PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN METODE PERMAINAN BINGO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17409Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran aktif dengan metode permainan bingo untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Latar belakang yang menggerakkan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa, yang menurut sebagian siswa, matematika adalah pelajaran yang sulit dipahami sehingga aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Matematika menurun. Faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa dalam Matematika adalah kurangnya guru dalam menggunakan metode pembelajaran. Metode pembelajaran yang digunakan cenderung monoton dan siswa merasa bosan ketika pembelajaran berlangsung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian Desain Pra-Eksperimental, dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri Kedungjenar, Kabupaten Blora, sedangkan untuk sampelnya adalah siswa kelas V yang terdiri dari 3 kelas dan jumlah 108 siswa. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan item item untuk pretest dan posttest. Hasil analisis penelitian mengungkapkan bahwa hasil persentase pretest siswa dari hasil belajar siswa adalah sebesar 51,13% sedangkan hasil posttest siswa setelah dirawat dengan permainan bingo persentase hasil belajar siswa menjadi 72,66%. Pembelajaran aktif dengan metode permainan bingo dapat menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, di mana siswa akan menjadi aktif dalam proses pembelajaran, lebih mampu bekerja dengan teman-teman lain, suasana kelas lebih hidup dan mampu mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Sehingga siswa akan termotivasi untuk bersaing sehat dan siswa tidak merasa bosan selama proses pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran aktif dengan metode permainan bingo dapat meningkatkan hasil belajar matematika.
Kata-kata kunci : hasil belajar, pembelajaran aktif, permainan bingo
Referensi
Arikunto, Siharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Halifah, S. S. 2015. Pengaruh Teknik Permainan Bingo Pada Materi Konsep Mol Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Di SMA. Artikel. Untan
Hapsari, Dinar dan Vicky Dwi Wicakson. 2012. “Pengaruh Metode Permainan Bingo Terhadap Motivasi Dan Pemahaman Materi Ppkn Kelas Iv Sdn Sumokembangsri Sidoarjo”. Jurnal PGSD, Volume. 1, Nomor. 5. Hal 1-11.
Herlina. 2015. “Meningkatkan Pemahaman Kosakata Bahasa Inggris Melalui Metode Permainan Bingo”. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDN, Volume. 10, Nomor. 2. Hal 114-121.
Mawati, L. 2013. Pengaruh Permainan Bingo Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Menerapkan Dasar Dasar Teknik Digital di SMKN 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Vol 2 No 2 Hal.707-714
McMahon, J. M. 2017. An Organizational Structure Game (And BINGO! Is Its Name-O). Management Teaching review 1-9. Journals@sagepub.com
Purwanto. 2014. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Shafia, D., Nazar, M. and Ismayani, A., 2018. PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN BINGO PADA MATERI KONSEP REAKSI REDOKS UNTUK SISWA KELAS X SMA LABORATORIUM UNSYIAH. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 3(2).
Sholikah, Luluk Mawati dan Asto Buditjahjanto. 2013. “Pengaruh Permainan Bingo Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Menerapkan Dasardasar Teknik Digital Di Smkn 1 Jetis Mojokerto”. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Volume. 2, Nomor. 2. Hal 707-714.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.. Bandung: Alfabeta.
Uno, Hamzah. B. Nurdin Mohamad. 2015. BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Ligkungan, Kreatif, Efektif dan Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.
Warsono, Hariyanto. 2013. Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Zainudin. 2015. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh Melalui Penerapan Strategi Bingo” . Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Volume. 10, Nomor. 2. Hal 301-318.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.