Evaluasi Implementasi Pembelajaran Daring Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan SMP Se-Bali
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v27i3.55363Keywords:
Evaluasi, Model CIPP, Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan, Covid-19Abstract
Dalam proses pembelajaran daring; baik sebelum saat dan setelahnya, perlu dilakukan evaluasi, sebagai acuan dan dasar penentuan tingkat keberhasilan proses yang dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis evaluasi implementasi pembelajaran daring pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SMP Se-Bali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Pengumpulan datanya menggunakan kuesioner dalam bentuk Google form. Evaluasi program pembelajaran menggunakan Model CIPP (Context, Input, Process, Product). Evaluasi dilakukan pada masa pandemi Covid-19. Berdasarkan data dari 8 Kabupaten dan 1 Ibu Kota Provinsi dengan jumlah respoden 900 orang (Peserta Didik, Guru PJOK dan Pimpinan Sekolah) didapat hasil sebagai berikut: Dari aspek context termasuk dalam kategori baik, berarti peserta didik, guru pjok dan kepala sekolah memahami arah dan kebijakan sekolah baik jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Dari aspek input termasuk dalam kategori baik, berarti penerimaan/input (sumber daya manusia) baik itu dari peserta didik ataupun rekrutmen guru PJOK sudah dilakukan dengan baik dan sesuai dengan kompetensinya masing-masing. secara Proses termasuk dalam kategori baik, berarti evaluasi process menjelaskan gambaran kondisi yang diharapkan atau kondisi aktual yang terjadi dalam lingkungan tersebut. secara Product termasuk dalam kategori baik, berarti pembelajaran daring yang telah dilakukan tepat dan efektif dilihat dari hasil belajar yang diperoleh peserta didik.
References
Adellia, Y., & Prajawinanti, A. (2021). Implementasi Model Evaluasi CIPP Pada Pelaksanaan Program Kelompok Belajar TBM Leshutama Era Pandemi Covid-19. Pustaka Karya: Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 9(2), 14–28. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18592/pk.v9i2.5516. DOI: https://doi.org/10.18592/pk.v9i2.5516
Arifa, F. N. (2020). Tantangan pelaksanaan kebijakan belajar dari rumah dalam masa darurat covid-19. Info Singkat: Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, 7(1), 13–18. https://berkas.dpr.go.id/sipinter/files/sipinter-630-989-20200707165734.pdf.
Assidiqi, M. H., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 298–303. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/601/519.
Astuti, N., Nurhayati, N., Yuhafliza, Y., Nurmina, N., & Isnani, W. (2021). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Daring Di Era New Normal Pada Guru Sma Negeri 2 Dewantara. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 445–457. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/4061.
Desak Made Rai Ningsih. (2020). Pengaruh Metode Kuliah Online Terhadap Tingkat Pemahaman Materi Kuliah Hukum Investasi Pada Mahasiswa Universitas Teknologi Indonesia. Jurnal Pendidikan, 21(2), 104–110. https://doi.org/10.33830/jp.v21i2.840.2020. DOI: https://doi.org/10.33830/jp.v21i2.840.2020
Hanief, Y. N., & Sugito, S. (2015). Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 1(1), 60–73. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.575. DOI: https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.575
Hasan, A., Yasin, S. N. T. M., & Yunus, M. F. M. (2015). A Conceptual Framework for Mechatronics Curriculum Using Stufflebeam CIPP Evaluation Model. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 195, 844–849. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.324. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.324
Indragani, K. D. P., Astika, I. M., & Tantri, A. A. S. (2021). Variasi Mengajar Guru dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 482. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.39865. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.39865
Indrawati, B. (2020). Tantangan dan Peluang Pendidikan Tinggi Dalam Masa dan Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.261. DOI: https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.261
Irawaty, E., Widjaja, E. M., & Sanjaya, J. (2021). Peningkatan Kualitas Belajar Dalam Menghadapi Pembelajaran Daring. Prosiding SENAPENMAS, 985. https://doi.org/10.24912/psenapenmas.v0i0.15131. DOI: https://doi.org/10.24912/psenapenmas.v0i0.15131
Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190–199. https://doi.org/10.5281/zenodo.3892262.
