Dampak Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Aplikasi Google Classroom dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

Authors

  • I Gusti Putu Yulianingsih Universitas Pendidikan Ganesha
  • Wahjoedi Wahjoedi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Iwan Swadesi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.45002

Keywords:

STAD, PBL, Motivasi belajar, Google Classroom

Abstract

Rendahnya minat dan motivasi belajar peserta didik sehingga hasil belajar peserta didik kurang tercapai optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar bola basket antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan PBL berbantuan aplikasi google classroom dan motivasi terhadap hasil belajar PJOK. Jenis penelitian ini merupakan true experiment dengan factorial treatment by level 2x2 design. Populasi penelitian seluruh kelas VIII SMP, sampel berjumlah 60 siswa. Penetapan sampel dengan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode tes berupa instrumen kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji analisis Varian (ANAVA) dua jalur dan uji independent samples t-test (uji t). Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar teknik dasar bola basket antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan PBL berbantuan aplikasi google classroom dan  motivasi terhadap hasil belajar PJOK.Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi peserta didik terhadap hasil belajar bola basket. Terdapat perbedaan hasil belajar bola basket antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif STAD dan PBL pada peserta didik yang memiliki motivasi tinggi. Dan terdapat perbedaan hasil belajar bola basket antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif STAD dan PBL pada peserta didik yang memiliki motivasi rendah. Maka, model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan aplikasi google classroom dan model pembelajaran PBL berbantuan aplikasi google classroom dalam pembelajaran bola basket berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.

Author Biographies

I Gusti Putu Yulianingsih, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Olahraga, Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Wahjoedi Wahjoedi, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Olahraga, Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

I Ketut Iwan Swadesi, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Olahraga, Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

References

Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Al-Fikry, I., Yusrizal, Y., & Syukri, M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(1), 17–23. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i1.10776.

Alim, N., Linda, W., Gunawan, F., & Saad, M. S. M. (2019). The Effectiveness of Google Classroom as An Instructional Media: A Case of State Islamic Institute of Kendari, Indonesia. Humanities and Social Sciences Reviews, 7(2), 240–246. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7227.

AlperAslan. (2021). Problem- Based Learning in Live Online Classes: Learning Achievement, Problem-Solving Skill, Communication Skill, and Interaction. Computers & Education, 171, 104237. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104237.

Arditama, E., & Lestari, P. (2020). Obstacles and Challenges of Indonesia’S Micro, Small and Medium Enterprises (UMKM) in Facing the Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(1), 35–46. https://doi.org/10.23887/jpku.v8i3.28610.

Astini, S. N. K. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, 11(2), 13–25. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v11i2.194.

Atmojo, S. E., Muhtarom, T., & Lukitoaji, B. D. (2020). The Level of Self-Regulated Learning and Self-Awareness in Science Learning in The Covid-19 Pandemic Era. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(4), 512–520. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i4.25544.

Choi, E., Lindquist, R., & Song, Y. (2014). Effects of Problem-Based Learning vs.Ttraditional Lecture on Korean Nursing Students’ Critical Thinking, Problem-Solving, and Self-Directed Learning. Nurse Education Today, 34(1), 52–56. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2013.02.012.

Darmiyanti, K. R., Astra, I. K. B., & Satyawan, I. M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Sepak Sila dalam Permainan Sepak Takraw. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(3), 136–145. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.29826.

Effendi, R., Herpratiwi, & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846.

Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71–78. https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.694.

Erly. (2020). Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD): Dampaknya terhadap Motivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.24042/ijsme.v3i1.5960.

Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ssiswa pada Konsep Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 27–35. http://202.4.186.66/JPSI/article/view/8404.

Ferdiansyah, F., Ambiyar, A., Zagoto, M. M., & Putra, I. E. D. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis E Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Matakuliah Media Pembelajaran Musik. KOMPOSISI: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Seni, 21(1), 63–72. https://doi.org/10.24036/komposisi.v21i1.42098.

Hendriana, E. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Gaya Belajar Auditorial terhadap Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendiidikan Dasar Indonesia, 3(1), 1 – 8. https://doi.org/10.26737/jpdi.v3i1.484.

Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/PJKR/article/view/16186.

Herlina, R., & Sibarani, C. G. G. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.24114/jtikp.v3i2.5016.

Hussin, W. N. T. W., Harun, J., & Shukor, N. A. (2018). Problem Based Learning to Enhance Students Critical Thinking Skill via Online Tools. Asian Social Science, 15(1), 14. https://doi.org/10.5539/ass.v15n1p14.

Ikhwati, H., Sudarmin, S., & Parmin, P. (2014). Pengembangan Media Flashcard IPA Terpadu dalam Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Students Teams Achievement Divisions (STAD) Tema Polusi Udara. Unnes Science Education Journal, 3(2). https://doi.org/10.15294/USEJ.V3I2.3344.

Izati, Wahyudi, & Sugiyarti, M. (2018). Project Based Learning Berbasis Literasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik. Jurnal Pendidikan, 3(9), 1122–1127. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i9.11508.

