KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEBAK KATA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA TEMA 7 “INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU” SISWA KELAS IV

Penulis

  • Muhammad Hanif Mukhlas Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pgri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16436

Abstrak

Jenis penelitian  ini adalah  penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah One Group Pre Test and Post Test. Data penelitian ini berupa hasil belajar siswa kelas IV SD N 01 Wonorejo Kabupaten Pekalongan  yang berjumlah 20 siswa yang dianalisis dengan menggunakan rumus uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan  bahwa  berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung = 2,678. Dari daftar distribusi t dengan dk = n -1  = 20 – 1 = 19 diperoleh 2,09. Karena 2,678 > 2,09 maka Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada keefektifan model pembelajaran tebak kata  terhadap hasil belajar pada materi “Keanekaragaman di Negeriku” siswa kelas IV di  SD N 01 Wonorejo Kabupaten Pekalongan. Saran yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah supaya model pembelajaran tebak kata dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar. Penggunaan media pembelajaran yang inovatif diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci: Think Pair Share, Animasi Interaktif dan  Hasil Belajar.

 

Referensi

Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Anita Lie. 2004. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dimyati dan Mujiono. 2009. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Depdiknas. 2006. Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2004. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Isjoni. 2011. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kurniasih, Imas. 2015.Model Pembelajaran.Jakarta: Kata Pena

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Said, A. dan Budimanjaya. A. 2015. 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences. Jakarta : Prenada Media Group.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Syah, Muhibbin. 2014. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press.

Sudjana, N., 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Penerbit Sinar Baru Algesindo.

Suharso dan Retnaningsih. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2005. Matode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2006. Statistik Non Parametris untuk Penelitian. Bandung : CV. Alfabeta.

Thobroni, M. 2017. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Trianto. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka Publisher.

Diterbitkan

2018-12-21

Cara Mengutip

Hanif Mukhlas, M. (2018). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEBAK KATA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA TEMA 7 “INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU” SISWA KELAS IV. Mimbar Ilmu, 23(3), 200–207. https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16436

Terbitan

Bagian

Articles