Interpersonal Intelligence dan Kreativitas Berpengaruh Terhadap Keterampilan Menulis Puisi

Authors

  • N. Kd. Nina Dwi Cahyanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • M. G. Rini Kristiantari

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25162

Abstract

Rendahnya hasil keterampilan puisi siswa disebabkan karena siswa belum memahami bahwa dengan berinteraksi sosial secara optimal dapat memperoleh ide-ide yang dapat dituangkan dalam bentuk puisi sesuai dengan kreativitas sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan interpersonal intelligence dan kreativitas terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD yang berjumlah 208 orang siswa. Sampel ditetapkan dari populasi menggunakan teknik proportional random sampling. Jumlah sampel dari penelitian ini adalah 136 orang siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes penugasan dan metode non tes. Analisis data yang digunakan yaitu dengan teknik analisis regresi linier sederhana dan teknik analisis regresi linier ganda setelah semua uji prasyarat terpenuhi. Berdasarkan hasil analisis yang terlah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa, interpersonal intelligence berpengaruh terhadap keterampilan menulis puisi dibuktikan berdasarkan nilai Fhitung = 4,06 > Ftabel = 3,91 dan pengaruhnya sebesar 3,5%, kreativitas berpengaruh terhadap keterampilan menulis puisi dibuktikan berdasarkan nilai Fhitung = 6,88 > Ftabel = 3,91 dan pengaruhnya sebesar 3,3%, interpersonal intelligence dan kreativitas terhadap keterampilan menulis puisi dibuktikan berdasarkan nilai Fhitung = 3,60 > Ftabel = 3,07 dan pengaruhnya sebesar 6,2%. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah bahwa lingkungan sekolah berperan penting dalam pembentukan interpersonal intelligence yang positif dan peningkatan kreativitas yang dimiliki oleh siswa, karena lingkungan yang mengajarkan siswa sebagai individu untuk mengembangkan minat dan bakatnya sesuai kemampuan yang dimilikinya.

References

Afifah, M. (2019). Korelasi Kecerdasan Interpersonal, Intrapersonal dan Kecerdasan Emosi Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Ponorogo. Muslim Heritage, Vol.3, No.

Agustini, A., Awang, I. S., & Parida, L. (2019). Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik di Sekolah Dasar. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10(2), 120–128. https://doi.org/10.31932/ve.v10i2.519

Amstrong, T. (2009). Setiap Anak Cerdas. Terj. Rina Buntaran. Gramedia Pustaka Utama.

Aziz, R. (2018). Creative Learning. Edulitera.

Booty. (2018). Hubungan Kreativitas Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Mi Ma’had Islamy Palembang. JIP(Jurnal Ilmiah PGMI), Vol. 4 No.1

Danang, W. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas V SD Negeri Suryodiningratan 2. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 514–523. journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/download/2061/1762

Deden Ardiansyah, S., & Suryana, Y. (2018). Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Menggunakan Teknik Pancingan Kata Kunci di Kelas. In All rights reserved (Vol. 5, Issue 1). http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Fitriana, M., Hasibuan, & Trijaya. (2017). Meningkatkan Kreativitas dan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Materi Persegi dan Persegi Panjang. Jurnal Mantik Penusa, 1(2), 70–75.

Gustina, H., & Pebriana, Z. (n.d.). Nomor 1 Tahun 2019 Halaman 12-25 JURNAL PENDIDIKAN dan KONSELING Research & Learning in Faculty of Education (Vol. 1).

Hosnan. (2017). Pengembangan Kreativitas Siswa Dalam Proses Pembelajaran di Kelas V SD Negeri 3 Rokan IV Koto. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial,Sains Dan Humoniora, 3.

Jaenudin, R. (2016). Analisis Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik Pada Pembelajaran Ekonomi di Kelas X SMA Negeri 2 Tanjung Raja. Jurnal Profit, Vol. 3 No.

Jaya, S. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Media Gambar Siswa Kelas X.1 SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Bahasa, Sastra Dan Pembelajaran, Vol. 1 No.1

Juniarti, Y. (2018). Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Melalui Media Celemek Pintar. Jurnal Audi, UNISRI. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud

Kanza, V., Kurniaman, O., & Witri, G. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Dua Dimensi Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas V SD Negeri 161 Pekanbaru PGSD FKIP Universitas Riau. PAJAR, Vol.2 No.6(Universitas Riau).

Kartikosari, R., & Setyawan, I. (2018). Hubungan Kecerdasan Interpersonal Dengan Intensi Perundungan Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama H . Isriati Semarang. 7(April), 182–188.

Komaidi, D. (2011). Panduan Lengkap Menulis Kreatif Teori dan Praktek. Sabda Media.

Laeli. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Keindahan Alam Menggunakan Metode Partisipatori Dengan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi

Monawati. (2015). Hubungan Antara Kecerdasan Interpersonal Dengan Prestasi Belajar. Jurnal Pesona Dasar, 3 No.3.

Muhammad, Azis, A. A., & Ngitung, R. (2018). Hubungan Kecerdasan Naturalistik, Kecerdasan Interpersonal dan Kecerdasan Intrapersonal dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Makassar. UNM Journal of Biological Education, 2.

Mukti, D. F. (2019). Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Kontekstual di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Vol.2 No.

Mulyati, S. N. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Bebas Dengan Menggunakan Media Audio Visual. E-Jurnal Literasi, 1 No.1.

Nurgiyantoro, B. (2009). Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. BPFE.

Nurgiyantoro, B. (2018). Sastra Anak. Gadjah Mada University Press.

Nurtika, E. (2018). Analisis Perkembangan Kecerdasan Interpersonal Anak dengan Metode Bermain Peran. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, Vol. 2 No.

Safaria, T. (2005). Interpersonal Intelligence Metode Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak. Amara Books.

Salamah, E. R. (2017). Media Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Anak. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 6(1), 43. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.616

Sholeh, K. (2016). Kecerdasan Majemuk Berorientasi Pada Partisipasi Peserta Didik. Pustaka Pelajar.

Sri Defi, R., & Hana Pebriana, P. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Model Active Learning Teknik Card Sort Kelas V SDTI 030 Batu Belah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 1 No. 1.

Sukma, E. (n.d.). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V Sd Negeri Sumbersari Iii Malang Dengan Strategi Pemetaan Pikiran (Vol.3).

Sulkifli. (2016). Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri Satu Atap 3 Langgikima Kabupaten Konawe Utara.

Tahir, T., & Marniati, M. (2018). Pengaruh Kreativitas terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa ditinjau dari Jenis Kelamin (Studi Kasus di MAN 1 Kolaka). Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 279. https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.656

Wahyuni, T. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Kartu Kata Bagi Siswa SMP Negeri 1 Jumo Temanggung. https://panjiamboro.wordpress.com

Wicaksono, A., Worowirastri Ekowati, D., Muhammadiyah Malang, U., & Purwantoro, S. (n.d.). Modifikasi Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV SDN Purwantoro 2 Malang. TIRU.

Windyarini, S. (2019). Pembelajaran Berbasis Konteks & Kreativitas. Deepublish Publisher.

Zamhuri, A. (2017). Pengaruh Kreativitas Siswa dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SMAN se Kecamatan Xiii Koto Kampar Kabupaten Kampar. In Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 6).

Downloads

Published

2020-09-27

How to Cite

Cahyanti, N. K. N. D., & Kristiantari, M. G. R. (2020). Interpersonal Intelligence dan Kreativitas Berpengaruh Terhadap Keterampilan Menulis Puisi. Mimbar Ilmu, 25(2), 187–198. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25162

Issue

Section

Articles