Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Questions Card Terhadap Pemahaman Konsep \ dan Keterampilan Berpikir Kritis IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/tscj.v1i2.20492Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Group Investigation berbantuan media questions card terhadap pemahaman konsep siswa kelas V SD Gugus IV Kecamatan Abiansemal, 2) mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation berbantuan media questions card terhadap keterampilan berpikir kritis IPA siswa kelas V SD Gugus IV Kecamatan Abiansemal, 3) mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation berbantuan media questions card terhadap pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis IPA siswa kelas V SD Gugus IV Kecamatan Abiansemal. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimen) dengan rancangan non-equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian berjumlah 144 siswa kelas V yang berasal dari 6 sekolah di SD Gugus IV Kecamatan Abiansemal. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling yaitu siswa kelas V SDN 1 Abiansemal Dauh Yeh Cani berjumlah 28 orang dan siswa kelas V SDN 1 Ayunan berjumlah 27 orang. Data penelitian dikumpulkan menggunakan metode tes dengan instrumen tes objektif untuk mengukur pemahaman konsep dan non tes dengan lembar kuesioner untuk mengukur keterampilan berpikir kritis IPA. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial (analisis uji Manova). Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Group Investigation berbantuan media questions card terhadap pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis IPA dan siswa yang tidak mendapat perlakuan model pembelajaran Group Investigation berbantuan media questions card pada siswa SD Kelas V Gugus IV Kecamatan Abiansemal.
Kata Kunci : Group Investigation, IPA, Keterampilan Berpikir Kritis, media questions card, Pemahaman Konsep.
References
Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Ayu Ikka Pramesti, Gusti, dkk. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa SD” ejournal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar Pgsd, Vol 2, No. 1, Tahun 2013. Tersedia pada: http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3828. Diakses tanggal 26 Maret 2019.
Budiastra, I Ketut, dkk. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigations terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA” ejournal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar Pgsd, Vol 3, No. 1, Tahun 2015. Tersedia pada: http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/4812. Diakses tanggal 26 Maret 2019.
Dwi Ariantari, Ni Md, dkk. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Tandur terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Gugus VI Kecamatan Buleleng”. Ejournal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar Pgsd, Vol. 1, No. 1, Tahun 2013. Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/893. Diakses tanggal 26 Maret 2019.
John W. Santrock. 2003. Adolescence Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.
Linda Jayanthi, Ni Wayan, dkk. 2013. “Pengaruh Metode PQRST terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SD di Gugus V Kecamatan Kediri”. Ejournal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar Pgsd, Vol. 1, No. 1, Tahun 2013. Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/751. Diakses tanggal 25 Maret 2019.
Maulana. 2017. Konsep Dasar Matematika dan Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis-Kreatif. Sumedang: UPI Sumedang Press.
Setia Wardana, I Wayan. 2013. “Pengaruh Model Pebelajaran Group Investigation Berbantuan Asesmen Proyek Terprestasi Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus III Tampaksiring”. Ejournal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar Pgsd, Vol 1, No. 1, Tahun 2013. Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/%20article/view/1196. Diakses tanggal 18 Januari 2019.
Sudana, Dewa Nyoman, dkk. 2016. Pendidikan IPA SD. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Edisi Ke-4. Jakarta: Kencana.