Kontribusi Gaya Belajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Authors

  • L. G. Ika Yuliastini
  • I K. Ngurah Wiyasa
  • I. B. Surya Manuaba

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24471

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan gaya belajar dan motivasi berprestasi terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Denpasar Timur Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto, dengan jenis studi korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Denpasar Timur Tahun Ajaran 2018/2019 sebanyak 214 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dengan taraf signifikan 5% sehingga diperoleh sampel dengan jumlah 135 siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan metode nontes yaitu dengan instrumen dalam bentuk angket gaya belajar dan motivasi berprestasi. Sedangkan data kompetensi pengetahuan IPA diperoleh dari pencatatan dokumen. Terdapat empat uji prasyarat pada penelitian ini. Data hasil penelitian dianalisis dengan metode analisis regresi linier sederhana dan analisis linier ganda. Hasil analisis regresi ganda diperoleh Fhitung = 9,30 > Ftabel = 3,07. Ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan gaya belajar dan motivasi berprestasi terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Denpasar Timur Tahun Ajaran 2018/2019. Hasil analisis diperoleh R2 = 0,123 dan kontribusinya sebesar 12,3%. Ini menunjukkan bahwa tidak hanya gaya belajar dan motivasi berprestasi yang mempengaruhi kompetensi pengetahuan IPA, namun terdapat faktor lain dari dalam maupun luar diri siswa yang mempengaruhi kompetensi pengetahuan IPA sebesar 87,7%.  Dapat disimpulkan bahwa terdapat faktor lain dari dalam maupun luar diri pada siswa kelas V SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Denpasar Timur Tahun Ajaran 2018/2019.

References

Agung, A.A Gede. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A.A Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Aditya Media Publishing.

Agung, A.A Gede. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Bire, Josua, dkk. 2014. Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Kupang: Universitas Nusa Cendana.

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: ANDI.

Deporter, Bobbi dan Mike Hernacki. 2016. Quantum Learning. Bandung: Penerbit Kaifa.

Djaali, H. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jihad, Asep. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kosasih, E. 2016. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Kurniasih dan Berlin Sani. 2016. Revisi Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2016. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Pujiarti, Amin. 2013. Hubungan Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Percobaan 4 Wates Kulon Progo Tahun Ajaran 2012/2013. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Tersedia pada https://eprints.uny.ac.id/15771/1/SKRIPSI%20AMIN%2009108241017%20PDF.pdf (diakses tanggal 8 September 2013).

Setyosari, H. Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sulistyarini, Rahmawati Kartika. 2013. Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Negeri Celep 5 Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tersedia pada http://eprints.ums.ac.id/24391/12/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf (diakses tahun 2013).

Supardi. 2016. Konsep Baru Statistika yang Lebih Komprehensif. Jakarta: Change Publication.

Supardi. 2017. Statistik Penelitian Pendidikan. Depok: Rajawali Pers.

Suryaningsih. 2015. Korelasi Motivasi Berprestasi dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Se-Gugus 4 Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2014/2015. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Tesedia pada https://eprints.uny.ac.id/20158/1/Suryaningsih_11108241078.pdf (diakses tanggal 5 Juni 2015).

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Susanto, Ahmad. 2018. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Ulfa, Mareta. 2017. Hubungan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V SD Negeri 10 Metro Timur. Bandar Lampung: Universitas Lampung. Tersedia pada http://digilib.unila.ac.id/27248/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf (diakses tahun 2017).

Uno, Hamzah B. 2016. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

UU RI 2003.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.

Wisudawati, Asih Widi dan Eka Sulistyowati. 2015. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Yaumi, Muhammad. 2013. Prinsip – Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2020-04-20

How to Cite

Yuliastini, L. G. I., Wiyasa, I. K. N., & Manuaba, I. B. S. (2020). Kontribusi Gaya Belajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar Ilmu, 25(1), 11–19. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24471

Issue

Section

Articles