UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AGRIBISNIS TERNAK UNGGAS PETELUR MATERI PENGADAAN BIBIT UNGGAS PETELUR MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASE LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21682Abstrak
Berdasarkan pengamatan proses pembelajaran dan tes hasil belajar pada mata pelajaran Agribisnis Ternak Unggas Petelur dengan materi pengadaan bibit ternak ungags petelur siswa kelas XI ATU 2 Program Kehlian Agribisnis Ternak Unggas, SMK Negeri 2 Negara, yang dilakukan selama Siklus I dan II dapat dijelaskan sebagai berikut: bahwa pada prasiklus rata-rata nilai 63,7 dengan ketuntasan belajar yang dicapai 53,8%, pada siklus I rata-rata nilai 75,3 dengan ketuntasan belajar 80,8% dan pada siklus II rata-rata nilai 80,1 dengan ketuntasan belajar 100% dengan demikian bearti terdapat peningkatan hasil belajar yang sangat signifikan yaitu dari prasiklus ke siklus I 11,6, dari siklus I ke silus ke II 4,8 atau peningkatan ketuntasan belajar dari pra siklus ke siklus I 27% dan dari siklus I ke siklus II 19,2%. Dari hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan pembelajaran problem base learning pada mata pelajaran agribisnis ternak ungags petelur dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XI ATU 2 Program Keahlian Agribisnis Ternak Unggas SMK Negeri 2 Negara
Kata-kata kunci : Problem Base Learning ,Hasil Belajar, Pengadaan Bibit Unggas Petelur
Referensi
Arikunto, Suharsimi, 1989, Penilaian Program Pendidikan, Proyek Pengembangan LPTK Depdikbud, Dirjen Dikti.
Arikunto, Suharsimi, 1993, Manajemen Mengajar Secara Manusiawi, jakarta rineksa Cipta.
Basiran, Mokh. 1999. Apakah yang Dituntut GBPP Bahasa Indonesia Kurikulum 1994?. Yogyakarta: Depdikbud
Darjowidjojo, Soenjono. 1994. Butir-butir Renungan Pengajaran Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Asing. Makalah disajikan dalam Konferensi Internasional Pengajaran Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Asing. Salatiga: Univeristas Kristen Satya Wacana
Degeng, I.N.S. 1997. Strategi Pembelajaran Mengorganisasi Isi dengan Model Elaborasi. Malang: IKIP dan IPTDI
Depdikbud. 1995. Pedoman Proses Belajar Mengajar di SD. Jakarta: Proyek Pembinaan Sekolah Dasar,
Departemen Pendidikan nasional (2003). Undang-Undang nomor 23 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Jakarta
Hidayat, Sholeh (2003). Media dan sumber Pembelajaran. Makalah pada Diklat Guru dan Kepala sekolah-Dindik Propinsi Banten,
Imam Syafi’e. 1993. Terampil Berbahasa Indonesia I. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.http://www.ditplb.or.id/new/index.php, Model- model Penelitian Tindakan Kelas . Direktorat Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta, diunduh 15 Juni 2013.
Jayadiningrat, M. G., & Ati, E. K. (2018). Peningkatan Keterampilan Memecahkan Masalah Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(1), 1-7.
Kentut,Drs. 2004. Prinsif Pengembangan Media, Pustekom. Jakarta.
Machfudz, Imam. 2000. Metode Pengajaran Bahasa Indonesia Komunikatif. Jurnal Bahasa dan Sastra UM
Moeleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosyda Karya.
Nasution, Prof,Dr,MA. 1986. Didaktik Asas Mengajar, Bandung Jemmars.
Sapriya. Dkk, 1999, Studi Tentang Media Pembelajaran Nilai dalam mata pelajaran PPKN di SLTP dan SMU Bandung ( Laporan penelitian, tidak diterbitkan.)
Mulyasa, E.2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Yasin, Martinis. 2007. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.