KORELASI ANTARA KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DENGAN KOMPETENSI INTI PENGETAHUAN MATEMATIKA SISWA

Authors

  • Ni Luh Desy Asri Antari undiksha
  • I Wyn Sujana undiksha
  • I Nengah Suadnyana undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16419

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi yang signifikan antara kecerdasan logis matematis dengan kompetensi inti pengetahuan matematika siswa kelas V. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto jenis korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus Letkol Wisnu Kecamatan Denpasar Utara Tahun Pelajaran 2017/2018 yang memiliki populasi 340 orang. Penentuan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling dengan taraf signifikan 5% dan diperoleh banyak sampel dari populasi adalah 172 orang. Data diperoleh dari hasiltes uraian kecerdasan logis matematis dan pencatatan dokumen kompetensi inti pengetahuan matematika siswa. Sebagai uji prasyarat adalah uji normalitas sebaran data. Setelah terpenuhi prasyarat tersebut, berikutnya adalah uji hipotesis menggunakan analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis maka = 0,472. Pada taraf signifikan 5% dengan n = 172, maka diperoleh  = 0,148. Karena > = 0,472> 0,148 maka dapat diartikan bahwa  yang berbunyi tidak terdapat korelasi yang signifikan antara kecerdasan logis matematis dengan kompetensi inti pengetahuan matematika siswa kelas V SD Gugus Letkol Wisnu Kecamatan Denpasar Utara ditolak dan  diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara kecerdasan logis matematis dengan kompetensi inti pengetahuan matematika siswa kelas V SD Gugus Letkol Wisnu Kecamatan Denpasar Utara Tahun Pelajaran 2017/2018, dengan arah korelasi positif, artinya semakin tinggi kecerdasan logis matematis maka semakin tinggi pula kompetensi inti pengetahuan matematika yang diperoleh siswa.

 

Kata kunci: kecerdasan logis matematis, kompetensi inti pengetahuan,  matematika

References

Agung, A.A. Gede. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A.A. Gede. 2013. Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A.A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A.A. Gede. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan Edisi Pertama Cetakan Pertama. Yogyakarta: Deepublish.

Amirono dan Daryanto. 2016. Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Armstrong, Thomas. 2013. Kecerdasan Multipel di Dalam Kelas Edisi Ketiga. Jakarta. Indeks

BSNP. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tanggal 23 Mei 2006 Standar Isi. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional

Dantes. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: PT Rajagrafindo Persada

Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Jayantika, I. G. A. N. Trisna. 2013. “Kontribusi Bakat Numerik ,KecerdasanSpasial, dan Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri di Kabupaten Buleleng”, Volume 2, Nomor1.http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/JPM/article/view/81/732

Kamus Besar Bahasa Indonesia daring, dilihat 19 Januari 2018. http://kbbi.kemendikbud.go.id/entri/dokumen/>.

Karso, dkk. 2014. Pendidikan Matematika 1. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Kata Pena.

Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Lestari, Karunia Eka dan Yudhanegara, Mokhammad Ridwan. 2017 Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Musfiqon, H.M. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Netra, I.B. 1974. Statistik Inferensial. Surabaya: Usaha Nasional.

Permendikbud. Nomor 24 Tahun 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran. Pada kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah .Jakarta: Kementerian

Pendidikan dan Kebudayaan.

PP. Nomor 32 Tahun 2013. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Presiden Republik Indonesia

Satyawati, Ni Nyoman Sri Budi. 2011. “Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbasis LKS Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis Pada Siswa Kelas X SMA N 1 Bangli”, Volume 2, Nomor 2http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/JPM/article/view/981/732

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Edisi Keempat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Siregar, Syofian. 2015. Statistika Terapan untuk Perguruan Tinggi Edisi Pertama.

Cetakan Pertama.Jakarta: Prenada Media Group.

Sudijono, Anas. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Sukada, dkk. 2013. “Kontribusi Minat Belajar, Motivasi Berprestasi, dan Kecerdasan Logis Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Kintamani”, Volume 4. http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ap/article/view/697

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sukardi. 2015. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Oprasionalnya. Jakarta: PT Bumi Aksara

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group

Undang-Undang Republik Indonesia no. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, 1990. Jakarta: PT Arnas Duta Jaya.

Wiyani. 2013. Desain Pembelajaran Pendidikan Tata Rancang Pembelajaran Menuju Pencapaian Kompetensi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yusuf, A. Muri. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan Pilar Penyedia Informasidan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. Jakarta: Kecana.

Downloads

Published

2018-12-21

How to Cite

Asri Antari, N. L. D., Sujana, I. W., & Suadnyana, I. N. (2018). KORELASI ANTARA KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DENGAN KOMPETENSI INTI PENGETAHUAN MATEMATIKA SISWA. Mimbar Ilmu, 23(2), 132–141. https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16419

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)