Kesiapan Psikologis Guru Tk di Bali Menerima Anak Berkebutuhan Khusus di Kelas

Authors

  • Putu Rahayu Ujianti Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.28664

Abstract

Kurang maksimalnya proses pembelajaran disebabkan karena guru belum memahami karakteristik anak berkebutuhan khusus serta belum memahami program inklusi dan mendesain pembelajaran yang baik. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis kesiapan guru menerima anak usia dini berkebutuhan khusus di kelasnya, dan faktor-faktor psikologis yang mempengaruhi kesiapan tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif dengan sampel 94 orang guru TK dari 23 sekolah, 8 orang diantaranya secara sukarela berpartisipasi dalam diskusi kelompok terarah untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioer. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan teknik analisis tematik. Hasil penelitian ini adalah para guru belum memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk mendeteksi, melakukan asesmen dan menciptakan lingkungan belajar yang memadai dan sesuai untuk anak usia dini berkebutuhan khusus, namun guru memiliki sikap positif dan bersedia menerima anak berkebutuhan belajar di kelasnya. Implikasi penelitian ini yaitu guru hendaknya selalu memperhatikan kesiapan psikologi siswa karena akan mempengaruhi keberhasilan pembelajaran.

 

 

References

Amka. (2019). Pendidikan Inklusif Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus Di Kalimantan Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1234

Astuti. (2017). Penerapan Pembelajaran Bilingual di TK Inklusi. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24235/awlady.v3i2.1540

Avramidis, E., & Norwich, B. (2002). Teachers’ Attitudes towards Integration/Inclusion: a Review of the Literature. Journal of Special Needs Education, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1080/08856250210129056

Cahyani, N. (2019). Psikodrama untuk Meningkatkan Empati Siswa di Sekolah Inklusif. Inklusi, 6(2), 259. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/ijds.060204

Dewi, P. S. D., Pujianti, P. R., & Magta, M. (2020). Pendidikan Inklusif pada Pembelajaran Taman Kanak-kanak (Studi Kasus pada TK Rare Bali Shool). Jurnal Pendidikan, 8(2). https://doi.org/https://doi.org/10.36232/pendidikan.v8i2.441

Diahwati, R., Hariyono, H., & Hanurawan, F. (2016). Keterampilan Sosial Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal Pendidikan : Teori , Penelitian Dan Pengembangan, 1(8), 1612–1620. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i8.6682

Elliot, S. (2008). The Effect of Teachers’ Attitude Toward Inclusion on the Practice and Success Levels of Children with and without Disabilities in Physical Education. International Journal of Special Education, 23(3). https://doi.org/https://eric.ed.gov/?id=EJ833682

Habibi, N. (2017). The Use of Flashcards in Improving Vocabulary Mastery of Students with Disability. Inklusi Journal Of Disability Studies, 121. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/ijds.040203

Hamidaturrohmah, & Mulyani, T. (2020). Strategi Pembelajaran Jarak Jauh Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sd Inklusi Era Pandemi Covid-19. Elementary: Islamic Teacher Journal, 10(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21043/elementary.v8i2.7907

Hasibuan, H. Y., Syamsuri, S., Santosa, C. A. H. F., & Pamungkas, A. S. (2020). Profil Pembelajaran Matematika pada Anak Berkebutuhan Khusus Ragam Slow Learner di Kelas Inklusif SMP Garuda Cendekia Jakarta. Journal Of Medives: Journal Of Mathematics Education Ikip Veteran Semarang., 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.993.

