Pola Implementasi Kebijakan Zonasi Pada Penerimaan Peserta Didik Baru

Penulis

  • Indra Budi Setiawan Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Husaini Usman Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v27i2.51604

Kata Kunci:

Pola, Manajemen Pendidikan, Zonasi

Abstrak

Penerimaan peserta didik baru berbasis zonasi menggunakan jarak sebagai syarat utama, bukan lagi seleksi berdasarkan kemampuan. Zonasi pendidikan dapat dilihat dari sisi sosial ekonomi, memberikan kesempatan kepada siswa dari kelas sosial ekonomi rendah untuk masuk ke sekolah yang memiliki peserta didik dari sosial ekonomi campuran dapat meningkatkan prestasi akademik mereka. Pengimpelementasian penerimaan peserta didik baru berbasis zonasi menjadi sebuah topik yang cukup penting untuk dikaji. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola implementasi kebijakan zonasi pada penerimaan peserta didik baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data melalui kredibilitas, konfirmabilitas, dependabilitas, dan transferabilitas. Analisis data menggunakan model Miles & Huberman. Hasil penelitian ini adalah pola manajemen penerimaan peserta didik baru berbasis zonasi meliputi pola: perencanaan PPDB, pengorganisasian PPDB, pelaksanaan PPDB, dan pengawasan PPDB. Kesimpulanya adalah pola implementasi kebijakan zonasi penerimaan peserta didik baru berjalan sesuai aturan yang berlaku dan aspek-aspek manajemen. Manajemen PPDB berbasis zonasi dapat dianalisis dengan teori fungsi manajemen pendidikan milik Terry yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan.

Referensi

Alfian, M. A. (2019). Politik Zonasi dalam Praktik Pendidikan di Indonesia. POLITICON, 1(2), 118 – 134. https://doi.org/10.15575/politicon.v1i2.6363. DOI: https://doi.org/10.15575/politicon.v1i2.6363

Arif, S. (2020). Pola Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Zonasi di SMPN dan SMAN Pamekasan. NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam, 17(2), 127–148. https://doi.org/10.19105/nuansa.v17i2.3526. DOI: https://doi.org/10.19105/nuansa.v17i2.3526

Aryantini, Agung, & Dantes. (2018). Kontribusi Implementasi Manajemen Sekolah Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tri Hita Karana, Kepemimpinan Pelayan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 9(2), 99–110. https://doi.org/10.23887/japi.v9i2.2757. DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v9i2.2757

Bakar, K. A. A, Supriyati, Y., & Hanafi, I. (2019). Evaluation of admission student policy based on zoning system for acceleration education quality in indonesia. Journal of Management Info, 6(2), 19–24. https://doi.org/10.31580/jmi.v6i2.883.

Bakar, Kosasih Ali Abu, Supriyati, Y., & Hanafi, I. (2019). Evaluation of Admission Student Policy based on Zoning System for Acceleration Education Quality in Indonesia. Journal of Management Info, Vol 6(Issue 2), 19–24. https://doi.org/DOI: 10.31580/jmi.v6i2.883. DOI: https://doi.org/10.31580/jmi.v6i2.883

Bouzarth, E. L, Forrester, R., Hutson, K. R., & Reddoch, L. (2017). Assigning students to schools to minimize both transportation costs and socioeconomic variation between schools. Socio-Economic Planning Sciences Xxx, 1(8). https://doi.org/10.1016/j.seps.2017.09.001.

Bouzarth, Elizabeth L., Forrester, R., Hutson, K. R., & Reddoch, L. (2017). Assigning students to schools to minimize both transportation costs and socioeconomic variation between schools. Socio-Economic Planning Sciences xxx, 1–8. DOI: https://doi.org/10.1016/j.seps.2017.09.001

Habiby, W. N., & Fiatun, S. N. (2020). Persepsi Masyarakat Dan Dampak Sistem Zonasi Untuk Pemerataan Akses Sekolah Jenjang Sekolah Dasar Di Kecamatan Serengan Kota Surakarta. Profesi Pendidikan Dasar, 6(2). https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.10151.

Handani, M. S., & Frinaldi, A. (2020). Implementasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru Dengan Sistem Zonasi Pada SMP Negeri di Kota Padang. Jurnal Manajemen dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP), 73–86. https://doi.org/10.24036/jmiap.v2i3.181. DOI: https://doi.org/10.24036/jmiap.v2i3.181

Hanifah, H. (2018). Penerapan Manajemen Program Pembelajaran Bagi Guru Paud Dalam Meningkatkan Kinerja Pendidik. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(3), 24. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i3.1102. DOI: https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i3.1102

Harususilo, Y. E. (2019). 9 Poin Buka-bukaan Mendikbud Soal Sistem Zonasi dan PPDB 2019 - Kompas.com. Kompas.

Hoerudin, C. W. (2019). Evaluation of new student admission policy based on zonation system in Bandung City. JISPO Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 9(2), 351–361. https://doi.org/10.15575/jispo.v9i2.5483.

