Video Pembelajaran IPA Berbasis Demonstrasi untuk Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v27i2.44962Kata Kunci:
Development, Learning Video, Science, DemonstrationAbstrak
Kurang optimalnya inovasi media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran pada muatan IPA menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran berbasis demonstrasi pada muatan IPA kelas IV sekolah dasar. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE sebagai pedoman dalam pengembangan produk. Subjek uji coba produk pada penelitian pengembangan ini diantaranya yaitu ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan 12 orang siswa kelas IV SD. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode angket/kuesioner dengan menggunakan instrumen pengumpulan data berupa lembar angket/kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian pengembangan ini yaitu rancang bangun media video pembelajaran IPA berbasis demonstrasi dengan mengacu pada model ADDIE. Hasil validasi oleh ahli isi pembelajaran memperoleh persentase skor 93,75% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil validasi oleh ahli desain pembelajaran memperoleh persentase skor 95% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil validasi oleh ahli media pembelajaran memperoleh persentase skor 83% dengan kualifikasi baik. Hasil uji coba perorangan memperoleh persentase skor 98,48% dengan kualifikasi sangat baik dan hasil uji coba kelompok kecil memperoleh persentase skor 97,97% dengan kualifikasi sangat baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran IPA berbasis demonstrasi layak untuk digunakan pada proses pembelajaran.
Referensi
Aisah, S. (2020). Analisis Pemahaman Guru Tentang Konsep Hakikat Ipa Dan Pengaruhnya Terhadap Sikap Ilmiah Siswa Sekolah Dasar Di Depok. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 3(1), 16–26. https://doi.org/10.51192/almubin.v3i1.66. DOI: https://doi.org/10.51192/almubin.v3i1.66
Aliyyah, R. R., Saraswati, S., Ulfah, S. W., & Ikhwan, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Menggunakan Media Video Pembelajaran. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 317. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.317-326.2021. DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.317-326.2021
Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Studi Islam, 1(1), 82–93. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo /index.php/alhikmah/article/view/3905.
Bayu, I. M. K., & Wibawa, I. M. C. (2021). Belajar Siklus Air Melalui Video Demonstrasi dengan Media Konret. Mimbar PGSD Undiksha, 9(2), 248. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.34990. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.34990
Elnaledy, H. (2017). Penerapan Metode Demonstrasi Melalui Media Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kalas I SDN 5 Bengkalis Kabupaten Bengkalis Tahun 2016. Jurnal Keagamaan Dan Pendidikan, 13(2), 145–152. https://ejournal.kampusmelayu.ac.id/index.php/akademika/article/view/29/29.
Ermawati, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Pembelajaran Demonstrasi. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(01), 50. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i01.3645. DOI: https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i01.3645
Fathoni, A., Rosyadi, A., Gunawan, I., & Hidayat, M. T. (2020). Pelatihan Guru Sekolah Dasar Dalam Penggunaan Aplikasi Persentasi Powtoon Dan Sparacol. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 3(1), 7–12. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v3i1.327. DOI: https://doi.org/10.33330/jurdimas.v3i1.327
Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237
Jannah, I. N., Hariyanti, D. P. D., & Prasetyo, S. A. (2020). Efektivitas Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 54–59. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24135. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24135
Jundu, R., Nendi, F., Kurnila, V. S., Mulu, H., Ningsi, G. P., & Ali, F. A. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Berbasis Kontekstual Di Manggarai Untuk Belajar Siswa Pada Masa Pandemic Covid-19. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 63–73. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.112. DOI: https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.112
Kalemban, S., Rumahorbo, T. B., & Siallagan, J. (2018). Pengembangan Modul Ipa Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains, Minat, Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fotosintesis Di Kelas Viii Smp Negeri 9 Jayapura. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 6(3), 62–70. https://doi.org/10.31957/jipi.v6i3.603. DOI: https://doi.org/10.31957/jipi.v6i3.603
Karollina, N., Hidayati, U., & Syaflita, D. (2021). Penggunaan Aplikasi Google Classroom Dan Google Form Pada Pembelajaran Ipa Di Mts Darul Hikmah Pekanbaru. Riau Education Journal, 1(1), 21–27. https://jurnal.pgririau.or.id/index.php/rej/article/view/8.
Katimo, Suparmi, & Sukarmin. (2016). Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik Menggunakan Metode Eksperimen dan Demonstrasi terhadap Prestasi dan Kreativitas Ditinjau dari Sikap Ilmiah. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 5(2). https://doi.org/10.20961/inkuiri.v5i2.9482.
