Dukungan Keluarga dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Putri Viola Melisa Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • E. D. Putra Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.39317

Keywords:

Prestasi Siswa, Dukungan Keluarga

Abstract

Permasalahan saat ini masih banyak siswa yang memiliki prestasi belajar yang rendah. Salah satu dampak penurunan dari prestasi belajar adalah mendapatkan nilai yang kurang dari KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditetapkan di sekolah sehingga anak harus melakukan remedial untuk memperbaiki nilai sesuai dengan batas yang telah ditetapkan atau tidak lulus Ujian Nasional (UN). Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan dukungan keluarga dengan prestasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif korelatif dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wali murid kelas IV Sekolah Dasar sebanyak 56 orang. Teknik pengambilan sempel menggunakan probability sampling dengan simple random samplin, jadi total sampel yang diambil dalam penelitian sebanyak 49 orang.metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik pengolahan data yaitu editing, coding, tabulasi dan entry. Hasil penelitian menunjukkan dukungan keluarga kategori yang baik sebanyak 23 orang (46,9%) dengan prestasi belajar kategori yang tinggi (memenuhi KKM 16≥77)">  sebanyak 28 orang (57,1%) dari 49 responden dengan tingkat kepercayaan 95%. Maka, terdapat hubungan dukungan keluarga dengan prestasi belajar siswa kelas IV sekolah dasar. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat memberikan dampak terhadap prestasi belajar siswa, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Author Biographies

Putri Viola Melisa, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

E. D. Putra, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Al Hakim, M. F. (2021). Peran guru dan orang tua: Tantangan dan solusi dalam pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 1(1), 23–32. https://doi.org/10.24372/jr.v4i1.19677.

Andel, S. A., de Vreede, T., Spector, P. E., Padmanabhan, B., Singh, V. K., & Vreede, G. J. de. (2020). Do social features help in video-centric online learning platforms? A social presence perspective. Computers in Human Behavior, 113(April), 106505. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106505.

Aslan, A. (2021). Problem- based learning in live online classes: Learning achievement, problem-solving skill, communication skill, and interaction. Computers & Education, 171, 104237. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104237.

Astika, I. W. M., Suwindra, I. N. P., & Mardana, I. B. P. (2018). Hubungan self-efficacy dan self-esteem dengan prestasi belajar fisika siswa di kelas x MIPA SMA Negeri. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 8(2), 77–85. http://dx.doi.org/10.23887/jjpf.v8i2.20642.

Choe, D. (2020). Parents’ and adolescents’ perceptions of parental support as predictors of adolescents’ academic achievement and self-regulated learning. Children and Youth Services Review, 116, 105172. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105172.

Curtis, K., Anicama, C., & Zhou, Q. (2021). Longitudinal relations among school context, school-based parent involvement, and academic achievement of Chinese American children in immigrant families. Journal of School Psychology, 88, 1–17. https://doi.org/10.1016/j.jsp.2021.07.002.

Dong, C., Cao, S., & Li, H. (2020). Young children’s online learning during COVID-19 pandemic: Chinese parents’ beliefs and attitudes. Children and Youth Services Review, 118(August), 105440. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105440.

Fitria, L., & Barseli, M. (2021). Kontribusi Dukungan Keluarga terhadap Motivasi Belajar Anak Broken Home. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(1), 6–9. https://doi.org/10.29210/02697jpgi0005.

Freddy, F., Lestari, S., & Prihartanti, N. (2021). Self-regulated learning sebagai mediator keterlibatan orang tua dan prestasi akademik siswa SMA. Persona, 10(1), 1 – 15. https://doi.org/10.30996/persona.v10i1.4321.

Garbe, A., Ogurlu, U., Logan, N., & Cook, P. (2020). Parents’ Experiences with Remote Education during COVID-19 School Closures. American Journal of Qualitative Research, 4(3), 45–65. https://doi.org/10.29333/ajqr/8471.

Hamdu, G. dan L. A. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 81–86. http://jurnal.upi.edu/file/8-Ghullam_Hamdu.pdf

Hwang, G. J, Wang, S. Y., & Lai, C. L. (2020). Effects of a social regulation-based online learning framework on students’ learning achievements and behaviors in mathematics. Computers and Education, 160. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104031.

Hwang, Gwo Jen, Wang, S. Y., & Lai, C. L. (2020). Effects of a social regulation-based online learning framework on students’ learning achievements and behaviors in mathematics. Computers and Education, 160, 104031. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104031.

