KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEBAK KATA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA TEMA 7 “INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU” SISWA KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16436Abstrak
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah One Group Pre Test and Post Test. Data penelitian ini berupa hasil belajar siswa kelas IV SD N 01 Wonorejo Kabupaten Pekalongan yang berjumlah 20 siswa yang dianalisis dengan menggunakan rumus uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung = 2,678. Dari daftar distribusi t dengan dk = n -1 = 20 – 1 = 19 diperoleh 2,09. Karena 2,678 > 2,09 maka Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada keefektifan model pembelajaran tebak kata terhadap hasil belajar pada materi “Keanekaragaman di Negeriku” siswa kelas IV di SD N 01 Wonorejo Kabupaten Pekalongan. Saran yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah supaya model pembelajaran tebak kata dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar. Penggunaan media pembelajaran yang inovatif diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Think Pair Share, Animasi Interaktif dan Hasil Belajar.
Referensi
Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Anita Lie. 2004. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dimyati dan Mujiono. 2009. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Depdiknas. 2006. Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2004. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Isjoni. 2011. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kurniasih, Imas. 2015.Model Pembelajaran.Jakarta: Kata Pena
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Said, A. dan Budimanjaya. A. 2015. 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences. Jakarta : Prenada Media Group.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Syah, Muhibbin. 2014. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press.
Sudjana, N., 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Penerbit Sinar Baru Algesindo.
Suharso dan Retnaningsih. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. 2005. Matode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2006. Statistik Non Parametris untuk Penelitian. Bandung : CV. Alfabeta.
Thobroni, M. 2017. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Trianto. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka Publisher.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.