Multimedia Interaktif Model Neurosains dengan Transformasi Mode Daring dan Luring di Era New Normal
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.41246Kata Kunci:
Multimedia Interaktif, NeurosainsAbstrak
Pembelajaran di Perguruan tinggi kini menghadapi kendala yang sangat serius di tengah masa pandemi covid-19. Jumlah kasus yang setiap hari terus bertambah menyebabkan kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring. Dari permasalahan tersebut sangat diperlukan sebuah skema pembelajaran berbasis multimedia untuk mengantisipasi pembelajaran di era New Normal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan bahan aja multimedia interaktif model neurosains dengan transformasi mode daring dan luring di era new normal. Jenis penelitian ini merupakan penelitian model pengembangan menggunakan Model Dick & Carey, Pemilihan model tersebut dikarenakan tahapan-tahapan yang disajikan sangat sesuai dan cocok dengan skema penelitian yang dikembangkan. Subyek Penelitian yang dilakukan yaitu mahasiswa semester 4, ujicoba kelayakan melibatkan ahli media, ahli isi dan ahli desain. Metode Pegumpulan data menggunakan metode kuesioner, angket dan metode analisa menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan multimedia interaktif sangat efektif dan layak terbukti pada hasil ujicoba ahli media yang memperoleh kalkulasi 88%, ahli desain memperoleh kalkulasi sebesar 90% dan ahli isi memperoleh kalkulasi 87% sehingga pengujian oleh ahli berada pada kategori sangat layak. Selanjutnya ujicoba perseorangan memperoleh kalkulasi sebesar 88%. Ujicoba kelompok kecil memperoleh kalkulasi sebesar 87% dan ujicoba kelompok besar memperoleh kalkulasi sebesar 88%, Jadi dari kegiatan ujicoba yang dilaksanakan menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan dengan transformasi mode daring dan luring sangat layak digunakan pada mata kuliah sistem informasi manajemen di masa pandemic covid-19.
Referensi
Agung, A. S. N., & Surtikanti, M. W. (2020). Students’ Perception of Online Learning during COVID-19 Pandemic: A Case Study on the English Students of STKIP Pamane Talino. SOSHUM : Jurnal Sosial Dan Humaniora, 10(2), 225–235. https://doi.org/10.31940/soshum.v10i2.1316.
Agustina, A. (2017). Pembelajaran Konsep Ikatan Kimia Dengan Animasi Terintegrasi Lcd Projector Layar Sentuh (Low Cost Multi Touch White Board). JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 1(1), 8–13. https://doi.org/10.15575/jta.v1i1.1163.
Amelia, R., Salamah, U., Abrar, M., Desnita, D., & Usmeldi, U. (2021). Improving Student Learning Outcomes Through Physics Learning Media Using Macromedia Flash. Journal of Education Technology, 5(3). https://doi.org/10.23887/jet.v5i3.36203.
Andrizal, A., & Arif, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Sistem E-Learning Universitas Negeri Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(2), 1–10. https://doi.org/10.24036/invotek.v17i2.75.
Anggoro Saputro, A., Dwi Saputra, Y., & Budi Prasetyo, G. (2020). Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Kesadaran Masyarakat Dalam Penerapan Protokol Kesehatan. Jurnal Porkes, 3(2), 81–92. https://doi.org/10.29408/porkes.v3i2.2865.
Arham, U. U., & Dwiningsih, K. (2016). Keefektifan Multimedia Interaktif Berbasis Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 4(2), 111. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v4n2.p111--118.
Arsyad & Azhar. (2016). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.
Astuti, F., Cahyono, E., Supartono, S., Van, N., & Duong, N. (2018). Effectiveness Of Elements Periodic Table Interactive Multimedia In Nguyen Tat Thanh High School. International Journal of Indonesian Education and Teaching, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.24071/ijiet.2018.020101.
Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100.
Basuony, M. A. K., EmadEldeen, R., Farghaly, M., El-Bassiouny, N., & Mohamed, E. K. A. (2020). The Factors Affecting Student Satisfaction With Online Education During The COVID-19 Pandemic: An Empirical Study Of An Emerging Muslim Country. Journal of Islamic Marketing, 12(3), 631–648. https://doi.org/10.1108/JIMA-09-2020-0301.
