Pengembangan Modul Digital berbasis STEM menggunakan Aplikasi 3D FlipBook pada Mata Kuliah Sistem Operasi

Penulis

  • Karmila Suryani Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Bung Hatta Padang
  • Iga Setia Utami
  • Khairudin Khairudin
  • Ariska Ariska
  • Ade Fitri Rahmadani

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.28702

Abstrak

Bahan ajar konvensional belum mampu memenuhi tuntutan pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul digital pembelajaran berbasis STEM pada mata kuliah sistem operasi. Penelitian pengembangan ini menggunakan prosedur ADDIE, dengan langkah-langkah pengembangan yatu; 1) Analisis (analysis), 2) Desain (design), 3) Pengembangan (development), 4) Implementasi (implementation), dan 5) Evaluasi (evaluation). Sampel penelitian adalah mahasiswa yang sedang mengambil amata kuliah sistem operasi berjumlah 17 orang. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi dan angket praktikalitas dengan teknik analiisa data menggunakan analisis deskriptif. Tahap pengujian kelayakan Modul digital dilakukan dengan cara validasi produk oleh dua orang pakar, yaitu ahli desain dan ahli konten. Hasil penelitian mennjukan bahwa nilai validitas produk dengan kategori sangat valid sedangkan nilai praktikalitas pada kategori Praktis. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa modul digital Sistem Operasi berbasis STEM sangat valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Referensi

Adila Clara, dkk, 2013. Pengembangan LKPD Berbasis STEM untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Lampung

Aryawan, & Dkk. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Mata Pelajaran Ips Di Smp Negeri 1 Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 6(2), 180–191. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20290/12344

Bruton, R. 2017. STEM Education: Policy Statement 2017–2026. Irlandia : Department of Education and Skill

Daryanto. 2013. Menyusun Modul:Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Pengembangan Bahan Ajar dan Media. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Diantari, & dkk. (2018). Pengembangan E-modul berbasis Mastery Learning untuk Mata Pelajaran KKPI Kelas XI. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (Janapati), 7(1), 33–48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/janapati.v7i1.12166

Fitriyani, 2017. Pembelajaran Menggunakan Media 3D Pageflip Professional Dan Media Camtasia Studio 8 Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit Di Kelas X SMA Islam Al-Arief Muaro Jambi.[https://repository.unja.ac.id/2252/1/ARTIKEL%20FITRI%20pdf.pdf]

Irwandani, Latifah, Asyhari, Muzannur, & Widayanti. (2017). Modul Digital Interaktif Berbasis Articulate Studio’13: Pengembangan Pada Materi Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 6(2). https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1862

Khairudin, Karmila Suryani, A.D. Trisno George Selvi, Uswatun Hasanah. 2018. Developing Educational Statistics Module by Using Problem-Based Learning (PBL) for the Students of the Faculty of Teacher Training and Education of Bung Hatta University, Padang, Indonesia. International Journal of Engineering & Technology. 7 (4.9): 220-225

Kurniawan, Elmunsya, & Muladi. (2018). Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Think Pair Share (TPS) Berbantuan Modul Ajar Terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Rancang Bangun. Jaringan JP (Jurnal Pendidikan), 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jp.v3n2.p80-85

Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa Smp Melalui Pendekatan Open Ended. Prisma, 6(2), 119–131. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122

Oktavia, Rani. 2017. Bahan ajar berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathtematics (STEM) untuk mendukung pembelajaran IPA Terpadu , Sumatra Barat, Jurnal Semesta.

Paramita. (2016). Pengaruh Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Pupuan. Retrieved from http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/6950/4740.

Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Pratiwi, Hidayah, & Martiana. (2017). Pengembangan Modul Mata Kuliah Penilaian Pembelajaran Sosiologi Berorientasi Hots. Cakrawala Pendidikan, 36(2), 201–209. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/13123/pdf

Purnomo, & Nugraheni. (2019). Pengembangan Modul Tari Berbasis Digital untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Menengah Tari. Gondang: Jurnal Seni Dan Budaya, 3(2), 119–127. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/gondang.v3i2.14157

Putri, Novitasari, dkk. 2016. Pengembangan modul digital Mata Pelajaran Komposisi Foto Digital ( Paket Keahlian Multimedia) dengan Model Pembelajaran Task Based Learning Pada Kelas XI Di SMK 3 Mataram, Bali, Jurnal Karmapati.

Rahmawati, Budiyono, & Wardi. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Digital Berbasis Visual Basic for Application (VBA) PowerPoint. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ijcets.v5i1.14248

Rasmawan. (2018). Development of Chemistry Module for Junior High School Based on Inquiry Accompanied by Performance-Based Assessment. Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(2), 111–119. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v7i2.10617

Reeve,E.M. 2015. STEM thinking!. Technology and Engineering Teacher(ITEEA), 74 (4), 8-16

Rusman, D. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugihartini, & Laba. (2017). Pengembangan E-modul mata kuliah strategi pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(2), 221–230.

Sukardi. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryani, K. (2020). Implementasi Model STEMPROCSI Studi Kasus Pada Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer. Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi. 20 (1): 103-112 Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(2), 221–230.

Udayana, & Dkk. (2017). Pengembangan E-modul pada mata pelajaran pemrograman berorientasi objek dengan model pembelajaran Problem Based Learning Kelas VIII rekayasa perangkat lunak. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (Janapati), 6(2), 128–139. https://doi.org/https://www.researchgate.net/deref/http%3A%2F%2Fdx.doi.org%2F10.23887%2Fjanapati.v6i2.9373

Utami, Taza Nur, dkk. 2018. Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) pada Materi Segiempa. Bandar Lampung, Jurnal Matematika.

Vanorika kadek benny,dkk 2016.Pengembangan Modul digital Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI Di SMK Negeri 3 Singaraja.Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.

Yazzie, T., & Peacock, M. 2018. STEM education and outreach: putting invisible wonders into the spotlight of science education. Salish Sea Ecosystem Conference. British Columbia. University Archives, Heritage Resources, Western Libraries, Western Washington University.

Diterbitkan

2020-10-21

Cara Mengutip

Suryani, K., Utami, I. S., Khairudin, K., Ariska, A., & Rahmadani, A. F. (2020). Pengembangan Modul Digital berbasis STEM menggunakan Aplikasi 3D FlipBook pada Mata Kuliah Sistem Operasi. Mimbar Ilmu, 25(3), 358–367. https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.28702

Terbitan

Bagian

Articles