KORELASI POLA ASUH ORANG TUA DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS VI SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16404Abstrak
Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui kualitas pola asuh orang tua siswa kelas VI SD Gugus VIII Sukawati Tahun Pelajaran 2017/2018 (2) Mengetahui kualitas disiplin belajar siswa kelas VI SD Gugus VIII Sukawati Tahun Pelajaran 2017/2018 (3) Mengetahui ada tidaknya korelasi pola asuh orang tua dengan disiplin belajar siswa kelas VI SD Gugus VIII Sukawati Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VI di SD Gugus VIII Sukawati yang berjumlah 168 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik Proporsional random sampling yang berjumlah 113 siswa. Data pola asuh orang tua dan disiplin belajar siswa diambil dengan teknik kuisioner. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif, untuk menguji hipotesis penelitian digunakan korelasi product momen. Berdasarkan hasil penelitian didapat (1) Kualitas pola asuh orang tua siswa SD Gugus VIII Sukawati tahun ajaran 2017/2018 tergolong cukup baik, skor rata-rata pola asuh orangtu sebesar 62,82 dan berada dalam rentangan 59,25 ≤ < 65,75. (2) Kualitas disiplin belajar siswa SD Gugus VIII Sukawati tahun ajaran 2017/2018 tergolong cukup baik, rata-rata disiplin belajar didapat sebesar 68,28 dan berada dalam rentangan 63,96 ≤ < 70,54. (3) Ada korelasi antara pola asuh orang tua siswa dengan disiplin belajar siswa kelas VI SD Negeri Gugus VIII Sukawati tahun ajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dengan koefisien korelasi pola asuh orang tua siswa dengan disiplin belajar hasil penelitian didapat sebesar (rxy) sebesar 0.987 sedangkan rxv tabel (005; N-2) didapat sebesar 0,195. Karena harga (rxy) hasilberada dalam rentangan 0,800 sampai dengan 1,00 maka korelasinya tergolong tinggi.
Kata kunci: Pola Asuh Orang Tua, Disiplin Belajar Siswa
Referensi
Ahmadi, Abu. 2007. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta
Arikunto, S. 2014. Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktek. Jakarta : Rineka Cipta
Dantes, I Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi Yogyakarta
Burhan Bungin, 2009, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Fatimah, Listriana. 2012. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Anak di R.A Darussalam Desa Sumber Mulya Jogoroto, Jombang”. Jurnal D-III Kebidanan FIK UNIPDU Jombang
Giovany (editor). 2017. Mudah Menguasai SPSS. Semarang: Andi
Irianto, Agus. 2014. Statistik: Konsep Dasar, Aplikasi, dan Pengembangannya. Jakarta: Prenada Media
Kadir. 2015. Statistika Terapan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Mahadewi, Ni Luh. 2014. “Kontribusi Intensitas Pola Asuh, Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Agama Hindu di SDN 1 Tamblang Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng Tahun Ajaran 2013/2014”. E-Jurnal Program Pascasarjana Universitas pendidikan Ganesha, Volume 5
Mulyadi, Seto. Heru Basuki. Wahyu Raharjo. 2016. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Teori-Teori Baru dalam Psikologi. Jakarta : Rajawali Pers
Muri Yusuf, Ahmad. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Padang: Kencana
Nasir, Moh. 1983. Metode penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Kencana
Slameto. 2000. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Scubania, Dian Fawzia. 2014. “Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa”. Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan
Suandi,dkk. 2016. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha
Sudijono, Anas. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raj Grafindo Persada
Sudjana, Nana dan Ibrahim,2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung:Tarsito
Sugiyono. 2007. Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta
Sukardi, HM. 2011. EvaluasiPendidikan: Prinsip dan Operasionalnya. Yogyakarta: Bumi Aksara
Suratna Dewi, Ni Luh Putu. 2008. “Kontribusi Pola Asuh Orang Tua, Status Sosial Ekonomi dan Interaksi Sosial Terhadap Nilai Modern Siswa di SMA Kutapura Kuta (Suatu Kajian Manajemen Mikro Pembelajaran)”. Tesis. Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.