Jumadi, F., Laksana, A. A. N. P., & Prananta, I. G. N. A. C. (2021). Efektivitas Pembelajaran PJOK pada Teknik Dasar Passing Bawah Permainan Bolavoli Melalui Media Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(2), 423–440. https://doi.org/10.5281/zenodo.5027642.

Kesuma, I. N. A. A., Yoda, I. K., & Hidayat, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi terhadap Hasil Belajar PJOK pada Siswa SMP. Jurnal Penjakora, 8(1), 62–70. https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i1.31091.

Khamim, M. (2021). Penerapan Media Online Berbasis Google Classroom dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Pai di Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 2 Ponorogo. Journal of Chemical Information and Modeling, 1, 27. http://etheses.iainponorogo.ac.id/14657/.

Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Ditinjau dari Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 74. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p74-79.

Laksono, Y. S., Ariyanti, G., & Santoso, F. G. I. (2016). Hubungan Minat Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Menggunakan Komik. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(2), 60–64. https://doi.org/10.25273/jems.v1i2.143.

Lestari, K. R. (2013). Model Pembelajaran Koperatif STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Senam Lantai. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Undiksha, 1(1), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/333.

Maharani, N., & Kartini, K. S. (2019a). Penggunaan Google Classroom sebagai Pengembangan Kelas Virtual dalam Keterampilan Pemecahan Masalah Topik Kinematika pada Mahasiswa Jurusan sSstem Komputer. PENDIPA Journal of Science Education, 3(3), 167–173. https://doi.org/10.33369/pendipa.3.3.167-173.

Maharani, N., & Kartini, K. S. (2019b). Penggunaan Google Classroom sebagai Pengembangan Kelas Virtual dalam Keterampilan Pemecahan Masalah Topik Kinematika pada Mahasiswa Jurusan Sistem Komputer. PENDIPA Journal of Science Education, 3(3), 167–173. https://doi.org/10.33369/pendipa.3.3.167-173.

Mandasari, N. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Power Point untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di SDN Pandean Lamper 02 Semarang. Jurnal Paedagogy, 8(3), 328. https://doi.org/10.33394/jp.v8i3.3886.

Marheni, Sujana, & Putra, S. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Kelas V SD No. 8 Padangsambian Denpasar. MIMBAR PGSD, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1438.

Nafi, I., Muakibatul, H., & Mudiono, A. (2016). Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 1(5), 901–904. https://doi.org/10.17977/jp.v1i5.6300.

Nopiani, R., Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2021). E-Modul Interaktif pada Pembelajaran Tematik Tema 6 Subtema 2 Hebatnya Cita-citaku. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2).

Nugroho, S., & Shodikin, A. (2018). Efektivitas Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Komik pada Siswa SD. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 22–32. https://doi.org/10.26594/jmpm.v3i1.1067.

Rahayuningsih, M. (2017). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Akuntansi Jasa dengan Pembelajaran Problem Based Learning. Indonesian Journal of Education and Learning, Vol 1, No, 43–51. https://doi.org/10.31002/ijel.v1i1.438.

Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman Guru PJOK tentang Standar Kompetensi Profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 10. https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15.

Rando, A. R., & Pali, A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Peserta Didik di SD INPRES Ende 14. Mimbar PGSD, 9(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.32983.

Rizal, R. S., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Pembelajaran Daring dengan Model STAD Berbantuan Power Point di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1067–1075. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.873.

Saputro, O. A., & Rayahu, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning ( PjBL ) dan Problem Based Learning ( PBL) Berbantuan Media Monopoli. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 185–193. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.24719.

Setiawan, A. R. (2020). Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.298.

Sunarti, S., & Rachman, D. (2018). The Effectiveness of Flip Classroom with Student Teams-Achievement Divisions (STAD) Method to Teach Reading Viewed from Students’ English Learning Interest. Script Journal: Journal of Linguistic and English Teaching, 3(2), 183. https://doi.org/10.24903/sj.v3i2.246.

Taqwim, R. I., Winarno, M. E., & Roesdiyanto, R. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3), 395. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13303.

Ting, K.-H., Cheng, C.-T., & Ting, H.-Y. (2021). Introducing The Problem/Project Based Learning as A Learning Strategy in University Social Responsibility Program - A Study ofLlocal Revitalization of Coastal Area, Yong-An District of Kaohsiung City. Marine Policy, 131(700), 104546. https://doi.org/10.1016/j.marpol.2021.104546.

Wijayanti, N. P. A., Damayanthi, L. P. E., Sunarya, I. M. G., & Putrama, I. M. (2016). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning pada Mata Pelajaran Simulasi Digital untuk Siswa Kelas X Studi Kasus di SMK Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 184–197. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8526.

Windhiyana, E. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/pip.341.1.

Downloads

Published

2022-04-25

How to Cite

Yulianingsih, I. G. P., Wahjoedi, W., & Swadesi, I. K. I. (2022). Dampak Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Aplikasi Google Classroom dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Mimbar Ilmu, 27(1), 63–71. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.45002

Issue

Section

Articles