ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10657/6780. Diakses pada 14 Februari 2019.

Iskandar, Srini M. 1997. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : DIKTI.

Jayadiningrat, Made Gautama, and Emirensia K. Ati. "Peningkatan Keterampilan Memecahkan Masalah Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Mata Pelajaran Kimia." Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia 2.1 (2018): 1-7.

Koentjaraningrat. 1993. Metode-metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual. Bandung : Refika Aditama.

Kurniasih, Imas. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Surabaya : Kata Pena.

Martini, Sri. 2017. “Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 42 Pontianak Kota”. Jurnal Pendidikan dan

Rasana, Raka. 2009. Model-model Pembelajaran. Laporan Sabbatical Leave. Singaraja: Undiksha.

Sani, R. A. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. PT Bumi Aksara, Jakarta.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Sandar Poses Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Sawab, Baqiyatus. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MI Mathla’ul Anwarsindang Sari Lampung Selatan”. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. tersedia pada http://repository.radenintan.ac.id /1542/1/SKRIPSI_BAQIYATUS_SAWAB.pdf. Diakses pada 14 Februari 2019.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Sudjana, N. 2010. Dasar-dasar Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu (konsep, strategi, dan implementasinya dalam KTSP). PT Bumi Aksara, Jakarta.

Wiana, Ketut. 2007. Cara Belajar Agama Hindu yang Baik. Denpasar : Yayasan Dharma Narada.

Windia,W.dan Dewi, R.K. 2011. Analisis Bisnis Berlandaskan Tri Hita Karana. Denpasar: Udayana University Prees.

Wijayanti, Ni Luh Gede Suryani. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Pengendalian Kecerdasan Logis Matematis pada Siswa Kelas VI SD Negeri di Gugus Mayor Metra Kecamatan Denpasar Utara”. Tesis (tidak diterbitkan). Pendidikan Dasar, Pascasarjana, UNDIKSHA Singaraja.

Wonorahardjo, Surjani. 2010. Dasar-Dasar Sains. Jakarta : Indeks.

Yamin, Martinis. 2013. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta : GP Press Group.

Sriwati,Ni. Luh. Gede. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Bebantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak. e-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 2, No. 1.

Welle,Deutsche. 2017. Rangking Pendidikan Negara-Negara Asean. http://www.dw.com/id/rangking-pendidikan-negara-negara-asean/g-37594464/ (1 Desember 2017).

Downloads

How to Cite

Tiarini, N. P., Dantes, N., & Yudiana, K. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERORIENTASI TRI HITA KARANA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. Mimbar Ilmu, 24(3), 299–309. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21422

Issue

Section

Articles