Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Penilaian Portofolio Terhadap Literasi Sains

Authors

  • L. D. Anggreni
  • I N. Jampel
  • K.S Diputra

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24475

Abstract

Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning berbantuan penilaian portofolio terhadap literasi Sains siswa kelas V SD Gugus IV Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Gugus IV Kecamatan Sawan yang berjumlah 164 orang. Sampel penelitian ini adalah kelas V SDN 1 Bungkulan yang berjumlah 21 orang dan kelas V SDN 4 Bungkulan yang berjumlah 21 orang. Data dikumpulkan dengan instrumen tes literasi sains. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis, diperoleh thitung =12,27  >ttabel = 2, 021. Hal ini berarti diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan literasi sains antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model Project Based Learning berbantuan penilaian portofolio dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model Project Based Learning berbantuan penilaian portofolio. Dari rata-rata hitung, diketahui rata-rata hitung kelompok eksperimen adalah 41, 52 dan rata-rata hitung kelompok kontrol adalah 29, 62. Hal ini berarti rata-rata hitung eksperimen lebih besar rata-rata hitung kelompok kontrol, sehingga dapat disimpulkan penerapan model Project Based Learning berbantuan penilaian portofolio berpengaruh terhadap literasi Sains siswa kelas V SD Gugus IV Kecamatan Sawan.

References

Aqil, D. A. 2017. “Literasi Sains Sebagai Konsep Pembelajaran Buku Ajar Biologi di Sekolah”. Jurnal Pemikiran, Penelitian Pendidikan dan Sains.Vol.5, No.2.

Arikunto, S. 2016. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Astutik, S. 2019. “Pengaruh Model Colaborative Creativity (CC) Terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Hasil Belajar Fisika Siswa di SMA”. Saintifika.Vol.21, No.21.

Candiasa. 2011. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Undiksha Press.

Dharsana, K. 2014. “Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar, Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Berbantuan Penilaian Portofolio Melalui Lesson Study Bermuatan Nilai Kearifan Lokal dan Enterpreneurship Pada Mata Kuliah Pengembangan Pribadi Konselor di Jurusan BK FIP Undiksha”. Seminar Nasional Riset Inovatif.

Fatmala, S., A., 2017.“Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SD Kelas V Pada Materi Peristiwa Alam”.Jurnal Pena Ilmiah. Vol. 2, No.1.

Fitariya, F. 2018. “Meningkatkan Literasi Sains di SDN Sidokumpul Dengan Metode Experimen”. Jurnal PGSD Universitas Muhamadyah Sidoarjo.

Mulyadi, Eko. 2015. “Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK”. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Volume 22, Nomor 4.

OECD. 2016. Programme for International Student Assesment (PISA) Result From PISA 2015. Paris: OECD.

Redhana, I.W. 2019. “Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia”.Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Vol.13, No.1.

Shofiyah, N.2015. “Deskripsi Literasi Sains Awal Mahasiswa Pendidikan IPA Pada Konsep IPA”. Journal Pedagogia.Vol.4, No.2.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Wulandari, Y. 2018. “Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas V MIN 38 Aceh Besar”. Prosiding Seminar Nasional Biotik.

Downloads

Published

2020-04-20

How to Cite

Anggreni, L. D., Jampel, I. N., & Diputra, K. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Penilaian Portofolio Terhadap Literasi Sains. Mimbar Ilmu, 25(1), 41–52. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24475

Issue

Section

Articles