PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN METODE PERMAINAN BINGO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Penulis

  • Tian Oktaviani Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang
  • Endah Rita Sulistya Dewi Jurusan Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang
  • Kiswoyo . Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17409

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran aktif dengan metode permainan bingo untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Latar belakang yang menggerakkan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa, yang menurut sebagian siswa, matematika adalah pelajaran yang sulit dipahami sehingga aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Matematika menurun. Faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa dalam Matematika adalah kurangnya guru dalam menggunakan metode pembelajaran. Metode pembelajaran yang digunakan cenderung monoton dan siswa merasa bosan ketika pembelajaran berlangsung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian Desain Pra-Eksperimental, dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri Kedungjenar, Kabupaten Blora, sedangkan untuk sampelnya adalah siswa kelas V yang terdiri dari 3 kelas dan jumlah 108 siswa. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan item item untuk pretest dan posttest. Hasil analisis penelitian mengungkapkan bahwa hasil persentase pretest siswa dari hasil belajar siswa adalah sebesar 51,13% sedangkan hasil posttest siswa setelah dirawat dengan permainan bingo persentase hasil belajar siswa menjadi 72,66%. Pembelajaran aktif dengan metode permainan bingo dapat menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, di mana siswa akan menjadi aktif dalam proses pembelajaran, lebih mampu bekerja dengan teman-teman lain, suasana kelas lebih hidup dan mampu mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Sehingga siswa akan termotivasi untuk bersaing sehat dan siswa tidak merasa bosan selama proses pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran aktif dengan metode permainan bingo dapat meningkatkan hasil belajar matematika.

 

Kata-kata kunci : hasil belajar, pembelajaran aktif, permainan bingo

Referensi

Arikunto, Siharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Halifah, S. S. 2015. Pengaruh Teknik Permainan Bingo Pada Materi Konsep Mol Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Di SMA. Artikel. Untan

Hapsari, Dinar dan Vicky Dwi Wicakson. 2012. “Pengaruh Metode Permainan Bingo Terhadap Motivasi Dan Pemahaman Materi Ppkn Kelas Iv Sdn Sumokembangsri Sidoarjo”. Jurnal PGSD, Volume. 1, Nomor. 5. Hal 1-11.

Herlina. 2015. “Meningkatkan Pemahaman Kosakata Bahasa Inggris Melalui Metode Permainan Bingo”. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDN, Volume. 10, Nomor. 2. Hal 114-121.

Mawati, L. 2013. Pengaruh Permainan Bingo Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Menerapkan Dasar Dasar Teknik Digital di SMKN 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Vol 2 No 2 Hal.707-714

McMahon, J. M. 2017. An Organizational Structure Game (And BINGO! Is Its Name-O). Management Teaching review 1-9. Journals@sagepub.com

Purwanto. 2014. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Shafia, D., Nazar, M. and Ismayani, A., 2018. PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN BINGO PADA MATERI KONSEP REAKSI REDOKS UNTUK SISWA KELAS X SMA LABORATORIUM UNSYIAH. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 3(2).

Sholikah, Luluk Mawati dan Asto Buditjahjanto. 2013. “Pengaruh Permainan Bingo Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Menerapkan Dasardasar Teknik Digital Di Smkn 1 Jetis Mojokerto”. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Volume. 2, Nomor. 2. Hal 707-714.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.. Bandung: Alfabeta.

Uno, Hamzah. B. Nurdin Mohamad. 2015. BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Ligkungan, Kreatif, Efektif dan Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.

Warsono, Hariyanto. 2013. Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zainudin. 2015. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh Melalui Penerapan Strategi Bingo” . Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Volume. 10, Nomor. 2. Hal 301-318.

Diterbitkan

2019-04-29

Cara Mengutip

Oktaviani, T., Sulistya Dewi, E. R., & ., K. (2019). PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN METODE PERMAINAN BINGO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Mimbar Ilmu, 24(1), 47–52. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17409

Terbitan

Bagian

Articles