Kartowagiran, B. (2015). Kinerja Guru Profesional (Guru Pasca Sertifikasi). Jurnal Cakrawala Pendidikan. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.4208

Khayati, N. A., Muna, F., Oktaviani, E. D., Hidayatullah, & Fauzan, A. (2020). Peranan Guru Dalam Pendidikan Inklusif Untuk Pencapaian Program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s). Komunikasi Pendidikan, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.440

Lattu, D. (2012). Peran Guru Bimbingan dan Konseling pada Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30598/jbkt.v2i1.236

Leatherman, J. M., & Niemeyer, J. A. (2005). Teachers’ Attitudes Toward Inclusion: Factors Influencing Classroom Practice. Journal of Early Childhood Teacher Education, 26(1). Retrieved from https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/10901020590918979

Lestari, F. (2015). Metode Guru Bk Dalam Mengatasi Problem Penyesuaian Diri Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Inklusi Journal Of Disability Studies, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.14421/ijds.2206

Mustafa, Murniati, & Niswanto. (2018). Manajemen Sarana Pendidikan Pada Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus Di SDLB YTC Kutablang Kabupaten Bireuen. Jurnal Administrasi Pendidikan, 6(1). Retrieved from http://jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/11733

Nufus, Wulandary, & Wahyuda. (2020). Demokrasi pendidikan: menolak UU pelarangan ganja RI dalam pembelajaran. Jurnal Civic Education, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36412/ce.v4i1.1869.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Olson, J. M. (2003). Special Education and General Education Teacher Attitudes Toward Inclusion. Wisconsin-Stout: University of Wisconsin-Stout.

Praptiningrum. (2010). Fenomena Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif bagi Anak Berkebutuhan Khusus. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.774

Rudiyati, S. (2013). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Inklusif Dalam Penanganan Anak Berkebutuhan Pendidikan Khusus Melalui Pembelajaran Kolaboratif. Cakrawala Pendidikan, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v0i2.1488

Salmah, S., & Tamjidnoor. (2019). Aksesibilitas Pendidikan Bagi Kaum Disabilitas Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) Di Kota Banjarmasin. Al-Banjari: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 18(1). https://doi.org/https://doi.org/10.18592/al-banjari.v18i1.2995

Septianisa, S., & Caninsti, R. (2018). Hubungan Self Efficacy Dengan Burnout Pada Guru Di Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal Psikogenesis, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24854/jps.v4i1.523.

Setianingsih, E. S. (2018). Penerimaan dan Sikap Guru Terhadap Keberadaan Abk Di Sekolah. Jurnal Empati, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.26877/empati.v5i1.2929.

Sinoho, T. (2011). Upaya Menuju Demokratisasi Pendidikan. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.708

Suastariyani, N. K. N., & Tirtayani, L. A. (2019). Survei Persepsi Orang Tua Mengenai Program Paud Inklusidi Kota Denpasar Tahun 2020. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v8i2.25156

Sulistianingsih, & Nurjannah. (2017). Upaya Sekolah Inklusif Smp Tumbuh Yogyakarta Dalam Menciptakan School Well-Being. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 13(2). https://doi.org/https://doi.org/10.14421/hisbah.2016.132-03

Surahman, E., & Mukminan. (2017). Peran guru IPS sebagai pendidik dan pengajar dalam meningkatkan sikap sosial dan tanggung jawab sosial siswa SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/hsjpi.v4i1.8660

Taylor, R. W., & Ringlaben, R. P. (2012). Impacting Pre-service Teachers’ Attitudes toward Inclusion. Higher Education Studies, 2(3). https://doi.org/https://doi.org/10.5539/hes.v2n3p16

Umi, R., Nopriansyah, U., & Purnama, S. (2019). Korelasi kepemimpinan kepala taman kanak-kanak terhadap kinerja kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i1.4552

Widyastono, H. (2007). Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi Bagi Anak Berkelainan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1365. https://doi.org/https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i65.340

Winta, M. V. I., & Pribadi, A. S. (2020). Pelatihan Pemahaman tentang Coping Stress yang Tepat pada Guru Sekolah Inklusi. Jurnal E-DIMAS, 11(4). https://doi.org/https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i4.4477

Yusuf, M. (2012). Kinerja Kepala Sekolah dan Guru dalam Mengimplementasikan Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 18(4). https://doi.org/https://doi.org/10.24832/jpnk.v18i4.96

Downloads

Published

2021-02-15

How to Cite

Ujianti, P. R. (2021). Kesiapan Psikologis Guru Tk di Bali Menerima Anak Berkebutuhan Khusus di Kelas. Mimbar Ilmu, 26(1), 158–166. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.28664

Issue

Section

Articles