Kurniasari, A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p246-253. DOI: https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p246-253
Kurniawati, E. W. (2021). Evaluasi Program Pendidikan Perspektif Model CIPP (Context, Input, Process, Product). Jurnal GHAITSA Islamic Education Jurnal, Volume 2(1), 24. https://doi.org/19-25. Retrieved from https://siducat.org/index.php/ghaitsa/article/view/168.
Mubai, A., Jalinus, N., Ambiyar, A., Wakhinuddin, W., Abdullah, R., Rizal, F., & Waskito, W. (2021). Implementasi Model Cipp Dalam Evaluasi Kurikulum Pendidikan Teknik Informatika. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1383–1394. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.549. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.549
Nainggolan, A. P., & Manalu, R. B. B. (2021). Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Efektifitas Pembelajaran. Journal Coaching Education Sports, 2(1), 17–30. https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.515. DOI: https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.515
Pratiwi, M., Ridwan, & Waskito. (2019). Evaluasi Teaching Factory Model Cipp. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 414–421. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.22205.
Purwaningsih, H., & Dardjito, H. (2021). Implementation of Cipp Model for Online Learning Evaluation During Covid-19 Pandemic. Getsempena English Education Journal, 8(2), 294–309. https://doi.org/10.46244/geej.v8i2.1394. DOI: https://doi.org/10.46244/geej.v8i2.1394
Puspitasari, N. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan masa pandemi covid 19 pada guru. Magistra: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 11(2). https://doi.org/10.31942/mgs.v11i2.3943. DOI: https://doi.org/10.31942/mgs.v11i2.3943
Rohmah, L., & Muhammad, H. N. (2021). Tingkat Kebugaran Jasmani dan Aktivitas Fisik Siswa Sekolah. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 09(01), 511–519. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/38199.
Sabaniah, S., Ramdhan, D. F., & Rohmah, S. K. (2021). Peran Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah Covid - 19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 43–54. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.77. DOI: https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.77
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Saputra, S. A. (2020). Menjaga Imunitas dan Kesehatan Tubuh melalui Olahraga yang Efektif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, II, 33–42. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/844.
Siti Rodi’ah, I. H. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbantu Media Book Creator Digital Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Siswa Pada Tingkat Sekolah Dasar. Continuous Education: Journal of Science and Research, 2(2), 23–35. https://doi.org/10.51178/ce.v2i2.225. DOI: https://doi.org/10.51178/ce.v2i2.225
Soleh, A. N. (2020). Strategi Manajemen Pembelajaran Pada Masa COVID-19 di SMK Ma’arif 9 Kebumen. Jurnal Cakrawala: Studi Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v4i2.243. DOI: https://doi.org/10.33507/cakrawala.v4i2.243
Srirahayu, R. R. Y., & Arty, I. S. (2018). Pengembangan Instrumen Experiment Performance Assessment untuk Menilai Keterampilan Proses Sains dan Kerja Sama. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 168–181. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.20270. DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.20270
Sulastri, A., & Masriqon. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid 19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4109–4119. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1504. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1504
Susanty, S. (2020). Inovasi Pembelajaran Daring Dalam Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(2), 157–166. https://doi.org/10.47492/jih.v9i2.289. DOI: https://doi.org/10.47492/jih.v9i2.289
Umam, K. A., & Saripah, I. (2018). Using the Context, Input, Process and Product (CIPP) Model in the Evaluation of Training Programs. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 2(July), 19. https://doi.org/10.20961/ijpte.v2i0.26086. DOI: https://doi.org/10.20961/ijpte.v2i0.26086
Warju. (2016). Educational Program Evaluation using CIPP Model. Innovation of Vocational Technology Education, 12(1), 36–42. https://doi.org/10.17509/invotec.v12i1.4502. DOI: https://doi.org/10.17509/invotec.v12i1.4502
Wijayanti, N. I., Yulianti, R., & Wijaya, B. (2019). Evaluasi Program Pendidikan Pemakai Dengan Model CIPP di Perpustakaan Fakultas Teknik UGM. Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 3(1), 37. https://doi.org/10.29240/tik.v3i1.790. DOI: https://doi.org/10.29240/tik.v3i1.790
Yulianingsih, W., Suhanadji., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 236–240. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 I Ketut Iwan Swadesi, I Nyoman Kanca
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.