Perbedaan Hasil Belajar Senam Lantai Berdasarkan Model Pembelajaran yang Diberikan Secara Daring

Penulis

  • I Gusti Ayu Ketut Suryadani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali
  • I Ketut Sudiana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali
  • I Ketut Semarayasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v27i3.43766

Kata Kunci:

Discovery, Flipped Classroom, Hasil Belajar, Senam Lantai

Abstrak

Pembelajaran di sekolah saat ini harus menerapkan pembelajaran daring dalam memberikan materi pembelajaran ke peserta didik selama pandemi COVID-19, termasuk materi senam lantai pada mata pelajaran PJOK. Penerapan pembelajaran daring membutuhkan model pembelajaran yang tepat sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan penerapan model pembelajaran discovery dan flipped classroom dalam meningkatkan hasil belajar senam lantai. Penelitian quasi-experimental ini dilaksanakan dengan desain post-test only non-equivalent control group. Subjek penelitian ini adalah 60 peserta didik kelas XI, yang terbagi dalam kelompok model pembelajaran discovery dan flipped classroom yang diberikan secara daring. Hasil belajar senam lantai diukur dengan menggunakan instrumen ranah kognitif (soal pilihan ganda) dan ranah psikomotor (tes unjuk kerja dibantu dengan lembar observasi). Data yang dikumpulkan  selanjutnya diukur dan dianalisis dengan two sample t-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar senam lantai antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran discovery lebih baik secara signfikan dibandingkan hasil belajar peserta didik yang mengikuti model pembelajaran flipped classroom. Model pembelajaran discovery dapat dapat membangkitkan minat belajar, keaktifan, serta bermanfaat dalam menerapkan model pembelajaran inovatif bagi guru.

Referensi

Abdullah, M. Y., Hussin, S., Hammad, Z. M., & Ismail, K. (2021). Exploring the effects of flipped classroom model implementation on EFL learners’ self-confidence in English speaking performance. In Recent Advances in Intelligent Systems and Smart Applications, 223–241. https://doi.org/10.1007/978-3-030-47411-9_13. DOI: https://doi.org/10.1007/978-3-030-47411-9_13

Al-Harbi, Sarah., S., & Yousif., A. (2016). The Flipped Classroom Impact in Grammar Class on EFL Saudi Secondary School Students’ Performances and Attitudes. English Language Teaching, 9(10), 60–80. https://eric.ed.gov/?id=EJ1113506. DOI: https://doi.org/10.5539/elt.v9n10p60

Ariani, P., & Wachidi, W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Ppkn Siswa Kelas Vii Smp N 8 Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 8(1), 78–87. https://doi.org/10.33369/diadik.v8i1.7229.

Ariyani, S., Suardana, I. N., & Devi, N. L. pande L. (2020). Komparasi Model Problem Based Learning dan Discovery Learing terhadap Keterampial Berpikir Kritis Siswa SMP. JPPSIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 3(1), 61–70. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.348. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.348

Arnaz, Y., & Adnan, A. (2021). Students’ Perception of Project - Based learning in Microteaching Class. Journal of English Language Teaching, 10(3), 449–461. https://doi.org/10.24036/jelt.v10i3.113871.

Bender, W., & Waller, L. (2014). Google Apps: In Cool Tech Tools for Lower Tech Teachers (20 Tactics for Every Classroom). SAGE Publications Ltd. https://doi.org/10.4135/9781483387840.n16. DOI: https://doi.org/10.4135/9781483387840

Bergmann, J., & Sams, A. (2012). Flip Your Classroom: Reach Every Student in Every Class Every Day. International Society for Technology in Education.

Bloom, B. S. (2014). Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goal, Handbook I Cognitive Domain. Longmans, Green and Co.

Cheng, L., Ritzhaupt, A. D., & Antonenko, P. (2019). Effects of the flipped classroom instructional strategy on students’ learning outcomes: A meta-analysis. Educational Technology Research and Development, 67(4), 793–824. https://doi.org/10.1007/s11423-018-9633-7. DOI: https://doi.org/10.1007/s11423-018-9633-7

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Hadisi, L., & Muna, W. (2015). Pengelolaan Teknologi Informasi dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran (E-Learning). Jurnal Al-Ta’dib, 8(1), 117–140. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-tadib/article/view/396/380.

Halilaj, B., Madić, D., & Sporiš, G. (2018). Gymnastics Skill Level and Fitness in Students Selected for Physical Education Programs. Croatian Journal of Education, 20(3), 825–841. https://doi.org/10.15516/cje.v20i3.2985. DOI: https://doi.org/10.15516/cje.v20i3.2985

Hamzah, Mu’arifin, Heynoek, F. P., Kurniawan, R., & Kurniawan, A. W. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Discovery Learning Materi Gerak Lokomotor Kelas Rendah Sekolah Dasar. Sport Science and Health, 2(8), 384–394. http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/article/view/11629. DOI: https://doi.org/10.17977/um062v2i82020p384-394

Hidayah, A. A. F., Adawiyah, R. A., & Mahanani, P. A. R. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Sosial: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 21(2), 53–56. https://doi.org/10.33319/sos.v21i2.61. DOI: https://doi.org/10.33319/sos.v21i2.61

Ishak, T., Kurniawa, R., & Zamzam, Z. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Guna Meningkatkan Interaksi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Manajemen Informasi Dan E-Administrasi. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(2), 109–119. https://doi.org/10.17977/um039v4i22019p109. DOI: https://doi.org/10.17977/um039v4i22019p109

