PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI KELOMPOK B GUGUS I

Penulis

  • Pt Aditya Antara Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha
  • Pt Rahayu Ujianti Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dewi Ayu Surya Jayanti Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21418

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan pada anak kelompok B yang diberikan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap kepercayaan diri anak di TK Gugus I Kecamatan Buleleng. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eskperimen semu (quasi experiment), dengan desain penelitian pre-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B pada gugus I Kecamatan Buleleng yang berjumlah 400 anak. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 anak. Data hasil kepercayaan diri dikumpulkan dengan teknik observasi yang dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung= 17,31 sedangkan pada taraf signifikansi 5% dengan dk=34 diperoleh ttabel = 1,690 sehingga thitung= 17,31> ttabel= 1,690. Berdasarkan kriteria pengujian, maka Ho ditolak, ini berarti H1 diterima yang menyatakan terdapat perbedaan yang signifikan pada anak kelompok B yang diberikan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap kepercayaan diri anak di TK Gugus I Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada anak kelompok B yang diberikan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap kepercayaan diri anak di TK Gugus I Kecamatan Buleleng.

 

Kata-kata kunci : Anak Usia Dini, Kepercayaan Diri, Model Make A Match

Referensi

Agung. A. A. G. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Aditya Media Publishing.

Agung. A. A. G. 2016. Statistika Dasar Untuk Pendidikan. Yogyakarta: CV Budi Utama

Agung. A. A. G. 2017. Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Undiksha.

Agung, A. A. G dan I Nyoman Jampel. 2018. Statistik Inferensial untuk Pendidikan (Disertai Aplikasi SPSS). Singaraja: Undiksha.

Antara, 2015.”Pengembangan Bakat Seni Anak Pada Taman Kanak-Kanak”. Tersedia pada http://journal.unj.ac.id/jurnal fip/index.php/visi/article/view/2/0 (diakses tanggal 27 Februari 2019).

Antara, 2018.” Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Perilaku Prososial Anak Kelompok B Di Gugus II”. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/15315 (diakses tanggal 27 Februari 2019).

Candiasa. 2011. Pengujian Instrumen Penilaian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Undiksha Press.

Hidayat, Komaruddin dan Bashori.2016.Psikologi Sosial. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Khodijah. Nyayu, 2014.Psikologi Pendidikan.Jakarta: Rajawali Pers.

Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Bali.Undiksha.

Kurniasih dan Berlin, 2015.Ragam Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru.Jakarta: Kata Pena.

Pritandhari. Meyta, 2017. “Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa”.Jurnal Promosi.Vol.5.No.1.2017.

Prawistri. 2013. “Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Kelompok B Melalui Kegiatan Bermain Aktif Di TK Pembina Kecamatan Bantul”. Tersedia pada http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel/5430/16/588 (diakses tanggal 27 Februari 2019.

Rahayu, Aprianti Yofita. 2013. Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita. Jakarta: PT Indeks.

Santrock. John W, 2017.Psikologi Pendidikan.Jakarta: Kencana.

Sharan. Sholomo, 2012. The Handbook of Cooperative Learning.Yogyakarta: Familia.

Siyani, 2016. Penerapan Permainan Tradisional Meong-meongan untuk meningkatkan Percaya Diri Anak. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Pendidikan Ganesha.Singaraja.

Suciati, 2016. Pengaruh Kegiatan Finger Painting Berbasis Teori Lokomosi terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak Kelompok B Pada Tahun Pelajaran 2015/2016 di TK Widya Kumarasthana Banyuning. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Surna. I Nyoman dan Pandeirot, 2014.Psikologi Pendidikan 1.Jakarta: Penerbit Erlangga.

Susanto. Ahmad.2012.Perkembangan Anak Usia Dini.Jakarta.Kencana.

Trianto. 2011. Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan.Jakarta.Kencana.

Wahyudin dan Agustin, 2012. Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini.Bandung: Refika Aditama.

Weni, Oksiana, dkk. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a match terhadap aspek perkembangan kognitif dan sosial emosional pada anak usia dini TK Negeri Pembina”. Tersedia pada http://jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/JPD /article/view/101 (diakses tanggal 27 Februari 2019)

Cara Mengutip

Antara, P. A., Ujianti, P. R., & Jayanti, D. A. S. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI KELOMPOK B GUGUS I. Mimbar Ilmu, 24(3), 277–286. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21418

Terbitan

Bagian

Articles