Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Model Realistic Mathematics

Inandhi Trimahesri, Agustina Tyas Asri Hardini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kritis dan hasil belajar pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan model Realistic Mathematics Education untuk siswa kelas IV SD. Jenis penilitian ini yaitu Penelitian Tindak Kelas. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SD di Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD dengan jumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, studi dokumen, dan tes. Teknik analisis data yang dilakukan dengan deskriptif komparatif yaitu membandingkan saat pra siklus,  siklus I dan siklus II. Peneliti menentukan indikator keberhasilan 80% siswa memperoleh nilai diatas KKM sebesar 75. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika, dimana sebelum pra siklus kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 62,50% menjadi 75% saat siklus I, dan menjadi 100% saat siklus II. Demikian juga dengan hasil belajar siswa saat pra siklus hanya 3 (18,75%) siswa yang tuntas, meningkat pada siklus I menjadi 5 (31,25%) siswa tuntas, dan meningkat lagi menjadi 13 (81,25%) siswa tuntas pada siklus II. Penelitian dikatakan berhasil karena telah mencapai indikator keberhasilan 80% dari semua siswa kelas IV yang menyelesaikan dengan KKM 75. Berdasarkan penelitian ini, penelitian dengan model pembelajaran Realistic Mathematics Education dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sehingga mempengaruhi hasi belajar pada mata pelajaran Matematika.

 

Kata Kunci : Kemampuan berpikir kritis; hasil belajar; Realistic Mathematics Education

 


Full Text:

PDF

References


Amirul Hadi dan Haryono. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan, Pustaka Setia.

Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir Sekolah Dasar. Polyglot, vol 14, No 1.

B. Johnson, Elaine. (2007). Contextual Teacing And Learning; Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung: MLC.

Fathani, Abdul Hali. 2009. Matematika Hakikat dan Logika. Yogyakarta: Ar-Razz Media

Hadi, S. 2001. Memperkenalkan RME kepada Guru SLTP di Yogyakarta. Makalah disajikan pada Seminar nasional Realistic Mathematics Education di FPMIPA Universitas Negeri Surabaya pada tanggal 24 Februari 2001

Hendriana dan Seomarmo. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama

Hudoyo, Herman. 1979. Pengembangan Kurikulum Matematika. Surabaya: Usaha Nasional.

Jensen, Eric. (2011). Pembelajaran Berbasis Otak. Paradigm Pengajaran Baru. Jakarta: PT Indeks

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014 SD Kelas IV. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Maulana. (2008). Pendekatan Meta Kognitif Sebagai Alternatif Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD. Jurnal Pendidikan Dasar, 39-46.

Mc. Taggart, R dan Kemmis, S. 1990. The Action Research Planner. Melbourne. Deakin University.

Nurhadi. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press

Perkins, C., & Murphy, E. (2006). Identifying and meausuring individual engagement in critical thinking in online discussion : An Exploratory case study. Jurnal or Educational Tecjnology & Society, 9(1)

Permendikbud (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran “Mengembangkan Profesionalisme Guru” Edisi Kedua. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Santrock, John W. (2011). Life-Span Development, Perkembangan Masa Hidup Jilid 1 (edisi kelima ). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sardiman, A.M. (1996). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: CV Rajawali.

Sembiring, R.K. (2010). Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI): Perkembangan dan Tantangannya. IndoMS J.M.E, 1(1) Juli 2010, 11-16

Sukidin., dkk. 2010. Manajemen Penelitian Tindak Kelas. Surabaya: Insan Cindekia

Tarigan, Daitin. 2006. Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral pendidikan Tinggi

Wijaya, Cece. 2010. Pendidikan Remidial. Bandung: Remaja Rosdakarya

Wijayanti. 2014. Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Group Investigation Siswa Kelas Vii A Smp Negeri 1 Polanharjo Klaten . Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2 No 1, November 2014




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/tscj.v2i2.22272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Thinking Skills and Creativity Journal is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id

 


Thinking Skills and Creativity Journal indexed by:

Akreditasi SINTA   Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Thinking Skills and Creativity Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.