Model Team-Based Learning dan Model Problem-Based Learning Secara Daring Berpengaruh terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Authors

  • Emy Dwi Nursulistyo Universitas Sebelas Maret
  • Siswandari Siswandari Universitas Sebelas Maret
  • Jaryanto Jaryanto Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.32321

Abstract

Kemampuan berpikir kritis siswa rendah ditandai dengan siswa dalam memberikan penjelasan sederhana, mempertimbangkan kredibilitas sumber informasi dan memberikan alasan terhadap pengambilan keputusan sesuai dengan persoalan atau fenomena yang dihadapi masih kurang. Siswa kesulitan untuk mengidentifikasi, mempertimbangkan dan mengacu pada suatu asumsi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AKL SMKN I Karanganyar yang terdiri dari 105 siswa. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI AKL I dan XI AKL III yang masing-masing berjumlah 35 siswa dengan menggunakan purposive sample berdasarkan nilai rata-rata pretest. Pengumpulan data menggunakan tes berbentuk essay. Data dianalisis dengan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh penerapan model Team-Based Learning dan model Problem-Based Learning secara daring terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dilihat melalui hasil pengujian Independent Sample T-Test yang menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar menggunakan model Team-Based Learning memiliki rata-rata lebih tinggi 6,52 poin (rata-rata posttest) dibandingkan dengan model Problem-Based Learning yang dilakukan secara daring. Jadi dapat disimpulkan penerapan model Team-Based Learning lebih dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan model Problem-Based Learning.

References

Abdullah, S. M., Psikologi, F., & Mercu, U. (2019). Social Cognitive Theory : https://doi.org/10.24167/psidim.v18i1.1708

Alfi, C., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Geografi Berbasis Masalah Dengan Blended Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i4.6203

Alfiah, A. N., Putra, N. M. D., & Subali, B. (2018). Media Scrapbook Sebagai Jurnal Refleksi untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Regulasi Diri. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(1), 57. https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p57-67

Andrian, & Rusman. (2019). Implementasi Pembelajaran Abad 21 Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20116. 14-23

Angriani, A. D., Bernard, B., Nur, R., & Nurjawahirah, N. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Kooperatif Think-Talk-Write Pada Peserta Didik Kelas Viii1 Mtsn Model Makassar. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 4(1), 11–28. https://doi.org/10.24252/mapan.2016v4n1a2

Anjelina Putri, A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iii Sd. Mimbar Ilmu, 23(1). https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Budiana, Sudana, & Suwatra. (2013). Pengaruh Model Creative Problem Solving ( CPS ) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswapada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.816

Changwong, K., Sukkamart, A., & Sisan, B. (2018). Critical thinking skill development: Analysis of a new learning management model for Thai high schools. Journal of International Studies, 11(2), 37–48. https://doi.org/10.14254/2071

Christensen, J., Harrison, J. L., & Hollindale, J. (2019). Implementing team-based learning ( TBL ) in accounting courses. Accounting Education, 0(0), 1–25. https://doi.org/10.1080/09639284.2018.1535986

Defiyanti, & Sumarni. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Setelah Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik Bermuatan Etnosains. Jurnal Phenomenon Pendidikan MIPA, 9(2), 206–218. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21580/phen.2019.9.2.4200

Diah, & Riyanto. (2016). Problem-Based Learning Model In Biology Education Courses To Develop Inquiry Teaching Competency Of Preservice Teachers. Cakrawala Pendidikan, 35(1), 47–57. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8364

Dwirahayu, G., Kustiawati, D., & Nurmala Nurmala. (2018). Team-Based Learning To Improve Students’ Understanding Of Statistics. Jurnal Pengajaran MIPA, 23(1). https://doi.org/https://doi.org/10.18269/jpmipa.v23i1.11139

Fadlilah, A. N. (2020). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 373. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548

Faslah, R. (2011). Pemanfaatan Internet Dalam Pengembangan Konsep Ips Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bermakna. Econosains Jurnal Online Ekonomi Dan Pendidikan, 9(2), 167–170. https://doi.org/10.21009/econosains.0092.07

Fathiara, A., Badarudin, B., & Muslim, A. H. (2019). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Gemar Membaca Peserta Didik Melalui Model Predict Observe Explain Berbasis Literasi. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 92–101. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v4i2.1863

Fridanianti, A., Purwati, H., Hery Murtianto, Y., Kunci, K., Kritis, B., & Kognitif, G. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Kelas VII SMP Negeri 2 Pangkah Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Kognitif Impulsif (Vol. 9).

Haidet, P., Kubitz, K., & McCormack, W. T. (2014). Analysis of the Team-Based Learning Literature: TBL Comes of Age. Journal on Excellence in College Teaching, 25(3–4), 303–333. Retrieved from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26568668/

Haryati, Y. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 57–63. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v3i2.596

Heriyanti, N. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Perbankan Dasar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Team Based Learning. Jurnal Education and Economics, 1(3). Retrieved from http://jurnal.azharululum.sch.id/index.php/jee/article/view/20

Hussin, W. N. T. W., Harun, J., & Shukor, N. A. (2018). Problem Based Learning to Enhance Students Critical Thinking Skill via Online Tools. Asian Social Science, 15(1), 14. https://doi.org/10.5539/ass.v15n1p14

Ikhsan, M., Munzir, S., & Fitria, L. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis dan Metakognisi Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Melalui Pendekatan Problem Solving. Jurnal Aksioma, 6(2), 234–245. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.991

Islam, U., & Walisongo, N. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. 1(2), 151–160.