Inten, D. N. (2017). Peran Keluarga dalam Menanamkan Literasi Dini pada Anak. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 23–32. https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2689.

Kkese, E. (2020). McGurk effect and audiovisual speech perception in students with learning disabilities exposed to online teaching during the COVID-19 pandemic. Medical Hypotheses, 144(July), 110233. https://doi.org/10.1016/j.mehy.2020.110233.

Kuswariningsih, S. (2016). Korelasi Kebiasaan Belajar, Kreatifitas Belajar dan Prestasi Belajar IPS. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 10(3), 389–395. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/view/1690/1367.

Lage-Cala, S., Folgueras-Díaza, M. B., Alonso-Hidalgoa, M., García-Menéndezb, D., & Fernández-Garcíab, F. J. (2020). Investigation of the effectiveness of online learning tools for energy performance certificates preparation. Energy Reports, 6, 609–614. https://doi.org/10.1016/j.egyr.2019.09.034.

Lestari, A., Ma’wiyah, N., & Ihsan, M. (2020). Kontribusi Dukungan Keluarga dan Teman Bergaul Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Dengan Memperhatikan Intensitas Belajar. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 51–60. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i1.1318.

Mariyana, D. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar IPA tentang Tata Surya melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) bagi Peserta Didik Kelas VI Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(4), 787–792. https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.54403.

Nur, A. S. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Konsep Diri, dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri di kota Merauke. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 89 – 96. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i2.2067.

Perceka, A. L. (2020). Hubungan Motivasi Dan Dukungan Keluarga Dengan Keinginan Mahasiswa S1 Keperawatan Semester 8 Untuk Meneruskan Program Profesi Ners Di Stikes Karsa Husada Garut. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(4), 1. http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v4i1.23063.

Rahmadianti, N. (2020). Pemahaman Orang Tua Mengenai Urgensi Bermain Dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 4(1), 57–64. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i1.717.

Rizki, S. D., Susilawati, & Mariam, I. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Prestasi Belajar Anak Usia Sekolah Dasar Kelas II dan III. Jurnal Keperawatan, 8(1), 74–84. https://media.neliti.com/media/publications/137978-ID.

Rusli, R., Rahman, A., & Abdullah, H. (2020). Student perception data on online learning using heutagogy approach in the Faculty of Mathematics and Natural Sciences of Universitas Negeri Makassar, Indonesia. Data in Brief, 29, 105152. https://doi.org/10.1016/j.dib.2020.105152.

Safitri, F., & Yuniwati, C. (2019). Pengaruh Motivasi dan Dukungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Tingkat II Prodi D-III Kebidanan Universitas Ubudiyah Indonesia. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 2(2), 154–161. https://doi.org/10.33143/jhtm.v2i2.248.

Saragih, M., Silitonga, E., Sinaga, T. R., & Mislika, M. (2021). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda, 7(1), 73–77. https://doi.org/10.2411/jikeperawatan.v7i1.49.

Sari, R. S., Rianti, Lutbis, A. A., & Ismatul Hasanah. (2021). The effect of scheduled routine blood transfusions on learning achievement of children with thalassemia: A study from Tangerang District Indonesia. Enfermería Clínica, 31(2), S443–S446. https://doi.org/10.1016/j.enfcli.2020.09.042.

Sari, T. T. (2020). Self-Efficacy dan Dukungan Keluarga Dalam Keberhasilan Belajar Dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 4(2), 127–136. https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.346.

Saripudin, E., Sari, I., & Mukhtar, M. (2018). Using Macro Flash Animation Media on Motion Material to Improve Learning Achievement for Learning Science in Junior High School. , 4 (1),. Journal of Science Research and Learning, 4(1), 68–75. https://doi.org/10.30870/jppi.v4i1.3316.

Sunarti, S., Rahmawati, S., & Wardani, S. (2016). Pengembangan Game Petualangan “Si Bolang” Sebagai Media Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 58–68. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8365.

Syafa’ati, J. S. N., Sucipto, & Roysa, M. (2021). Analisis Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio, 7(1), 122–128. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.882.

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740.

Yulianti, D., Khanafiyah, S., & Sulistyorini, S. (2016). Inquiry-based science comic physics series integrated with character education. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(1), 38–44. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i1.5787.

Downloads

Published

2021-09-21

How to Cite

Melisa, P. V., & Putra, E. D. (2021). Dukungan Keluarga dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(2), 339–345. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.39317

Issue

Section

Articles