Metode Pembelajaran Numbered Head Together secara Online terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.37242Keywords:
NHT, Pembelajaran IPAAbstract
Pelaksanaan pembelajaran pembelajaran jarak jauh ataupun online berlangsung menimbulkan berbagai kendala, di antaranya koneksi internet yang kurang menunjang, rendahnya hasil belajar, dan kesulitan dalam belajar IPA juga disebabkan oleh metode penyampaian guru dalam mengelola pembelajaran yang kurang efektif. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh metode pembelajaran Numbered Head Together secara online terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, metode Quasi Experiment dengan Non-Equivalent Control Group Design. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel sebanyak 62 siswa. Subjek penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas kontrol berjumlah 31 siswa dan kelas eksperimen berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data memakai pre-test serta post-test dengan instrumen penelitian 25 soal pilihan ganda. Metode analisis data memakai uji normalitas Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas Levene test serta uji hipotesis memakai uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan thitung = 7,419 > ttabel = 2,000, sehingga tolak H0 terima H1. Maka, ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran Numbered Head Together secara online memberikan pengaruh terhadap hasil belajarIPA siswa kelas IV.
References
Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development of Learning Videos Based on Problem-Solving Characteristics Of Animals and Their Habitats Contain in Science Subjects On 6th-Grade. Journal of Education, 5(1), 37–47. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314.
Arjuniwati. (2019). Motivasi dan Hasil Belajar melalui Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada Materi Peluang Mata Pelajaran Matematika Kelas XII. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i1.197.
Cahyani, R., & Suyadi, S. (2019). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Ki Hadjar Dewantara. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(4), 219–230. https://doi.org/10.14421/jga.2018.34-01.
Cesari, A. V., Imam, K., & Wahyuni, S. (2016). Penerapan Numbered Head Together dengan Pendekatan Guided Note Taking pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 6(2). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/6538.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89.
Hermanda, N. D., Hariyati, N., Pendidikan, M., Pendidikan, F. I., & Surabaya, U. N. (n.d.). Pengaruh Supervisi Akademik terhadap Keefektifan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi. X, 739–748.
Hisbullah. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar (ke-1). Aksara Timur.
Kristian, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together ( NHT ) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas Iv Sdn 4 Banda Aceh. GENTA MULIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, IX(2), 71–82. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/169/157.
Latifah, N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Sumber Energim melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kartu Arisan pada Siswa Kelas IV. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 4(1), 87–94. https://doi.org/10.32505/azkiya.v4i1.1145.
Maharani, N. (2016). Peningkatan Hasil Belajar PKn melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) bagi Siswa kelas VI SDN 4 Ngraho Kedungtubun Blora Semester 1 tahun 2015/2016. Elementary School 3, 3(2), 195–215. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v3i2.578.
Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Dinamika Pembelajaran di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55.
Muhammad Fikri, Muhammad Zaki Ananda, N. F. (2021). Kendala dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(1), 145–148. https://doi.org/10.37081/ed.v9i1.2290.
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan, 3(2), 64–72. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/22103.
Nurdin, I. (2019). Metodelogi Penelitian Sosial (ke-1). Media Sahabat Cendekia.
Pendy, A., & Mbagh, H. M. (2021). Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada Materi Pokok Relasi dan Fungsi. Jurnal Basicedu, 5(4), 2156–2163. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.542.
Purnama, S., Pitaloka, A., & Maharani, I. P. (2020). The Effectiveness of Somatic , Auditory , Visualization , and Intellectually and Numbered Head Together Learning Models Against Students ’ Mathematical Problem Solving Capabilities. Jurnal Matematika, 3(2), 175–182. https://doi.org/10.24042/djm.
Purwasih, R., & Bernad, M. (2018). Pembelajaran Diskursus Multi Representasi terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Mahasiswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 43. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.13589.
Puspitorini, R., Prodjosantoso, A. K., Subali, B., & Jumadi, J. (2014). Penggunaan Media Komik dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif dan Afektif. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 413–420. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2385.
Putra, Seno Himala. (2019). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Pendekatan Problem Based Learning di Kelas III SD. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, VIII(1), 32–40. https://doi.org/10.31227/osf.io/8qmrp.
Rahayu, R., & Susanto, R. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Guru dan Keterampilan Manajemen Kelas terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 220–229. https://doi.org/10.31932/jpdp.v4i2.178.
Rahma, N. A., & Pujiastuti, H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Matematika pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Cilegon [ The Effectiveness of Mathematics Online Learning During the Covid-19 Pandemic in Cilegon City ]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 5(1), 1. https://doi.org/10.19166/johme.v5i1.3811.
Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Elementary School, 7(2), 297–302. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768.
Sri Wahyuningsih, E. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa (ke-1). DEEPUBLISH.
Sugawara, E., & Nikaido, H. (2014). Properties of AdeABC and AdeIJK Efflux Systems of Acinetobacter Baumannii Compared with Those of the AcrAB-TolC System of Escherichia coli. Antimicrobial Agents and Chemotherapy, 58(12), 7250–7257. https://doi.org/10.1128/AAC.03728-14.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitataif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susilawati, S., & Supriyatno, T. (2020). Online Learning Through WhatsApp Group in Improving Learning Motivation in the Era and Post Pandemic COVID -19. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(6), 852–859. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/vi.
Susilo, Y., & Khabibah, S. (2010). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together ( NHT ) Materi Ajar Perbandingan dan Fungsi Trigonometri pada Siswa Kelas X. MATHEdunesa, 2, 1.
SY, N., Corebima, A., & Susilo, H. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Muara Badak. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(10), 1993—1998-1998. https://doi.org/10.17977/jp.v1i10.7310.
Yenni, R. F. (2016). Penggunaan Metode Numbered Head Together (NHT) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 9(2), 263–267. https://doi.org/10.30870/jppm.v9i2.1006.
Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.