Istiningrum, A. A. (2017). Peningkatan Self-Regulated Learning Skills Mahasiswa Pada Mata Kuliah Akuntansi Pengantar Melalui Problem-Based Learning. Cakrawala Pendidikan, 36(1), 81–91. https://doi.org/https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/11080/pdf.

Jahro, S., & Ridho, D. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning Menggunakan Media Exe Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kerjasama Siswa Pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Pendidikan Kimia, 7(3), 80–86. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpkim.v7i3.4261

Juraini, J., Taufik, M., & Gunada, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) dengan Metode Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika pada Siswa SMA Negeri 1 Labuapi Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2). https://doi.org/10.29303/jpft.v2i2.293

Luzyawati, L. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma Materi Alat Indera Melalui Model Pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(2), 9. https://doi.org/10.23971/eds.v5i2.732

Marzuki, & Basariah. (2017). The Influence Of Problem-Based Learning And Project Citizen Model In The Civic Education Learning On Student’scritical Thinking Ability And Self Discipline. Cakrawala Pendidikan, 6(3), 382–400. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/14675/pdf.

Maulana, H. A., & Hamidi, M. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Praktik di Pendidikan Vokasi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(2), 224–231. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3443

Mayona, E. L., & Irawati, I. (n.d.). Penerapan Model Team Based Learning Pada Mata Kuliah Pengantar Pengelolaan Pembangunan kompetensi sendiri adalah kurikulum yang dalam proses menyusun struktur keterkaitan antar matakuliah untuk menghasilkan lulusan suatu program studi berbasiskan pada kem. (23), 254–266.

Michaelsen, L. K., Davidson, N., & Major, C. H. (2014). Team-Based Learning Practices and Principles in Comparison With Cooperative Learning and Problem-Based Learning. Teaching in Higher Education, 25, 57–84. Retrieved from https://www.researchgate.net/journal/Teaching-in-Higher-Education-1470-1294

Michaelsen, L. K., & Sweet, M. (2011). Team-Based Learning. (128), 41–51. https://doi.org/10.1002/tl

Nur, S., Pujiastuti, & Rahman. (2016). Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat. Jurnal Saintifik, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31605/saintifik.v2i2.105

Nurhayati, N., Angraeni, L., & Wahyudi, W. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. EDUSAINS, 11(1), 12–20. https://doi.org/10.15408/es.v11i1.7464

Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 129–135. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4763

Putu, N., Pramita, I., Raga, G., Riastini, P. N., Pendidikan, J., Sekolah, G., & Ganesha, U. P. (2014). Pengaruh Model Experiential Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPA Kelas V Kecamatan Sukadana. E-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2609

Rahayuni, G. (2016). Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Pada Pembelajaran Ipa Terpadu Dengan Model Pbm Dan Stm. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(2), 131. https://doi.org/10.30870/jppi.v2i2.926

Rosana. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa. Jurnal Pendidikan Sejarah, 3(1), 34–44. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/candrasangkala.v1i1.746

Silva, A. B. Da, Bispo, A. C. K. de A., Rodriguez, D. G., & Vasquez, F. I. F. (2018). Problem-based learning: A proposal for structuring PBL and its implications for learning among students in an undergraduate management degree program. REGE Revista de Gestão, 25(2), 160–177. https://doi.org/10.1108/REGE-03-2018-030

Sumitro, A. H., Setyosari, P., & Sumarmi. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 12(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i9.9936

Suparni. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Integrasi Interkoneksi. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2). https://doi.org/10.31316/j.derivat.v3i2.716

Swanson, E., McCulley, L. V., Osman, D. J., Scammacca Lewis, N., & Solis, M. (2019). The effect of team-based learning on content knowledge: A meta-analysis. Active Learning in Higher Education, 20(1), 39–50. https://doi.org/10.1177/1469787417731201

Tuzlukova, V., Al-Busaidi, S., & Burns, S. L. (2017). Critical thinking in the language classroom: Teacher beliefs and methods Investigation of the Omani Foundation Program Students’ Transitional Challenges: Focus on Computer Self-Efficacy and English Language Proficiency View project Teachers’ Efficacy beli.

Umbara, I. A. A. P., Sujana, I. W., & Negara, I. G. A. O. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Seri BerpengaruhTerhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(2), 13–25. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v25i2.25154

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462

Waseso, H. P. (2018). Kurikulum 2013 Dalam Prespektif Teori Pembelajaran Konstruktivisme. Ta’lim, 1(1), 59–72. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/ta’lim.v1i1.632

Wulandari, Sudatha, & Simamora. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459

Yaldiz, N., & Bailey, M. (2019). The Effect of Critical Thinking on Making the Right Decisions in the New Venture Process. Procedia Computer Science, 158, 281–286. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.09.053

Downloads

Published

2021-04-05

How to Cite

Nursulistyo, E. D., Siswandari, S., & Jaryanto, J. (2021). Model Team-Based Learning dan Model Problem-Based Learning Secara Daring Berpengaruh terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Mimbar Ilmu, 26(1), 128–137. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.32321

Issue

Section

Articles