Karabatak, S., & Polat, H. (2020). The effects of the flipped classroom model designed according to the ARCS motivation strategies on the students’ motivation and academic achievement levels. Education and Information Technologies, 25(3), 1475–1495. https://link.springer.com/articl. DOI: https://doi.org/10.1007/s10639-019-09985-1

Kristyanti, A. (2021). in House Training Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Literasi It Guru Pada Masa Pandemik Di Sdn Purwosari 02 Kota Semarang. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 2(2), 245–254. https://doi.org/10.51874/jips.v2i2.30. DOI: https://doi.org/10.51874/jips.v2i2.30

Ladjar, M. A. B., Juliantine, T., & Mulyana, M. (2017). Influence of Problem-Based Learning Model, Discovery Learning, and Intellectual Intelligence on Creative Thinking. 2nd International Conference on Sports Science, Health and Physical Education, 636–641. https://doi.org/10.5220/0007067106360641. DOI: https://doi.org/10.5220/0007067106360641

Maolidah, I. S., Ruhimat, T., & Dewi, L. (2017). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Edutcehnologia, 3(2), 160–170. https://ejournal.upi.edu/index.php/edutechnologia/article/view/9147.

Mustikaningrum, G., Widiyanto, W., & Mediatati, N. (2021). Application of The Discovery Learning Model Assisted by Google Meet to Improve Students’ Critical Thinking Skills and Science Learning Outcomes. International Journal of Elementary Education, 5(1), 30. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i1.34344. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v5i1.34344

Nugrahaeni, A., Wayan Redhana, I., & Made Arya Kartawan, I. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 23–29. https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12808. DOI: https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12808

Nurcholif, D. M., Suartama, I. K., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2021). Belajar Sejarah Dengan E-Learning Berbasis Discovery Learning. Mimbar Ilmu, 26(2), 225. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.36387. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.36387

Pharamitha, W., & Muchtar, B. (2016). Pengaruh Model Flipped Classroomdan Sikap Siswa Terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi, 3(1), 1–14. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/mpe/article/view/5909.

Purnamawati, W., & Kustiawan, A. (2018). Implementasi Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Peserta Didik. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 2(2). https://doi.org/10.25157/jmr.v2i3.1804. DOI: https://doi.org/10.25157/jmr.v2i3.1804

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397.

Putrayasa, I. M., Syahruddin, & Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3087.

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School Education Journal, 7, 297–302. https://journal.upy.ac.id/index.php/es/article/view/768. DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768

Rosdiana, Boleng, D. T., & Susilo. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Efektivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 2(8), 1060–1064. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i8.9802.

Rusnawati, M. D. (2020). Implementasi Flipped Classroom Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 139–150. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.18238.

Sekarwati, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Discovery Learning yang Terintegrasi Pendidikan Karakter dalam Pelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1). https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.819. DOI: https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.819

Setiawan, A., Yudiana, Y., Ugelta, S., Oktriani, S., Budi, D. R., & Listiandi, A. D. (2020). Hasil Belajar Pendidikan Jasmani dan Olahraga Siswa Sekolah Dasar: Pengaruh Keterampilan Motorik (Tinggi) dan Model Pembelajaran (Kooperatif). TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 3(2), 59–65. https://doi.org/10.17509/tegar.v3i2.24513. DOI: https://doi.org/10.17509/tegar.v3i2.24513

Setiawan, B., & Iasha, V. (2020). Covid-19 Pandemic: the Influence of Full-Online Learning for Elementary School in Rural Areas. Jpsd, 6(2), 114–123. https://doi.org/10.30870/jpsd.v6i2.8400.

Setyorini. (2020). Pandemi Covid-19 dan Online Learning: Apakah Berpengaruh Terhadap Proses Pembelajaran Pada Kurikulum 13? Jiemar, 1(1), 95–102. https://doi.org/10.7777/jiemar.v3i6.

Stoetzel, L., & Shedrow, S. (2020). Coaching our coaches: How online learning can address the gap in preparing K-12 instructional coaches. Teaching and Teacher Education, 8. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.102959. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.102959

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Titting, F., Hidayah, T., & Pramono, H. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Senam Lantai Berbasis Android Pada Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA. Journal of Physical Education and Sports (JPES), 5(2), 120–126. https://doi.org/10.15294/jpes.v5i2.13448.

Warman, L. A. D. (2021). The Effect of Google Classroom in Blended Learning on University Students’ English Ability. J-SHMIC : Journal of English for Academic, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.25299/jshmic.2021.vol8(1).6216. DOI: https://doi.org/10.25299/jshmic.2021.vol8(1).6216

Widiadnyana, I. W., Sadia, I. W., & Suastra, I. W. (2014). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(2). https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/1344.

Wulandari, Y. I., Sunarto, & Totalia, S. A. (2015). Implementasi Model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS I SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 1(2). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn/article/view/7275.

Yuliana, N. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran (JIPP), 2(1), 21–28. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13851

Yulietri, F., Mulyoto, & Agung, L. (2015). Model Flipped Classroom Dan Discovery Learning: Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Teknodika, 13(2), 5–17. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/teknodika/article/view/6792.

Yunita, N., . S., & Anwar, W. S. (2020). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematika. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 3(1), 61–65. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v3i1.2020. DOI: https://doi.org/10.33751/jppguseda.v3i1.2020

Diterbitkan

2022-12-14

Cara Mengutip

Suryadani, I. G. A. K., Sudiana, I. K., & Semarayasa, I. K. (2022). Perbedaan Hasil Belajar Senam Lantai Berdasarkan Model Pembelajaran yang Diberikan Secara Daring. Mimbar Ilmu, 27(3), 468–475. https://doi.org/10.23887/mi.v27i3.43766

Terbitan

Bagian

Articles