Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif dengan Model Hannafin and Peck pada Muatan IPA Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.32085Abstrak
Kurangnya media pembelajaran sehingga siswa kurang mampu memahami materi pembelajaran secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengambarkan rancang bangun dan validitas pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif pada kelas IV SD muatan. Penelitian ini dikembangkan menggunakan model pengembangan Hannafin and Peck yang meliputi tiga tahapan, yaitu (a) penilaian kebutuhan, (b) desain/perancangan, (c) pengembangan dan implementasi. Subjek penelitian berjumlah 9 orang peserta didik kelas IV. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Instrumen penelitian terdiri dari lembar angket penilaian produk. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Tahap pengujian kelayakan media ini dilakukan dengan cara validasi produk oleh pakar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validitas produk dengan kategori sangat baik dengan: (a) Hasil review ahli isi mata pelajaran menunjukkan hasil sangat baik (92,8%), (b) Hasil review ahli desain pembelajaran dengan hasil sangat baik (92,8%), (c) Hasil review ahli media pembelajaran menunjukkan hasil sangat baik (93,1%), (d) Hasil uji coba perorangan sangat baik (94,2%), hasil uji coba kelompok kecil dengan hasil baik (89,75%). Implikasi penelitian ini dapat mrmbuat siswa menjadi tertarik dengan materi yang diberikan. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran multimedia interaktif ini sangat baik digunakan dalam proses pembelajaran.
Referensi
Abdurrahman, Jampel, I. N., & Sudatha, I. G. W. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 8, 32–45. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27049
Adam, Steffi, D. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas x SMA Ananda Batam. CBIS Journal, 2, 78–90. Retrieved from http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/cbis/article/view/400
Akrim. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru SD Muhammadiyah Di Kota Medan. Jurnal Prodikmas: Hasil Pengabdian Masyarakat, 2, 103–111. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/jp.v2i2.2462
Ananda, R. dan F. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Pembelajaran Tematik di SD. Basicedu, 2, 11–21. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.138
Anshory, I. (2020). Pembelajaran Tematik Integratif Pada Kurikulum 2013 di Kelas Rendah SD Muhammadiyah 07 Wajak. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4 Nomor1, 3546. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jinop.v4i1.4936
Asto, P. dan. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbantuan Software Macromedia Flash Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Macam-Macam Gerbang Dasar Rangkaian Logika di SMK Negeri 2 Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1), 177–181. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/10423
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. yogyakarta: Gava Media.
Diartha, P. M. P., Sudarma, I. K., & Suwatra, I. I. W. (2019a). Pengembangan Multimedia Berorientasi Pembelajaran Team Games Tournament Pada Mata Pelajaran IPA Kelas Iv Sekolah Dasar Mutiara Singaraja. Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 7(1), 1–11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v7i1.19969
Diartha, P. M. P., Sudarma, I. K., & Suwatra, I. W. (2019b). Pengembangan Multimedia Berorientasi Pembelajaran Team Games Tournament Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar Mutiara Singaraja. Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 7, 1–11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v7i1.19969
Divayana, Dewa Gede Hendra , P. Wayan Arta Suyasa, N. S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Matakuliah Kurikulum dan Pengajaran di Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 5(3), 149–157. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/janapati.v5i3.9922
Herayanti, L., Habibi, H., & Fuaddunazmi, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pada Matakuliah Fisika Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 210–219. https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13077
Irwanto, Taufik, Hernawan, & Rizal. (2019). Efektivitas Multimedia Interaktif Dan Mobile Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v4i1.6845.
Isdayanti, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Adobe Flash Pada Materi Daur Hidup Hewan. JIPP (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 390–406. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v4i2.27320
Istiqlal, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 43–3. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1480
Kudisiah. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Gaya Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN Bedus Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 4(2), 195–202. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36312/jime.v4i2.475
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Prenada media.
Kuswanto, J., & Walusfa, Y. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET, 6(2), 58–64. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19335
Lasminiasih, D. (2016). Perancangan Sistem Informasi Kredit Mikro Mahasiswa Berbasis Web. Jurnal Sistem Informasi (Journal of Information System), 8(1), 883–893. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jsi.v8i1.2957
Manurung, & Panggabean. (2020). Improving Students’ Thinking Ability In Physics Using Interactive Multimedia Based Problem Solving. Cakrawala Pendidikan, 39(2), 460–470. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.28205
Melianti, E. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Director Pada Materi Usaha Dan Energi Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jkf.3.1.1-10
Nugroho, Adam Satya Praba, Rahayuningsih, Margareta , Setiati, N. (2014). Efektifitas Pemanfaatan Penangaran kupu-kupu di UNNES Sebagai Sumber Belajar Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Bagi Siswa SMP Negeri 24 Semarang. Unnes Journal of Biology Education, 3(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jbe.v3i1.4149
Prasetya, Ade Yama Wahyu Nur, Dedi Kuswandi, S. A. (2018). Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(11), 1423–1427. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i11.11751
Pratama, I. W. A., Mahadewi, L. P. P., & Suartama, I. K. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Vak Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V Di SDN 2 Banjar Bali. 05, 132–141. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v5i1.20635
Puspitorini, Subali, & Jumadi. (2014). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Dan Afektif. Cakrawala Pendidikan, 33(3), 413–420. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/2385/pdf
Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 Pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal Of Elementary Education, 3(2), 178–185. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524
Ratih, i K. D. R., Japa, I. G. N., & Margunayasa, I. G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–9. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10880
Riyanto, W. D., & Gunarhadi, G. (2017). The Effectiveness of Interactive Multimedia in Mathematic Learning: Utilizing Power Points for Students with Learning Disability. IJPTE : International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 1(1), 55–63. https://doi.org/10.20961/ijpte.v1i1.8400
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Beroientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sanjaya, W. (2014). Media Komunikasi Pembelajaran. jakarta: Kencana.
Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43–48. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6262
Susanto, A. (2015). Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sutrisno. (2016). Berbagai Pendekatan Dalam Pendidikan Nilai Dan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/. http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v4i1.56.
Tegeh, D. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yokyakarta: Graha Ilmu.
Tias, I. W. U. (2017). Penerapan Model Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(1), 50–60. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i1.13060
Wahyuni, H. T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2018). Perangkat Visualisasi Metamorfosis Kupu-kupu Menggunakan Animated Augmented Reality. Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA, 8(1), 69–80. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30700/jst.v8i1.180
Wijanarko, Y. (2017). Model Pembelajaran Make a Match Untuk Pembelajaran Ipa Yang Menyenangkan. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 1(1), 52. https://doi.org/10.30738/tc.v1i1.1579
Wijoyo, A. (2018). Pengaruh Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Multi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 3(1), 46–55. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32493/informatika.v3i1.1519
Wulandari, Sudatha, & Simamora. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459
Yuliati, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.