PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY BERBANTU MEDIA ACCORDION BOOK UNTUK MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI KARAKTER SISWA

Penulis

  • Nur Afidah Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Arief Budiman Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Eka Sari Setianingsih Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17407

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan dari penerapan model pembelajaran Course Review Horay berbantu media Accordion Book untuk mengembangkan nilai-nilai karakter siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri Mukhtiharjo  Kidul 02 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang termasuk dalam penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimenntal Design tipe One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVB dengan jumlah 21 siswa tahun pelajaran 2018/2019. Menggunakan teknik Nonprobability Sampling berbentuk sampling jenuh. Hasil penelitian ini diperoleh dengan melakukan analisis data awal, uji normalitas dengan uji liliefors, analisis data akhir dengan menggunkan uji t-test. Hasil analisis angket perkembangan nilai-nilai karakter siswa menunjukkan rata-rata pretest sebesar 64,92 sedangkan pada postes sebesar 94,49. Beradasarkan hasil analisis uji t diketahui thitung  ≥  ttabel  yaitu 4,577 ≥  2,086 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya Model pembelajaran Course Review Horai berbantu media Accordion Book efektif untuk mengembangkan nilai-nilai karakter siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri Mukhtiharjo  Kidul 02 Semarang.

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran Course Review Horai, Media Accordion Book, Nilai-Nilai Karakter Siswa

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Budi, Kurniasih. 2017. Guru Berperan Vital dalam Pendidikan Karakter Siswa. Kompas.com https://edukasi.kompas.com/read/2017/11/22/18160711/guru-berperan-vital-dalam-pendidikan-karakter-siswa.

Damayanti, Deni. 2014. Panduan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta : Araska.

Daryanto. 2014. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013). Yogyakarta : Gava Media.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offset.

Kurniawan, Syamsul. 2014. Pendidikan Karakter : Konsepsi & Implementasinya scara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Lutfiana,Rahmah. 2018. Pengembangan Media Accordion Book Berbantu Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Materi Tata Surya Pada Pembelajaran Ipa. Skripsi Mahasiswa UPGRIS tahun 2018.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Putranto, angger. 2017. Pembiasaan Jadi Kunci Pendidikan Karakter. Kompas.com https://regional.kompas.com/read/2017/09/08/17412291/pembiasaan-jadi-kunci-pendidikan-karakter.

Putri, Nadia Devina Arya,dkk. 2017. The Effectiveness Of The Use Of Course Review Horay (Crh) Methods To Improve Numeracy Division Skill Of Children With Mild Mental Retardation In Slb Negeri Surakarta, Indonesia Year 2016/2017. Volume 2 Issue 3 2017.https://www.oapub.org/edu/index.php/ejse/article/view/476.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung : PT Remaja RosdakaryA.

Sudjana, Ana. dan Ahmad Rivai. 2011. Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo .

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional .

Undang-Undang Republik Indonesia No.4 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen .

Wibowo, Agus. 2017. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Yaumi, Muhammad. 2014. Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta : Kencana.

Diterbitkan

2019-04-29

Cara Mengutip

Afidah, N., Budiman, A., & Setianingsih, E. S. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY BERBANTU MEDIA ACCORDION BOOK UNTUK MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI KARAKTER SISWA. Mimbar Ilmu, 24(1), 28–35. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17407

Terbitan

Bagian

Articles