KEEFEKTIFAN MODEL MAKE A MATCH DENGAN MEDIA RORUMAT MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17406Abstract
Peneliti ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektif atau tidaknya model pembelajaran Make a Match dengan media Roda Putar Rumus Matematika terhadap hasil belajar materi Luas Bangun Datar siswa kelas IV SD Negeri Kalibanteng Kidul 03 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen jenis kuantitatif. Penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas IV SD Negeri Kalibanteng Kidul 03 Semarang berjumlah 27 siswa tahun ajaran 2019/2020. Intrumen yang digunakan adalah (1) wawancara untuk mendapatkan informasi tentang kondisi awal siswa serta materi yang akan diajarkan. (2) Dokumentasi mendapatkan dokumen sekolah mengenai nama siswa, jumlah siswa, dan data-data yang diperlukan dalam penelitian dan dokumen pelaksanaan kegiatan pembelajaran selama penelitian. (3) tes untuk mengukur ini untuk mengukur hasil belajar siswa aspek kognitif. Analisis Data menggunakan Teknis analisis data peneliti menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji-t). Uji normalitas digunakan untuk mengetahui kelas tersebut berdistribusi normal atau tidak. Uji Homogenitas Untuk menguji homogenitas varians dari dua kelompok data Uji hipotesis menggunakan uji t-test. Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model Make a Match dengan media Roda Putar Rumus Matematika efektif terhadap hasil belajar materi Luas Bangun Datra kelas IV SDN Kalibanteng Kidul 03 Semarang. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil postest lebih tinggi dari pada pretest selain itu diperkuat dengan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung untuk hasil belajar sebesar 7,168 dan dan ttabel sebesar 1,703 karena thitung (7,168) > ttabel (1,703) maka hal ini menunjukkan bahwa uji t hasil belajar signifikan.
Kata Kunci : Make a Match, Roda Putar Rumus Matematika, Hasil Belajar, Matematika.
References
Aulia, A. 2016.Penerapan Pembelajaran Tanya Jawab dalam bentuk Roda Putar Keberuntungan untuk Meningkatkan hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI diSMP Tajung. http://eprints.radenfatali.ac.id/.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Isrok’atun dan Amalia Rosmala. 2014. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.
Kustiono. 2010. Media Pembelajaran. Semarang: Unnes Press.
————2013. Teori Belajar dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Yogjakarta: Deepublish.
Rusman.2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Keprofesionalan Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Rohmitawati,2008.Matematikaku. http://limas.p4matematikaku.com (diunduh tanggal 14 maret 2019).
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogjakarta: AR-Ruzz Media.
Suherman Ar, Erman, dkk. 2001. Common Text Book ”Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer”. Bandung: JICA.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D).Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. JEAR, Vol. 2, No. 3, Tahun 2018, pp. 240-248 248 JEAR. P-ISSN: 2580-4790 E-ISSN: 2549-3272
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo:Masmedia Buana Pustaka.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Widyaningrum,Ika.2015. Peningkatan Motivasi Belajar IPS menggunakan Metode Make A Match pada siswa kelas VA SD Negeri Golo Yogjakarta. Edisi 15 Th ke IV Agustus 2015 (diunduh 27 september 2018).
Yesiana, P. F. 2016." Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Gugus IV Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2016/2017". Mimbar Pgsd. Volume 6,Nomor 3.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.