Meta Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika SD

Authors

  • Puspitaningtyas Sari Nugrahani Universitas Kristen Satya Wacana
  • Agustina Tyas Asri Hardini Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23887/tscj.v4i1.33584

Keywords:

problem based learning, problem solving

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa menjadi masalah yang serius saat ini. Salah satu alasan yang menyebabkan masalah tersebut adalah penggunaan model pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru. Penelitian ini merupakan penelitian Meta Analisis yang bertujuan untuk menganalisis perbandingan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kritis Matematika pada Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil analisis uji Ancova, diperoleh nilai rata-rata model pembelajaran Problem Based Learning sebesar 82,0290 lebih tinggi jika dibandingkan dengan model pembelajaran Problem Solving sebesar 77,1000. Dari hasil perhitungan uji Hipotesis menggunakan uji Ancova dengan menggunakan Univariate menunjukkan nilai Signifikasi sebesar 0,001 yang berarti lebih kecil dari 0,05 (0,001 < 0,05). Dari hasil uji Ancova menunjukan uji f hitung > f tabel sebesar 3,59 dan f hitung yang diperoleh sebesar 10,805, yaitu 10,885 > 3,59 dan Sig. 0,001 < 0,05 yang menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan hasil model pembelajaran Problem Based Learning lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kritis Matematika.

References

Andayani, S. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar. Aksioma, 5(2), 172–179. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v5i2.675 DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v5i2.675

Anggoro, B. S. (2015). Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solving untuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 121–129. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.25 DOI: https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.25

Falach, H. N. (2016). Perbandingan keefektifan pendekatan problem solving dan problem posing dalam pembelajaran matematika pada siswa SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 136. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10635 DOI: https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10635

Farib, P. M., Ikhsan, M., & Subianto, M. (2019). Proses berpikir kritis matematis siswa sekolah menengah pertama melalui discovery learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 99–117. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.21396 DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.21396

Firdaus, A., Nisa, L. C., & Nadhifah, N. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Berpikir. Jurnal, 10(1), 68–77. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.17822 DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.17822

Haryanti, Y. D. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.596 DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.596

Ikhsan, M., Munzir, S., & Fitria, L. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis dan Metakognisi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika melalui Pendekatan Problem Solving. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 234. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.991 DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.991

Jupriyanto. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas Iv. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 105. https://doi.org/10.30659/pendas.5.2.105-111 DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.5.2.105-111

Kartika, M. D., Santyasa, W., & Warpala, W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. E- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1). https://media.neliti.com/media/publications/207142-pengaruh-model-pembelajaran-berbasis-mas.pdf

Lestari, N. M. S. A., Parmiti, D. P., & Widiana, I. W. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Penilaian Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i2.7677

Misla, M., & Mawardi, M. (2020). Efektifitas PBL dan Problem Solving Siswa SD Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 60. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24279 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24279

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 155–158. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V3I2.10490

Pramestika, R. A., Suwignyo, H., & Utaya, S. (2020). Model Pembelajaran Creative Problem Solving pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Tematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3), 361–366. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13263 DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13263

Putri, O. D., Nevrita, N., & Hindrasti, N. E. K. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma Pada Materi Sistem Pencernaan. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 10(1), 14. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v10i1.2004 DOI: https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v10i1.2004

Qomariyah, E. N. (2016). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPS. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 23(2), 132–141.

Rahman, A., Hartini, S., & An’nur, S. (2015). Perbedaan Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Fisika Menggunakan Metode Problem Posing dan Problem Solving. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(1), 44. https://doi.org/10.20527/bipf.v3i1.767 DOI: https://doi.org/10.20527/bipf.v3i1.767

Saleh, S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Florea, 6(1), 45–53. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369 DOI: https://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369

Setiawan, D. (2018). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 4(1), 62. https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1474 DOI: https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1474

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Se Kuala Nagan Raya Aceh. GENTA MULIA, IX(2), 56–70. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/168

Triningsih, R., & Mawardi. (2020). Efektivitas Problem Based Learning dan Project Based Learning Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 03(April), 51–56. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3228 DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3228

Umam, K. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Reciprocal Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 3(2), 57–61. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v3i2.807 DOI: https://doi.org/10.26737/jpmi.v3i2.807

Utami, M. T., Koeswati, H. D., & Giarti, S. (2019). Model Problem Based Learning ( PBL ) Berbantuan Media audio Visual Untuk Meningkatkan Keteramoilan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. MAJU, 6(1), 80–91. https://doi.org/https://www.ejournal.stkipbb

Wijaya, U. R. B., Sumarni, W., & Haryani, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Kimia Berpendekatan Sets (Science, Environment, Technology, and Society). Chemistry in Education, 6(2), 35–41. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined/article/view/18169

Wulandari, W., & Wahyudi. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Probem Solving dan Problem Posing Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas 4 The Effectiveness of The Learning Model Problem Solving and Problem Posing Based from Critical Thinking Skill Mathematics for. JSD : JurnalSekolahDasar, 1(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v1i1.890 DOI: https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v1i1.890

Downloads

Published

2021-08-04

How to Cite

Nugrahani, P. S., & Asri Hardini, A. T. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika SD. Thinking Skills and Creativity Journal, 4(1), 21–29. https://doi.org/10.23887/tscj.v4i1.33584

Issue

Section

Articles