Baya’a, N., Daher, W., & Anabousy, A. (2019). The Development of In-Service Mathematics Teachers’ Integration of ICT in a Community of Practice: Teaching-in-Context Theory. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(1), 125–139. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i01.9134.
Duwika, K., & Paramasila, K. W. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Model Hybrid Bernuansa Karakter Bali “Cupak-Gerantang” Pada Pembelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi. Journal of Education Technology, 3(4), 301. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22501.
Fartina, Hizbi, T., & Syahidi, K. (2020). Development of Interactive Physics Learning Media Macromedia Flash 8 Based on Straight Motion Material. Journal of Physics: Conference Series, 1539(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1539/1/012023.
Fiorella, L., & Pilegard, C. (2021). Learner-Generated Explanations: Effects on Restudying and Learning from a Multimedia Lesson. Educational Psychology, 41(1), 45–62. https://doi.org/10.1080/01443410.2020.1755829.
Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973.
Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar (1st ed.). Bumi Aksara.
Istiqlal, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1480.
Jing, J. L. J., Pei Yi, T., Bose, R. J. C., McCarthy, J. R., Tharmalingam, N., & Madheswaran, T. (2020). Hand Sanitizers: A Review on Formulation Aspects, Adverse Effects, and Regulations. In International Journal of Environmental Research and Public Health (Vol. 17, Issue 9). https://doi.org/10.3390/ijerph17093326.
Kahfi, M., Nurparida, N., & Srirahayu, E. (2021). Penerapan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA. JURNAL PETIK, 7(1), 63–70. https://doi.org/10.31980/jpetik.v7i1.986.
Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540.
Maharani, N., & Kartini, K. S. (2019). Penggunaan Google Classroom Sebagai Pengembangan Kelas Virtual Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah Topik Kinematika Pada Mahasiswa Jurusan Sistem Komputer. PENDIPA Journal of Science Education, 3(3), 167–173. https://doi.org/10.33369/pendipa.3.3.167-173.
Marlena, N., Dwijayanti, R., & Edwar, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 6(1), 45–51. https://doi.org/10.21009/jpeb.006.1.5.
Mukmin, B. A., & Primasatya, N. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Macromedia Flash Berbasis K-13 Sebagai Inovasi Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(2), 211–226. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i2.13854.
Münchow, H., & Bannert, M. (2019). Feeling good, learning better? Effectivity of an emotional design procedure in multimedia learning. Educational Psychology, 39(4), 530–549. https://doi.org/10.1080/01443410.2018.1524852.
Mustika, M., Sugara, E. P. A., & Pratiwi, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. Jurnal Online Informatika, 2(2), 121. https://doi.org/10.15575/join.v2i2.139.
Niemi, H. M., & Kousa, P. (2020). A Case Study of Students’ and Teachers’ Perceptions in a Finnish High School during the COVID Pandemic. International Journal of Technology in Education and Science, 4(4), 352–369. https://doi.org/10.46328/ijtes.v4i4.167.
Nopriyanti, & Sudira, P. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kompetensi Dasar Pemasangan Sistem Penerangan dan Wiring Kelistrikan Di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(2), 222 – 235. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i2.6416.
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18.
Owston, R., & York, D. N. (2018). The nagging question when designing blended courses: Does the proportion of time devoted to online activities matter? Internet and Higher Education, 36, 22–32. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2017.09.001.
Patricia, F. A., & Zamzam, K. F. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Materi Himpunan Berbasis Puzzle Dengan Pendekatan Kontekstual. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1112. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3132.
Peters, M. A., Rizvi, F., McCulloch, G., Gibbs, P., Gorur, R., Hong, M., Hwang, Y., Zipin, L., Brennan, M., Robertson, S., Quay, J., Malbon, J., Taglietti, D., Barnett, R., Chengbing, W., McLaren, P., Apple, R., Papastephanou, M., Burbules, N., … Misiaszek, L. (2020). Reimagining the new pedagogical possibilities for universities post-Covid-19: An EPAT Collective Project. Educational Philosophy and Theory, 1–45. https://doi.org/10.1080/00131857.2020.1777655.
