UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AGRIBISNIS TERNAK UNGGAS PETELUR MATERI PENGADAAN BIBIT UNGGAS PETELUR MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASE LEARNING

Penulis

  • Ramli . SMK Negeri 2 Negara

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21682

Abstrak

Berdasarkan pengamatan proses pembelajaran dan tes hasil belajar pada mata pelajaran Agribisnis Ternak Unggas Petelur dengan materi pengadaan bibit ternak ungags petelur siswa kelas XI ATU 2 Program Kehlian Agribisnis Ternak Unggas, SMK Negeri 2 Negara, yang dilakukan selama Siklus I dan II dapat dijelaskan sebagai berikut: bahwa pada prasiklus rata-rata nilai 63,7 dengan ketuntasan belajar yang dicapai 53,8%, pada siklus I rata-rata nilai 75,3 dengan ketuntasan belajar 80,8% dan pada siklus II rata-rata nilai 80,1 dengan ketuntasan belajar 100% dengan demikian bearti terdapat peningkatan hasil belajar yang sangat signifikan yaitu dari prasiklus ke siklus I  11,6, dari siklus I ke silus ke II 4,8 atau peningkatan ketuntasan belajar dari pra siklus ke siklus I 27% dan dari siklus I ke siklus II 19,2%. Dari hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan pembelajaran problem base learning pada mata pelajaran agribisnis ternak ungags petelur dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XI ATU 2 Program Keahlian Agribisnis Ternak Unggas SMK Negeri 2 Negara

 

Kata-kata kunci : Problem Base Learning ,Hasil Belajar, Pengadaan Bibit  Unggas Petelur

Referensi

Arikunto, Suharsimi, 1989, Penilaian Program Pendidikan, Proyek Pengembangan LPTK Depdikbud, Dirjen Dikti.

Arikunto, Suharsimi, 1993, Manajemen Mengajar Secara Manusiawi, jakarta rineksa Cipta.

Basiran, Mokh. 1999. Apakah yang Dituntut GBPP Bahasa Indonesia Kurikulum 1994?. Yogyakarta: Depdikbud

Darjowidjojo, Soenjono. 1994. Butir-butir Renungan Pengajaran Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Asing. Makalah disajikan dalam Konferensi Internasional Pengajaran Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Asing. Salatiga: Univeristas Kristen Satya Wacana

Degeng, I.N.S. 1997. Strategi Pembelajaran Mengorganisasi Isi dengan Model Elaborasi. Malang: IKIP dan IPTDI

Depdikbud. 1995. Pedoman Proses Belajar Mengajar di SD. Jakarta: Proyek Pembinaan Sekolah Dasar,

Departemen Pendidikan nasional (2003). Undang-Undang nomor 23 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Jakarta

Hidayat, Sholeh (2003). Media dan sumber Pembelajaran. Makalah pada Diklat Guru dan Kepala sekolah-Dindik Propinsi Banten,

Imam Syafi’e. 1993. Terampil Berbahasa Indonesia I. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.http://www.ditplb.or.id/new/index.php, Model- model Penelitian Tindakan Kelas . Direktorat Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta, diunduh 15 Juni 2013.

Jayadiningrat, M. G., & Ati, E. K. (2018). Peningkatan Keterampilan Memecahkan Masalah Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(1), 1-7.

Kentut,Drs. 2004. Prinsif Pengembangan Media, Pustekom. Jakarta.

Machfudz, Imam. 2000. Metode Pengajaran Bahasa Indonesia Komunikatif. Jurnal Bahasa dan Sastra UM

Moeleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosyda Karya.

Nasution, Prof,Dr,MA. 1986. Didaktik Asas Mengajar, Bandung Jemmars.

Sapriya. Dkk, 1999, Studi Tentang Media Pembelajaran Nilai dalam mata pelajaran PPKN di SLTP dan SMU Bandung ( Laporan penelitian, tidak diterbitkan.)

Mulyasa, E.2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yasin, Martinis. 2007. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Diterbitkan

2019-10-30

Cara Mengutip

., R. (2019). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AGRIBISNIS TERNAK UNGGAS PETELUR MATERI PENGADAAN BIBIT UNGGAS PETELUR MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASE LEARNING. Mimbar Ilmu, 24(3), 386–398. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21682

Terbitan

Bagian

Articles