Penerapan Model Pembelajaran Think-Talk-Write Untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Ciri-Ciri Kebahasaan Teks Cerita Ulang Biografi

Authors

  • Kentarsih Rabawati

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24771

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam memahami ciri-ciri kebahasaan pada teks cerita ulang biografi siswa kelas X RPL 1 SMK Negeri 1 Denpasar. Beranjak dari hal tersebut maka peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Think-Talk-Write untuk meningkatkan kemampuan memahami ciri-ciri kebahasaan pada teks cerita ulang biografi. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dalam meningkatkan kemampuan memahami ciri-ciri kebahasaan teks cerita ulang biografi pada siswa kelas X RPL 1 SMK Negeri 1  Denpasar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode observasi, sedangkan metode pengolahan datanya menggunakan metode statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data terlihat adanya peningkatan hasil belajar siswa dari tahap ke tahap. Pada refleksi awal hasil nilai rata-rata yang diperoleh 64,44, pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebanyak 82,92, sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 90,69. Sedangkan hasil respon siswa Pada siklus I rata-rata respon sebesar 78,75 dengan persentase siswa yang responnya baik sebesar 55,56%, sedangkan pada siklus II skor rata-rata respon siswa sebesar 91,25 dengan persentase siswa yang responnya baik sebesar 100%. Jadi, bahwa penerapan model pembelajaran Think-Talk-Write dapat meningkatkan kemampuan memahami ciri-ciri kebahasaan dalam teks cerita ulang biografi siswa kelas X RPL 1 SMK Negeri 1 Denpasar

References

Abrar, Ana Nandhya. 2010. Bagaimana Menulis Biografi Perspektif Jurnalisme. Yogyakarta: CV. Emerson.

Alwi, Hasan, dkk. 1998. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (Edisi Ketiga) Jakarta: Balai Pustaka.

Andriani, Putri Dewi. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan. Jurnal DIdaktika Dwija Indria Volume 4 Nomor 7.

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Chaer, Abdul. 2008. Morfologi Bahasa Indonesia:Pendekatan Proses. Jakarta: Rineka Cipta

Helmiati. 2013. Microteaching (Melatih Keterampilan Dasar Mengajar).Yogyakarta: Aswja Perssindo.

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Minarsih Lian dan Made Putra. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Media Tape Recorder Terhadap Keterampilan Berbicara. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran.Volume 3 No 1 Tahun 2020 halaman 35-42. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/24359/14727.

Nurkancana, Wayan dan PPN. Sumartana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sagala, syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Septiani, Amalia, dkk. 2018. Penerapan Metode Think Talk Write Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Hasil Belajar Tema Daerah Tempat Tinggalku Siswa Kelas 4 SDN Tegalrejo 01. Jurnal Kalam Cendekia, Volume 6, Nomor 3.1, hlm. 11 – 15.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwarna, 2014. EYD Pedoman Berbahasa Indonesia Untuk Warga Negara. Jakarta: Limas

Downloads

Published

2020-05-08

How to Cite

Rabawati, K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Think-Talk-Write Untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Ciri-Ciri Kebahasaan Teks Cerita Ulang Biografi. Mimbar Ilmu, 25(1), 141–148. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24771

Issue

Section

Articles