PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AGAMA HINDU
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21468Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Sukawati di Kelas IV B yang kemampuan siswanya untuk pelajaran Agama Hindu cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas IV B ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya mencapai nilai rata-rata 67,72, pada siklus I mencapai nilai rata-rata 73,4 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 77,95. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan prestasi belajar Agama Hindu siswa kelas IV B SD Negeri 3 Sukawati.
Kata-kata kunci : Model pembelajaran Make A Match, Prestasi Belajar Agama Hindu
Referensi
Agung, A. A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Undiksha.
Amri, Sofan. 2013. Peningkatan Mutu Pendidikan SD dan Menengah. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual. (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara..
Daryanto. 1999. Evaluasi Pendidikan. Rineka Cipta: Jakarta.
Depdiknas, 2003c.Sistem Penilaian Kelas SD, SD, SMA dan SMK. Dirjen Dikdasmen Tendik.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Depdiknas.
Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Menjaminan Mutu Pendidikan.
Susanty, Ella. 2014. Pengaruh Pembelajaran Cooperatif Tipe Make A Match Dan Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Pkn Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Pada Mts N Di Kabupaten Kudus . Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran Vol.2, No.2 , Hal 257 – 272, Edisi April 2014
Paramartha, Wayan. 2017. Mengungkap Model Pendidikan Hindu Bali Tradisional Aguron-guron . Jurnal Seni Budaya Volume 32, Nomor 1, Februari 2017
Wahab, Abdul Aziz. 2007. Metode dan Model-Model Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Wandy. 2017. Metode Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Menengah Pertama . Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora Vol. 3 No. 1, Maret 2017
Wihantari, Biyas. 2013. Studi Etnografi Penanaman Nilai Agama Hindu Pada Anak Oleh Anggota Banjar Surabaya. Jurnal Antropologi FISIP-UNAIR Vol.2.No.1.Jan.-Pebruari 2013
Unduhan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.