Pengaruh Model Connecting Organizing Reflecting Extending Berbantuan Audio Visual Terhadap Pemahaman dan Berpikir Kritis IPA

L. Sri Ekayanti, Kusmariyatni Kusmariyatni, I Nym Murda

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep dan berpikir kritis IPA siswa. Oleh karena itu,  penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep dan berpikir kritis IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran connecting organizing reflecting extending (CORE) berbantuan media audio visual dan siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran CORE berbantuan media audio visual pada siswa  kelas V SD di Gugus III Kecamatan Marga. Penelitian ini merupakan penelitian, eksperimen semu dengan rancangan posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas V SD di Gugus III Kecamatan Marga yang berjumlah 156 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 59 siswa, yaitu 35 orang siswa kelas V SD Negeri 2 Kuwum sebagai kelompok eksperimen dan 24 orang siswa kelas V SD Negeri 3 Marga sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode tes. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda pemahaman konsep dan tes uraian berpikir kritis IPA. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji ANAVA-A, dan uji MANOVA. Hasil uji hipotesis I menunjukkan bahwa F = 25,901; sig<0,05, hasil uji hipotesis II menunjukkan bahwa F = 12,501; sig<0,05, dan hasil uji hipotesis III menunjukkan bahwa F = 23,618; sig<0,05. Berdasarkan temuan di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep dan berpikir kritis IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran CORE berbantuan media audio visual dan siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran CORE berbantuan media audio visual pada siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Marga tahun pelajaran 2018/2019.

 

Kata kunci: CORE, media audio visual, pemahaman konsep, dan berpikir kritis IPA


Full Text:

PDF

References


Agung, A.A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang:Aditya Media Publishing.

Arikunto, S. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.

Ashyar, R. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Dantes, 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data.Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Hidayat, dkk. 2007. Ilmu & Aplikasi Pendidikan. Bandung:PT. IMTIMA

Humaira, F. A.,dkk. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran CORE pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X SMAN 9 Padang”. Jurnal Pendidikan Matematika UNP. Volume 3.

Lefudin. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta:Deepublish.

Putri, dkk. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran CORE Berbantuan Lingkungan Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas IV SD Gugus I Kecamatan Negara”. Mimbar PGSD Undiksha. Volume 1.

Rusman. 2016. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:Rajawali Pers.

Samatowa, U. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.Jakarta:PT.Indeks.

Setyosari,P. 2016. Metode Penelitian & Pengembangan. Jakarta:Prenadamedia Group.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Siregar, dkk. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran CORE Terhadap Kemampuan Berpikir Dan Disposisi Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMA Negeri Di Jakarta Timur. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. Volume 11. Tersedia pada : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2997/2328. Diakses pada tanggal 29 Desember 2018.

Subarjo, dkk.2014 “Pengaruh Model CORE Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V Di Gugus I Nakula Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana”.Mimbar PGSD Undiksha. Volume 2. Tersedia pada : https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3760/3009. Diakses pada tanggal 29 Desember 2018.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tegeh, I M. 2008. Media Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Widiawati, dkk. 2015. “Analisis Pemahaman Konsep Dalam Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas IV SD Gugus II Kecamatan Banjar”. Mimbar PGSD Undiksha. Volume 3.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/tscj.v1i1.20333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Thinking Skills and Creativity Journal is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id

 


Thinking Skills and Creativity Journal indexed by:

Akreditasi SINTA   Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Thinking Skills and Creativity Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.