Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah

Luh Putu Purnama Dewi, I Wayan Santyasa, I Made Kirna

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) perbedaan kemampuan berpikir kritis (KBK) dan sikap ilmiah (SI) antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran STM dan yang belajar dengan model pembelajaran langsung (PL) setelah perlakuan dikontrol dengan kemampuan berpikir kritis  (KBKA) awal dan sikap ilmiah awal (SIA), (2) perbedaan KBK antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran STM dan yang belajar dengan model PL setelah perlakuan dikontrol dengan KBKA dan SIA, (3) perbedaan SI antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran STM dan yang belajar dengan model PL setelah perlakuan dikontrol dengan KBKA dan SIA. Penelitian eksperimen semu ini menggunakan non-equivalent pretest posttest control group design. Populasinya adalah 8 kelas siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kubu Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 252 orang. Sampel penelitian dipilih secara simple random untuk menentukan 2 kelas, yang selanjutnya dirandom kembali untuk menentukan 1 kelas sebagai kelompok eksperimen menggunakan pembelajaran STM dan yang lain pembelajaran PL. Data KBK dikumpulkan dengan tes dan data SI dengan kuesioner baik di awal maupun di akhir eksperimen. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan MANCOVA. Setelah perlakuan dikontrol dengan KBKA dan SIA, hasil penelitian menunjukkan temuan-temuan sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan secara signifikan KBK dan SI antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran STM dan yang belajar dengan model PL. KBK dan SI siswa yang belajar dengan pembelajaran STM lebih tinggi dibandingkan dengan yang beljar dengan model PL. (2) Terdapat perbedaan KBK antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran STM dan yang belajar dengan model PL. KBK siswa yang belajar dengan pembelajaran STM lebih tinggi dibandingkan dengan yang beljar dengan model PL. (3) Terdapat perbedaan SI antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran STM dan siswa yang belajar dengan model. SI siswa yang belajar dengan pembelajaran STM lebih tinggi dibandingkan dengan yang beljar dengan model PL.

 

Kata kunci: Model Sains Teknologi Masyarakat, Kemampuan Berpikir Kritis, Sikap Imiah


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

BNSP. 2006. Panduan penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: BNSP.

Dahar, R. W. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Desianti, N. W. H., Adnyana, P. B., & Setiawan I. G. A. N. 2015. Pengembangan perangkat pembelajaran IPA dengan setting sains teknologi masyarakat untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kreatif siswa SMP. e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan IPA. 5: 1-12. Tersedia pada http://pasca. undiksha.ac.id. Diakses 6 Februari 2016.

Depdiknas. 2006. Panduan penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan jenjang pendidikan

dasar dan menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional.

Kardi, S. & Nur, M. 2004. Pengajaran langsung. Surabaya: University Press.

Kartini, N. N, Adnyana, P.B., & Jelantik, I. B. S. 2014. Pengaruh pendekatan pembelajaran sains teknologi masyarakat (STM) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sikap ilmiah siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. 4: 1-13. Tersedia pada http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal. Diakses 11 Februari 2016.

Poedjiadi, A. 2005. Sains teknologi masyarakat (model pembelajaran kontekstual bermuatan nilai). Bandung: PT. Rosdakarya.

Rafiuddin, A. 2011. Penilaian sikap ilmiah dalam pembelajaran sains. Artikel. Tersedia pada www.depdiknas. go.id/jurnal/27/Sikap_ilmiah. Diakses 23 Maret 2016.

Sadya, W. 2011. Model pembelajaran sains teknologi masyarakat. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Santoso, S. 2010. Statistik multivariat. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Santyasa, I W. 2012. Pembelajaran inovatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Santyasa, I W. 2014. Asesmen dan evaluasi pembelajaran fisika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suparno, P. 1997. Filsafat konstruktivisme dalam pendidikan. Yogyakarta: Kaniasius.

Yager, R. E. 1996. Sciens/technology/society as reform in science education. New York: State University




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/tscj.v1i1.20331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Thinking Skills and Creativity Journal is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id

 


Thinking Skills and Creativity Journal indexed by:

Akreditasi SINTA   Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Thinking Skills and Creativity Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.