Priambodo, A., & Arifin, Z. (2019). Interactive Animation Based Learning Media on Starter System Materials for Vocational Students. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 25(2), 187–193. https://doi.org/10.21831/jptk.v25i2.20026.
Pujawan, K. A. H. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Video Tutorial Pada Mata Kuliah Multimedia I (Desain Grafis) di politeknik Ganesha Guru. Journal of Education Technology, 2(1), 61. https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13810.
Qomariah, S. S., & R Sudiarditha, I. K. (2017). ualitas Media Pembelajaran, Minat Belajar, dan Hasil Belajar Siswa: Studi Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X IIS Sma Negeri 12 Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 4(1), 46. https://doi.org/10.21009/jpeb.004.1.3.
Rahmawati, A. S., & Dewi, R. P. (2019). Penggunaan Multimedia Interaktif (MMI) Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(1), 50. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i1.958.
Saichaie, K. (2020). Blended, Flipped, and Hybrid Learning: Definitions, Developments, and Directions. New Directions for Teaching and Learning, 2020(164), 95–104. https://doi.org/10.1002/tl.20428.
Sanjaya, W. (2013). Perencanan dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group.
Shangguan, C., Gong, S., Guo, Y., Wang, X., & Lu, J. (2020). The effects of emotional design on middle school students’ multimedia learning: the role of learners’ prior knowledge. Educational Psychology, 40(9), 1076–1093. https://doi.org/10.1080/01443410.2020.1714548.
Sharma, S., Ghoshal, C., Arora, A., Samar, W., Nain, L., & Paul, D. (2021). Strain Improvement of Native Saccharomyces cerevisiae LN ITCC 8246 Strain Through Protoplast Fusion To Enhance Its Xylose Uptake. Applied Biochemistry and Biotechnology, 193(8), 2455–2469. https://doi.org/10.1007/s12010-021-03539-3.
Sianturi, S. R. (2018). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Evaluasi E-Learning Pada Institusi Keperawatan Di Jakarta Dan Depok. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.17509/jpki.v4i2.11563.
Smith, K., & Hill, J. (2019). Defining the nature of blended learning through its depiction in current research. Higher Education Research and Development, 38(2), 383–397. https://doi.org/10.1080/07294360.2018.1517732.
Sobarna, E. (2014). Efektifitas Penggunaan Multimedia Interaktif (MMI) Model Tutorial Terhadap Motivasi Serta Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Manusia. EDUTECH, 13(3), 386 – 399. https://doi.org/10.17509/edutech.v13i3.3092.
Sumantri, M. S., & Pratiwi, N. (2015). The Effect of Learning Media and Types of Personality on Elementary Student’s Mathematic Performance. American Journal of Educational Research, 3(3), 276–281. https://doi.org/10.12691/education-3-3-4
Syahrowardi, S., & Permana, A. H. (2016). Desain Handout Multimedia Menggunakan 3D Pageflip Professional untuk Media Pembelajaran pada Sistem Android. JPPPF: Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(1), 89 – 96. https://doi.org/10.21009/1.02113.
Syukria, A. (2017). Efektivitas Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Materi Dimensi Tiga. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(2), 102. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i2.3424.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.
Umam, K. (2016). Pengaruh Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 84. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol1no1.2016pp84-92.
Uno, H. B. (2012). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. PT Bumi Aksara.
Van Lancker, W., & Parolin, Z. (2020). COVID-19, school closures, and child poverty: a social crisis in the making. In The Lancet Public Health (Vol. 5, Issue 5, pp. e243–e244). https://doi.org/10.1016/S2468-2667(20)30084-0.
Yan, L., Whitelock-Wainwright, A., Guan, Q., Wen, G., Gašević, D., & Chen, G. (2021). Students’ experience of online learning during the COVID-19 pandemic: A province-wide survey study. British Journal of Educational Technology, 52(5), 2038–2057. https://doi.org/10.1111/bjet.13102.
Yates, A., Starkey, L., Egerton, B., & Flueggen, F. (2021). High school students’ experience of online learning during Covid-19: the influence of technology and pedagogy. Technology, Pedagogy and Education, 30(1). https://doi.org/10.1080/1475939X.2020.1854337.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.