Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Android dalam Pengenalan Bahasa Inggris Dasar Siswa Kelas VI

Penulis

  • Koming Desi Damayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Maria Goreti Rini Kristiantari Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.46132

Kata Kunci:

pengembangan, aplikasi, Bahasa Inggris

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi karena tidak terdapatnya mata pelajaran Bahasa Inggris di sekolah yang disebabkan oleh ketiadaan guru pengampu mata pelajaran. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa aplikasi pada materi Bahasa Inggris dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap utama yakni tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Adapun jenis data yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Metode dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara tidak terstruktur serta kuesioner atau angket. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini yaitu meliputi: (a) Uji ahli materi memperoleh persentase 100% dengan kualifikasi sangat baik, (b) Uji ahli media pembelajaran memperoleh persentase 91% dengan kualifikasi sangat baik, (c) Uji ahli desain pembelajaran memperoleh persentase 92% dengan kualifikasi sangat baik, (d) Uji coba perorangan memperoleh persentase 93,3% dengan kualifikasi sangat baik, (e) Uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 90,6% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil uji kelayakan, maka dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis aplikasi android materi Bahasa Inggris dasar pada siswa kelas VI SD dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Biografi Penulis

Koming Desi Damayanti, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Maria Goreti Rini Kristiantari, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Referensi

Abdullah, A., Achmad, A., & Sahibu, S. (2021). Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Pemograman Web Berbasis Android. Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 11(1), 45. https://doi.org/10.35585/inspir.v11i1.2626.

Ahnaf, M. K. (2021). Identifikasi Nilai Pendidikan pada Aktivitas Masyarakat di Coffe Shop Kawai Kofie sebagai Sumber Belajar IPS. EdArXiv Preprints, 2010. https://doi.org/10.35542/osf.io/b96gp.

Alfarisy, F. (2021). Kebijakan Pembelajaran Bahasa Inggris di Indonesia. JUrnal Ilmial Profesi Pendidikan, 6(3), 303–313. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.207.

Amanda, N. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dalam Pengenalan Komunikasi Dasar Bahasa Inggris Berbasis Macromedia Flash Kelas V SD/MI. In Universitas Islam Negeri Raden Intan (Vol. 52, Issue 1). http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5885.

Amelia, D., & Nurmaily, E. (2021). Upaya Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Storytelling Slide and Sound. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 2(1), 22. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v2i1.948.

Angga, P. M. W., Sudarma, I. K., & Suartama, I. K. (2020). E-Komik Pendidikan untuk Membentuk Karakter dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 93. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920.

Apriani, N., Fadillah, F., & Astuti, I. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Membaca pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1–8. https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i11.37461.

Cahyo, D. I. D. (2016). Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Conversation Melalui Penggunaan Multimedia Interaktif di MTs Muhammadiyah 1 Gondangrejo [Universitas Sebelas Maret]. In Digital Library UNS. https://doi.org/10.1038/132817a0.

Dewi, A. A. (2019). Buku Sebagai Bahan Ajar: Sebuah Perbandingan Buku Teks Bahasa Inggris di Indonesia dan Thailand. http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint /8853%0A.

Dewi, N. M., & Widyaningrum, L. (2018). Pendampingan Penguatan Literasi Bahasa Inggris Anak melalui “Multiple Stories-Reading.” Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 18(2), 1–16. https://doi.org/10.21580/dms.2018.181.2918.

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934.

Eryanti, Siahaan, A. U., & Maria. (2018). Media Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Pengenalan Anggota. Journal of Digital Education, Communication, and Arts (DECA), 1(1), 55–64. https://doi.org/10.30871/deca.v1i1.639.

Falah, I. F. (2017). Pengenalan KosakataBbahasa Inggris Melalui Lagu. Jurnal Pelita PAUD, 1(2). https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v1i2.208.

Fanny, A. M. (2017). Paradigma Kreativitas Pembuatan Multimedia Pembelajaran IPS di SD. Buana Pendidikan: Jurnal, 13(23), 1–9. https://doi.org/10.36456/bp.vol13.no23.a1582.

Faridatuunnisa, I. (2020). Kebijakan dan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Inggris untuk SD di Indonesia. Seminar Nasional Pendidikan, 191–199. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnas2020/article/view/7510.

Fatmawati, Yusrizal, & Hasibuan, Marhamah, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. Elementary School Journal Pgsd, 11(2), 134–143. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i2.28862.

Fauziyyah, Z. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak dan Berbicara Siswa Kelas III SDN Merjosari 2 Malang. Central Library Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 1–141. http://etheses.uin-malang.ac.id/16642/.

Fikri, H., & Madona, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif (Hendrizal (ed.); Cetakan 1). Penerbit Samudra Biru. http://36.91.55.181/omeka/files/original/9f9a125d67db11f23020f3cc52bab2fd.pdf.

Guna, I. M. D., Agung, A. A. G., & Pudjawan, K. (2019). Game Education Mata Pelajaran Matematika untuk Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Paket Agung. Jurnal Edutech Undiksha, 7(2), 2019. http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v7i2.21669.

Habib, A., Astra, I. M., & Utomo, E. (2020). Media Pembelajaran Abad 21 : Kebutuhan Multimedia Interaktif Bagi Guru dan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(1), 25–35. http://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/ article/view/319.

Hartin. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Jurnal Bahasa Dan Seni, 16(1), 120–128. http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf.

