PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AGAMA HINDU

Penulis

  • Wayan Sukarja SD Negeri 3 Sukawati

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21468

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Sukawati di Kelas IV B yang kemampuan siswanya untuk pelajaran Agama Hindu cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas IV B ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya mencapai nilai rata-rata 67,72, pada siklus I mencapai nilai rata-rata 73,4 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 77,95. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan prestasi belajar Agama Hindu siswa kelas IV B SD Negeri 3 Sukawati.

Kata-kata kunci : Model pembelajaran Make A Match, Prestasi Belajar Agama Hindu

Referensi

Agung, A. A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Undiksha.

Amri, Sofan. 2013. Peningkatan Mutu Pendidikan SD dan Menengah. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual. (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara..

Daryanto. 1999. Evaluasi Pendidikan. Rineka Cipta: Jakarta.

Depdiknas, 2003c.Sistem Penilaian Kelas SD, SD, SMA dan SMK. Dirjen Dikdasmen Tendik.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Depdiknas.

Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Menjaminan Mutu Pendidikan.

Susanty, Ella. 2014. Pengaruh Pembelajaran Cooperatif Tipe Make A Match Dan Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Pkn Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Pada Mts N Di Kabupaten Kudus . Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran Vol.2, No.2 , Hal 257 – 272, Edisi April 2014

Paramartha, Wayan. 2017. Mengungkap Model Pendidikan Hindu Bali Tradisional Aguron-guron . Jurnal Seni Budaya Volume 32, Nomor 1, Februari 2017

Wahab, Abdul Aziz. 2007. Metode dan Model-Model Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Wandy. 2017. Metode Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Menengah Pertama . Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora Vol. 3 No. 1, Maret 2017

Wihantari, Biyas. 2013. Studi Etnografi Penanaman Nilai Agama Hindu Pada Anak Oleh Anggota Banjar Surabaya. Jurnal Antropologi FISIP-UNAIR Vol.2.No.1.Jan.-Pebruari 2013

Cara Mengutip

Sukarja, W. (2019). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AGAMA HINDU. Mimbar Ilmu, 24(3), 338–344. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21468

Terbitan

Bagian

Articles