Sinkronisasi Buku Teks Bahasa Indonesia SMA/SMK Kelas X Edisi Revisi Dengan Silabus Kurikulum 2013
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v27i3.55447Keywords:
Sinkronisasi, Buku Teks, Kurikulum 2013Abstract
Implementasi buku teks yang sesuai dengan Kurikulum 2013 ditengarai masih memiliki sejumlah persoalan. Untuk itu perlu dilakukan analisis isi terhadap buku ini untuk melihat kesinkronannya sehingga kekurangannya dapat diatasi oleh guru di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tataan materi pelajaran dalam buku teks Bahasa Indonesia Kelas X penunjang Kurikulum 2013 dan menganalisis kesinkronan antara buku teks Bahasa Indonesia Kelas X dengan silabus Kurikulum 2013. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Rancangan ini dipilih karena sesuai dengan tujuan penelitian, yaitu untuk menganalisis tataan materi dalam buku teks dan menganalisis kesinkronan buku teks bahasa Indonesia Edisi Revisi untuk siswa kelas X dengan Silabus Kurikulum 2013. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi menggunakan instrumen check list. Data yang diperoleh, dianalisis menggunakan prosedur analisis data deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah yang dilakukan yaitu reduksi data, triangulasi, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasilnya, materi pelajaran dalam buku teks kelas X SMA/SMK terdiri atas 8 bab dengan tataan yang sangat sistematis. Terdapat kesinkronan yang sangat tinggi antara buku teks dengan silabus Kurikulum 2013. Hanya terdapat perbedaan diksi, terminologi, dan perbedaan urutan yang tidak terlalu prinsip.
References
Aisyah, S., & Astuti, R. (2021). Analisis Mengenai Telaah Kurikulum K-13 pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6120–6125. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1770. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1770
Andrian, Y., & Rusman, R. (2019). Implementasi pembelajaran abad 21 dalam kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20116. DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20116
Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan kampus mengajar angkatan 1 program merdeka belajar kampus merdeka di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 9(1), 210–219. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221. DOI: https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221
Astuti, D. A., Haryanto, S., & Prihatni, Y. (2018). Evaluasi implementasi kurikulum 2013. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.30738/wd.v6i1.3353. DOI: https://doi.org/10.30738/wd.v6i1.3353
Basuki, W. N. (2015). Analisis Isi Buku Ajar Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan Untuk SMP/MTS Kelas VIII. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 3(2), 125–130. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bhs_indonesia/article/view/7803.
Dewi, D. T., & Maemonah, M. (2022). Analisis bahan ajar kurikulum 2013 berbasis kecerdasan majemuk tema 8 kelas III sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 15. https://doi.org/10.30659/pendas.9.1.15-30. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.9.1.15-30
Farida, N., & Putra, K. A. D. (2021). Upaya Menumbuhkan Kemampuan Literasi Kritis oleh Berdikari Book. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 7(1), 51–64. https://doi.org/10.14710/lenpust.v7i1.30372. DOI: https://doi.org/10.14710/lenpust.v7i1.30372
Hadiansah, D., & Sauri, R. S. (2021). Gerakan Literasi Baca-Tulis (Glbt) Dalam Membangun Ekosistem Sekolah Literat (Esl) Pada Sma Di Kabupaten Garut. Jurnal Salaka : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya Indonesia, 3(1), 37–43. https://doi.org/10.33751/jsalaka.v3i1.3319. DOI: https://doi.org/10.33751/jsalaka.v3i1.3319
Handayani, L. T. (2016). Pola Penalaran Penggalan Teks Materi Ajar Bahasa Indonesia Dalam Buku Siswa Kelas Vii Kurikulum 2013. Kajian Linguistik Dan Sastra, 1(1), 48. https://doi.org/10.23917/kls.v1i1.2478. DOI: https://doi.org/10.23917/kls.v1i1.2478
Kurniawan, K. (2016). Kajian Buku Teks Bahasa Indonesia Berbasis Kecakapan Hidup. Lingua, 12(2), 124–132. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/lingua/article/view/9082.
Listiani, L., & Kusuma, A. E. (2017). Memperkenalkan Penerapan Strategi Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Kepada Guru Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Singkat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 1(1), 1. https://doi.org/10.35334/jpmb.v1i1.235. DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v1i1.235
Machali, I. (2014). Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71–94. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.71-94. DOI: https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.71-94
Mujianto, G. (2020). Humanisasi pembelajaran keterampilan berbahasa di masa pandemi. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia. https://eprints.umm.ac.id/86642/.
Mustaming, A., Cholik, M., & Nurlaela, L. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Memperbaiki Unit Kopling dan Komponen-Komponen Sistem Pengoperasiannya dengan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Otomotif SMK Negeri 2 Tarakan. Jurnal Pendidikan Vokasi: Teori Dan Praktek, 3(1), 81–95. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/32/article/view/13565.