Linggarsari, E. (2021). Meta Analisis Pembelajaran Berbasis Media Video Pembelajaran terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 122–128. https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/view/ 1753/576. DOI: https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1753
Mansur, H., & Rafiudin. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 37–48. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.443. DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.443
Mariana, E. (2019). Perbandingan Hasil Belajar Fisika Menggunakan Metode Eksperimen Dan Metode Demonstrasi Siswa Kelas VIII SMP TMI Roudlatul Quran Metro. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(2). https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i2.1871. DOI: https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i2.1871
Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. JPGSD: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 893–903. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/35876.
Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Hamonangan, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20294.
Mawardi, M. (2018). Designing the Implementation of Model and Instructional Media. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 26–40. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p26-40. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p26-40
Mujtaba, I., Rosyidin, D., & Andriyani. (2021). Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19 untuk Mempertahankan Student Wellbeing’s Kelas 2 SD LAB School FIP UMJ. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 5(1), 1–10. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/9352. DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.5.1.1-10
Mutia, R., Adlim, A., & Halim, A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Ipa Pada Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 110–116. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9825. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9825
Nanda, K. K., Tegeh, I. M., & Sudarma, I. K. (2017). Pengembangan video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual kelas V di SD Negeri 1 Baktiseraga. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), 88–99. https://doi.org/10.23887/jeu.v5i1.20627.
Ningsih, D. S. (2019). Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Melalui Metode Demonstrasi Di Kelas VB SDN 61/X Talang Babat. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 22–40. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6849. DOI: https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6849
Nurlaeli, H. (2021). Pengarahan Pembelajaran Ipa Menggunakan Metode Demontrasi Di Sd Negeri Ciporos 03 Karangpucung, Kabupaten Cilacap. Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 10(2), 106–109. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v8i1.21305. DOI: https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v8i1.21305
Pebriani, C. (2017). Pengaruh penggunaan media video terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif pembelajaran IPA kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461. DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461
Prananda, G., Saputra, R., & Ricky, Z. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Media Lagu Anak dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Ikatan Alumni PGSD Unars, 08(02), 304–314. https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/ view/830/606. DOI: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.830
Puspasari, A., Susilowati, I., Kurniawati, L., Utami, R. R., Gunawan, I., & Sayekti, I. C. (2019). Implementasi Etnosains dalam Pembelajaran IPA di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Surakarta. SEJ (Science Education Journal), 3(1), 25–31. https://doi.org/10.21070/sej.v3i1.2426. DOI: https://doi.org/10.21070/sej.v3i1.2426
Risky, M., Anak Agung, G. A., & Komang, S. I. (2018). Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Mata Pelajaran IPA Di SD Negeri 4 Kampung Baru. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 9(2), 246–256. https://doi.org/ 10.23887/jeu.v6i2.20299.
Rorimpandey, W. H. F., & Mandolang, R. (2020). Penggunaan Metode Demonstrasi Dengan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD GP Berea Tondano Kecamatan Tondano Barat Kabupaten Minahasa. Gerbang Pendidikan Dasar, 1(1), 10–14. http://103.123.108.170/index.php/jfp/article/view/1886.
Sari, Y. D. K., Chamisijatin, L., & Santoso, B. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi Siswa Kelas IV Dengan Model Demonstrasi Didukung Media Video Pembelajaran Di SDN 1 Sumbersari Kota Malang. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2). https://doi.org/10.24176/re.v9i2.3181. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v9i2.3181
Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347
Suryani, L. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Menulis Teks Prosedur Melalui Metode Demonstrasi Kelas IX A SMP Negeri 1 Pogalan. Language : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 115–122. https://doi.org/10.51878/language.v1i1.483. DOI: https://doi.org/10.51878/language.v1i1.483
Susiyanti, E., & Nugraheni, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Daring dengan Bantuan Video Video Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 77–92. https://doi.org/10.33363/sn.v0i0.39.
Tiarini, N. P., Dantes, N., & Yudiana, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berorientasi Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i3.21422. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21422
Waluyo, B. (2021). Media Pembelajaran dan Strategi sebagai Penunjang Keberhasilan Pendidikan. Jurnal Mubtadiin, 7(1), 45–63. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/ mubtadiin/article/view/52.
Widiyanto, F. T., Sofyan, A., & Mastur. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA Kelas III untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Journal of Intructional Technology, 1(2), 75–80. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/j-instech/article/view/3653.
Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816. DOI: https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Ni Wayan Uning Widiastuti, D.B. Kt. Ngr. Semara Putra
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.