Istriyani, W., & Satyarini, M. D. (2021). Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru di SMK Sultan Trenggono Gunungpati Semarang. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, 2(1), 38–43. https://doi.org/10.31331/jeee.v2i1.1677. DOI: https://doi.org/10.31331/jeee.v2i1.1677

Lisnawati, R. (2017). Fungsi Manajemen Kepala Sekolah, Motivasi, Dan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(2). https://doi.org/10.26740/jp.v2n2.p143-149. DOI: https://doi.org/10.26740/jp.v2n2.p143-149

Mahpudin, M. (2020). Hak Warganegara Yang Terampas: Polemik Kebijakan Sistem Zonasi dalam Pendidikan Indonesia. Jurnal Transformative, 6(2), 148–175. https://doi.org/10.21776/ub.transformative.2020.006.02.2. DOI: https://doi.org/10.21776/ub.transformative.2020.006.02.2

Mohammad Thoha, H. A., & Ghazali. (2020). Dampak Penerapan Sistem Zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1). https://doi.org/10.19105/tjpi.v15i1.3302. DOI: https://doi.org/10.19105/tjpi.v15i1.3302

Mulyani, S. V, Tobari, & Houtman. (2020). Manajemen Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem Zonasi. Jambura Journal of Educational Management, 1(2), 71–84. https://doi.org/10.37411/jjem.v1i2.162. DOI: https://doi.org/10.37411/jjem.v1i2.162

Nurjaningsih, S. T. (2019). Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb) Sistem Zonasi. Jurnal Tata Kelola Pendidikan, 1(2), 126–138. DOI: https://doi.org/10.17509/jtkp.v1i2.32544

Nurviana, N., Hawi, A., & Maryamah, M. (2021). Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem Zonasi Tingkat Sekolah Menengah Atas di Sekayu Tahun Pelajaran 2021/2022. , 3(1), . https://doi.org/. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 3(1), 81–104. https://doi.org/10.35719/jieman.v3i1.68. DOI: https://doi.org/10.35719/jieman.v3i1.68

Perdana, N. S. (2019). Implementasi PPDB zonasi dalam upaya pemerataan akses dan mutu pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 3(1), 78–92. https://doi.org/10.32529/glasser.v%vi%i.186. DOI: https://doi.org/10.32529/glasser.v3i1.186

Perdana, Novrian Satria. (2018). Implementasi Peranan Ekosistem Pendidikan Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2358. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2358

Põder, K., Lauri, T., & Veski, A. (2017). Does school admission by zoning affect educational inequality? A study of family background effect in Estonia, Finland, and Sweden. Scandinavian Journal of Educational Research, 6(6), 668–688. https://doi.org/10.1080/00313831.2016.1173094 . DOI: https://doi.org/10.1080/00313831.2016.1173094

Puspitasari, Y., Tobari, & Kesumawati, N. (2021). Pengaruh Manajemen Kepala Sekolah dan Profesionalisme Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, 6(1), 88–99. https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.4036. DOI: https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.4036

Riswan, R., & Wibowo, U. B. (2020). The Impact of Implementing a Zonasi System on the Acceptance of New Students in Junior High School in Yogyakarta. sia Pacific Journal of Management and Education (APJME), 3(3), 37–41. https://doi.org/10.32535/apjme.v3i3.966. DOI: https://doi.org/10.32535/apjme.v3i3.966

Rohmah, S., Wahyudi, W., & Pamungkas, F. (2021). Pengelolaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Berdasarkan Sistem Zonasi di SMP Negeri 1 Mlonggo Jepara. Jawda: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 25–34. https://doi.org/10.21580/jawda.v1i1.2020.6704. DOI: https://doi.org/10.21580/jawda.v1i1.2020.6704

Safarah, A. A., & Wibowo, U. B. (2018). Program Zonasi Di Sekolah Dasar Sebagai Upaya Pemerataan Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 21(2), 206. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n2i6. DOI: https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n2i6

Syakarofath, N. A., Sulaiman, A., & Irsyad, M. F. (2020). Kajian pro kontra penerapan sistem zonasi pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 115–130. https://doi.org/10.24832/jpnk.v5i2.1736. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v5i2.1736

Wardhana, L. P., & Supriyoko, S. (2019). Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru Secara Online Berbasis Zonasi, Prestasi dan Perpindahan. Media Manajemen Pendidikan, 2(2), 228–235. https://doi.org/10.30738/mmp.v2i2.5063. DOI: https://doi.org/10.30738/mmp.v2i2.5063

Widyana, N. (2021). Implementasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru Melalui Jalur Zonasi. Jurnal Kebijakan Publik, 12(1), 35–42. https://doi.org/10.46730/jkp.v12i1.7923.

Wijaya, C., Fuadi, A., & Hasibuan, S. (2020). Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru di Sekolah Menegah Pertama Kabupaten Langkat. JUPIIS (JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL), 12(1), 162 – 177. https://doi.org/10.24114/jupiis.v12i1.16463. DOI: https://doi.org/10.24114/jupiis.v12i1.16463

Diterbitkan

2022-09-29

Cara Mengutip

Setiawan, I. B. ., & Usman, H. (2022). Pola Implementasi Kebijakan Zonasi Pada Penerimaan Peserta Didik Baru. Mimbar Ilmu, 27(2), 340–348. https://doi.org/10.23887/mi.v27i2.51604

Terbitan

Bagian

Articles