Nuzulia, Adlim, & Nurmaliah, C. (2017). Relevansi Kurikulum Dan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi Mahasiswa Kimia, Fisika, Biologi Dan Matematika. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 120–126. http://www.e-repository.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/8434.
Palobo, M., & Tembang, Y. (2019). Analisis Kesulitan Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di Kota Merauke. Sebatik, 23(2), 307–316. https://doi.org/10.46984/sebatik.v23i2.775. DOI: https://doi.org/10.46984/sebatik.v23i2.775
Pangestika, D. N., Andayani, A., & Suhita, R. (2017). Kajian buku teks bahasa Indonesia tingkat Sekolah Menengah Pertama. BASASTRA, 5(2), 31–48. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bhs_indonesia/article/view/11550.
Paramita, G. A. P. P., Gede Agung, A. A., & Abadi, I. B. G. S. (2022). Buku Cerita Bergambar Guna Meningkatkan Keterampilan Membaca Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD. Mimbar Ilmu, 27(1), 11–19. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.45499. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.45499
Permatasari, A. D., & Anwas, E. O. M. (2019). Analisis Pendidikan Karakter dalam Buku Teks Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII. Kuangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 07(02), 156–169. https://doi.org/http://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p156--169. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p156--169
Pratiwi, U., & Fasha, E. F. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian Hots Berbasis Kurikulum 2013 Terhadap Sikap Disiplin. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 1(1), 123. https://doi.org/10.30870/jppi.v1i1.330. DOI: https://doi.org/10.30870/jppi.v1i1.330
Rahmawati, G. (2016). Buku Teks Pelajaran sebagai Sumber Belajar Siswa di Perpustakaan Sekolah di SMAN 3 Bandung. Edulib, 5(1), 102–113. https://doi.org/10.17509/edulib.v5i1.2307. DOI: https://doi.org/10.17509/edulib.v5i1.2307
Ramda, A. H. (2017). Analisis kesesuaian materi buku teks Kemendikbud matematika kelas VII dengan Kurikulum 2013. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 12. https://doi.org/10.21831/pg.v12i1.14057. DOI: https://doi.org/10.21831/pg.v12i1.14057
Saraswati, S., Safitri, A., & Kabiba, K. (2022). Peran Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran (JPP), 1(3). https://doi.org/10.51454/jpp.v1i3.56. DOI: https://doi.org/10.51454/jpp.v1i3.56
Sartika, D. (2019). Pentingnya pendidikan berbasis STEM dalam kurikulum 2013. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 3(3). http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/797. DOI: https://doi.org/10.58258/jisip.v3i3.797
Sofyan, F. A. (2019). Implementasi Hots Pada Kurikulum 2013. Inventa, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803. DOI: https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803
Suandewi, P. M., Putrayasa, I. B., & Gunatama, G. (2019). Hubungan Budaya Literasi (Baca-Tulis) Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Xisma Negeri 7 Denpasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 9(2). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i2.20453. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i2.20453
Sufanti, M., Nuryatin, A., Rohman, F., & Waluyo, H. J. (2021). The Content of Tolerance Education in Short Story Learning in High Schools. Asian Journal of University Education, 17(1), 112–123. https://doi.org/10.24191/ajue.v17i1.12609. DOI: https://doi.org/10.24191/ajue.v17i1.12609
Suttrisno, S., & Puspitasari, H. (2021). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Membaca dan Menulis Permulaan (MMP) Untuk Siswa Kelas Awal. In Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (Vol. 8, Issue 2, pp. 83–91). https://doi.org/10.21093/twt.v8i2.3303.
Trinovita, D. (2020). Nilai-nilai ajaran tamansiswa yang terkandung dalam tiga buku teks bahasa inggris kelas x. Seminar Nasional Pendidikan, 11–21. https://www.jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnas2020/article/view/7227.
Wardani, O. P. (2017). Analisis Kelayakan Isi dan Bahasa Pada Buku Teks Sma “Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik “Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 5(2), 75–82. https://doi.org/10.30659/j.v5i2.2352. DOI: https://doi.org/10.30659/j.v5i2.2352
Wibowo, B. A. (2020). Pancasila sebagai Landasan Filosofi Pendidikan Karakter Kurikulum 2013. Biormatika :Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.35569/biormatika.v6i1.678.
Widiasri, D. A., Fitri, N., & Farhan, R. S. (2022). Methods Of Learning Indonesian Language : Ethnopragma-Educative Perspective In High School Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sma Berbasis Etnopragma-Educatif. Jurnal Gramatika : Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 22–37. https://doi.org/10.22202/jg.2022.v8i1.5683. DOI: https://doi.org/10.22202/jg.2022.v8i1.5683
Widiyono, A., Irfana, S., & Firdausia, K. (2021). Implementasi merdeka belajar melalui kampus mengajar perintis di sekolah dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 16(2). https://doi.org/10.17509/md.v16i2.30125.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sang Ayu Putu Sriasih , I Wayan Wendra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.