Penggunaan Media Puzzle secara Daring terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.37488Keywords:
Media Puzzle, Hasil Belajar, IPAAbstract
Rendahnya hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran pada pelajaran IPA akibat pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media puzzle dalam pembelajaran secara daring terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu Quasi Experimental design. Jumlah sampel yang diteliti sebanyak 60 siswa dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu 30 siswa sebagai kelas kontrol dan 30 siswa sebagai kelas eksperimen, dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda yang telah divalidasi oleh dosen ahli dengan menggunakan Produck Moment. Uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Uji normalitas dan uji homogenitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dengan SPSS. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Samples T Test diperoleh sebesar 0,000<0,05 maka Ho diterima dan Ha di tolak. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan menggunakan media puzzle pada siswa SD. Media puzzle bisa digunakan sebagai variasi model pembelajaran yang dapat membuat siswa tidak jenuh dan merasa senang mengikuti pembelajaran IPA, sehingga materi yang disampaikan dapat diserap dengan baik dan hasil belajar siswa di atas kriteria ketuntasan minimal yang sudah ditentukan.
References
Agustini, M., Nulhakim, L., & Hakim, Z. R. (2021). Developing A Contextual Learning-Based Audio Visual Media on Material of the Energy Source and Its Change for Four Grade Students at Elementary Schools. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 263–278. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i2.8069.
Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development of Learning Videos Based on Problem-Solving Characteristics of Animals and Their Habitats Contain in Science Subjects on 6th-Grade. Journal of Education, 5(1), 37–47. http://dx.doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314.
Anindita, H., Nuroso, H., & Reffiane, F. (2018). Kefektifan Model Talking Stick Berbantu Media Puzzle terhadap Hasil Belajar IPA Tema “Ekosistem” Kelas V SD. JS (JURNAL SEKOLAH), 3(1), 10–15. https://doi.org/10.24114/js.v3i1.11622.
Audia, C., Yatri, I., Aslam, Mawani, S., & Zulherman. (2020). Development of Smart Card Media for Elementary Students. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1), 1. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012114.
Bahar, & Risnawati. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III. Jurnal Penelitian Dan Penalaran, 9(4), 77–86. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.8446.
Berliana, N., Enawati, E., & Lestari, I. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Chemcrossworld Puzzle terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(9), 2. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/27820/75676578050.
Elan, E., Muiz L, D. A., & Feranis, F. (2017). Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 70. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7168.
Habibi, C. D., & Setyaningtyas, E. W. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Bangun Ruang Kubus dan Balok Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1341–1351. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.620.
Herayanti, L., Habibi, H., & Fuaddunazmi, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pada Matakuliah Fisika Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 210–219. https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13077.
Iwan Falahudin. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Diponegoro Medical Journal (Jurnal Kedokteran Diponegoro), 4, 108.
Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 91–96. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778.
Kharizma Kintan Permata1, R., & Lidinillah, D. A. M. (2017). Media Puzzle Berbasis Tangram dalam Pembelajaran IPS. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 67. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7499.
Kristiana, I., Nurwahyunani, A., & Sulistya Dewi, E. R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Menggunakan Media Puzzle terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Sistem Ekskresi Siswa Kelas Viii Mts N 1 Semarang. Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi, 6(2), 78–92. https://doi.org/10.26877/bioma.v6i2.1740.
Kurnia, V. T., & Damayani, A. T. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Number Head Together ( NHT ) Berbantu Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 192–201. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17772.
Kusumawati, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran IPA dengan Animasi Macromedia Flash Berbasis Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction) di Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 5(02), 263–271. https://doi.org/10.25273/pe.v5i02.289.
Maqfiroh, Khutobah, & Budyawati. (2020). Pengembangan Media MOTIF (Monopoli Edukatif) dalam Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligence. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 64–74.
Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 20–21. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706.
Nurul Husna1, S. A. S., & Halim, A. (2017). Pengembangan Media Puzzle Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 66–71. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/8413/6802.
Pertiwi, I. N., Sumarno, & Dwi, A. (2019). Pengaruh Model Make A Match Berbantu Media Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 7(3), 261–270. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19412.
Purwantoko, Susilo, S. (2010). Kefektifan Pembelajaran dengan Menggunakan Media Puzzle terhadap Pemahaman IPA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6, 123–127.
Puspitasari, & Murda. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran IOC Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPS. Mimbar PGSD Undiksha, 6(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i2.19470.
Puspitorini, R., Prodjosantoso, A. K., Subali, B., & Jumadi, J. (2014). Penggunaan Media Komik dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif dan Afektif. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 413–420. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2385.
Putra, P. (2017). Pendekatan Etnopedagogi dalam Pembelajaran IPA SD / MI. Primary Education Journal (PEJ), 1(1), 17–23. http://pej.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/PEJ/article/view/1.
Putri, D. K., Handayani, M., & Akbar, Z. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Diri terhadap Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 649. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.418.
Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman Guru PJOK tentang Standar Kompetensi Profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 10. https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15.
Renda, N. T., & Jampel, N. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. MIMBAR PGSD, 1(1).
Situmorang, M. A. (2012). Meningkatkan Kemampuan Memahami Wacana melalui Media Pembelajaran Puzzle. Jurnal Bahasa, 1(1), 1. https://doi.org/10.24114/kjb.v1i1.146.
Sri Wahyuni. (2006). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran IPA Berbasis Problem-Based Learning. Program Studi Pendidikan Kimia PMIPA FKIP-UT, 23, 4.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2011). Media Pengajaran (Penggunaan & Pembuatannya) (Sinar Baru). Bandung: Sinar Baru Aglesindo.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Syafitri, A., Amir, H., & Elvinawati. (2019). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dengan Media Ular Tangga dan Media Puzzle di Kelas XI. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 3(2). https://doi.org/10.33369/atp.v3i2.9911.
Wahyuni, I. (2018). Pemilihan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 1(1), 5.
Widayanti, N. M. A. G., Sudarma, I. K., & Suarjana, I. M. (2020). Penerapan Model Make A Match Berbantuan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di SD. MIMBAR PGSD, 2(4), 331–342. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7078.
Widiana, I. W. (2016). Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 147. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154.
Widiyatmoko, F. dan. (2014). Pengembangan Science Comic Berbasis Problem Based Learning sebagai Media Pembelajaran pada Tema Bunyi dan Pendengeran untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2). https://doi.org/10/15294/jpii.v3i2 .3114.
Widya Hastuti. (2017). Pengaruh Media Puzzle terhadap Hasil Belajar IPA Konsep Daur Hidup Makhluk Hidup Murid Kelas IV. Jurnal Penelitian Dan Penalaran, 4(1), 1.
Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88–99. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i1.10289.
Zulfa, E., Nuroso, H., & Reffiane, F. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Terpadu Tipe Sequenced Berbantu Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 18–22. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24938.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.