Hasanah, N., Rusdi, M., Wulandari, B. A., Jambi, U., Jambi, U., Jambi, U., & Media, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash Cs 6 untuk Meningkatkan Komunikasi Dasar dan Hasil. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 914–921. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.

Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan. (2015). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, I(3). https://doi.org/10.29303/jpft.v1i3.262.

Husna, M., Degeng, I. N. ., & Kuswandi, D. (2017). Peran Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Prosiding TEP & PDs, 34–41. https://docplayer.info/209320238-Peran-multimedia-interaktif-dalam-pembelajaran-tematik-di-sekolah-dasar.html.

Indartiwi, A., Wulandari, J., & Novela, T. (2020). Peran Media Interaktif dalam Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional “Strategi Dan Implementasi Pendidikan Karakter Pada Era Revolusi Industri 4.0,” 2(1), 28–31. https://bit.ly/3vhcWFW.

Jatmika, H. M. (2005). Pemanfaatan Media Visual dalam Menunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(1), 89–99. https://doi.org/10.21831/jpji.v3i1.6176.

Juriana, J. (2018). Pentingnya Penggunaan Bahasa Inggris dalam Komunikasi Dakwah pada Era Global. Mawa’izh: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 8(2), 241–258. https://doi.org/10.32923/maw.v8i2.773.

Kamlasi, I. (2019). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris bagi Anak-anak Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(Februari), 1–8. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.4844.

Kusuma, S. (2018). Pengembangan Media English Vocabulary Card pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD/MI. In Gastrointestinal Endoscopy (Vol. 10, Issue 1). http://dx.doi.org/10.1053/j.gastro.2014.05.023%0A.

Maduwu, B. (2016). Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah. Jurnal Warta. https://doi.org/10.46576/wdw.v0i50.207.

Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2020). Pentingnya Evaluasi dalam Pembelajaran dan Akibat Memanipulasinya. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2), 244–257. https://doi.org/10.36088/bintang.v2i2.986.

Maharani, Y. S. (2015). Efektivitas Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Kurikulum 2013. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 3(1), 31–40. https://doi.org/10.15294/IJCETS.V3I1.8683.

Maili, S. N. (2018). Bahasa Inggris pada Sekolah Dasar: Mengapa Perlu dan Mengapa Dipersoalkan. Jurnal Pendidikan Unsika, 6(1), 23–28. https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/1203.

Milala, H. F., Joko, Endryansyah, & Agung, A. I. (2022). Keefektifan dan Kepraktisan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Player. Jurnal Pendidikan Elektro, 11(1), 195–202. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/43450.

Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Adobe Flash Cs 6 pada Mata Pelajaran Sosiologi. Journal of Curriculum and Educational Technology, 8(1), 27–38. https://doi.org/10.35438/e.v8i1.221.

Myori, D. E., Krismadinata, C., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. JTEV: Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional, 5(2), 102–109. https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.106832.

Najamuddin, M., Abdurrahman, & Jalmo, T. (2016). Multimedia Interaktif dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Konsep Fisika Listrik Dinamis. Jurnal Pembelajaran Fisika., 72–81. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/12053/8624.

Nida, D. M. A. A., Parmiti, D. P., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Media Kartu Bergambar Berorientasi Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran Bahasa Bali. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 16. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.25393.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171.

Rifai, R. A. (2019). Peran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Ilmu di Era Globalisasi. Research Gate. https://doi.org/10.31227/osf.io/5rt4s.

Shalikhah, N. D. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire sebagai Inovasi Pembelajaran. Warta LPM, 20(1), 9–16. https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.2842.

Sofyan, M., Abdussamad, S., & Bonok, Z. (2022). Aplikasi Multimedia Interaktif sebagai Alat Bantu Belajar Bahasa Inggris pada Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, 11, 1–8. https://ejurnal.unisan.ac.id/index.php/electrichsan/article/view/86.

Subiyantoro, S., & Mulyani, S. (2017). Kegunaan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Edudikara, 2(2), 92–100. https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i2.38.

Suherman, & Yadi. (2017). Pengembangan Aplikasi Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal SAP, 2(1), 53–63. https://conference.binadarma.ac.id/index.php/semhavok/article/view/201.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp .v2i2.113.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2018). Addie sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (MIE) Mata Kuliah Kurikulum dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(2), 277–286. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892.

Trianawati, I. G. A. K., Ardana, I. K., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Animasi terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. International Journal of Elementary Education, 4(1), 73–81. http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24337.

Utami, S., Febryansyah, R., & Informasi, S. (2021). Rancang Bangun Pembelajaran Bahasa Inggris Tingkat Dasar pada SD Negeri 2 Rawa Laut. Jurnal Teknologi Pintar, 1(1), 1–17. http://teknologipintar.org/index.php/teknologipintar/article/view/11.

Wulandari, R., Susilo, H., & Kuswandi, D. (2017). Penggunaan Multimedia Interaktif Bermuatan Game Edukasi untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 2(8), 10241029. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i8.9759.

Diterbitkan

2022-05-03

Cara Mengutip

Damayanti, K. D., & Kristiantari, M. G. R. (2022). Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Android dalam Pengenalan Bahasa Inggris Dasar Siswa Kelas VI. Mimbar Ilmu, 27(1), 81–89. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.46132

Terbitan

Bagian

Articles